Meskipun Sehat, Ternyata Oatmeal Bisa Menjadi Penyebab Asam Urat

06 November 2019, at 10:00
0
0
Meskipun Sehat, Ternyata Oatmeal Bisa Menjadi Penyebab Asam Urat

Beberapa orang yang sedang menjalankan diet atau menerapkan gaya hidup sehat mungkin saja menjadikan oatmeal sebagai salah satu menu andalan.

Bagaimana nggak, makanan yang satu ini memang terkenal sehat dan mudah didapatkan. Sealin itu, gandum utuh dan kandungan serat yang tinggi di dalamnya juga bisa membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Akan tetapi, sering mengonsumsi oatmeal ternyata nggak baik bagi kesehatan. Dilansir dari laman Healthline, hal tersebut dapat meningkatkan risiko asam urat.

penyebab asam urat
foreverfitscience.com

Asam urat sendiri merupakan penyakit yang membuat penderitanya merasakan nyeri pada persendian disertai dengan pembengkakan dan kemerahan.

Baca Juga: Banyak Anak Muda Kena Asam Urat, Ternyata Penyebabnya Kebiasaan Sepele Ini

Masalah kesehatan ini dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Sebuah artikel yang dipublikasikan pada laman Mayo Clinic menyatakan bahwa asam urat disebabkan oleh kadar purin yang terlalu tinggi dalam tubuh.

asam urat
shutterstock.com

Pada keadaan normal, tubuh akan memproduksi asam urat secara alami untuk mengurai zat purin yang nantinya akan dikeluarkan melalui urin. Akan tetapi, beberapa orang mungkin mengalami keadaan nggak normal dimana kedua zat tersebut nggak bisa dikeluarkan secara maksimal.

Oatmeal sendiri memiliki kandungan purin yang cukup tinggi yaitu sekitar 50 sampai 150 mg pada setiap 100 gramnya.

Jumlah tersebut mungkin nggak sebesar kandungan purin dalam makanan laut atau daging merah, akan tetapi apabila dikonsumsi setiap hari oatmeal berisiko kuat menyebabkan asam urat.

oatmeal sebabkan asam urat
medicalnewstoday.com

Meski demikian, bukan berarti kamu nggak boleh makan oatmeal ya! Menurut University of Pittburgh Medical Center, kamu bisa mengonsumsi makanan sehat tersebut 2 minggu sekali dengan aman.

Wah, ternyata makanan sehat seperti oatmeal pun punya risiko kesehatan apabila dikonsumsi terlalu sering ya Sobat Qupas. Apapun yang berlebihan memang nggak baik ya!

Sebagai gantinya, kamu bisa memilih makanan lain yang bebas purin seperti telur, buah-buahan, sayuran hijau, dan produk susu rendah lemak seperti yogurt untuk melengkapi nutrisi pada diet atau pola hidup sehatmu.

0 Comment