Meskipun Sepele, 5 Hal Ini Bisa Menjadi Tanda Kesehatan Paru-parumu Bermasalah

28 June 2019, at 00:00
0
0
Meskipun Sepele, 5 Hal Ini Bisa Menjadi Tanda Kesehatan Paru-parumu Bermasalah

Paru-paru merupakan salah satu organ penting dalam tubuh manusia. Tanpa adanya organ ini, kamu nggak akan bisa bernapas dan hidup.

Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk menjaga kesehatan paru-paru dan mengetahui tanda atau gejala apabila terjadi masalah pada organ tersebut.

Meskipun nggak spesifik, namun 5 hal sepele di bawah ini bisa menjadi gejala adanya masalah pada paru-parumu lho. Jangan diabaikan ya!

Baca Juga: 6 Dampak Serius yang Bisa Terjadi Kalau Kamu Sering Terpapar Polusi

1. Selalu Lelah

selalu lelah
pexels.com/id-id/@lina-kivaka-593836

Lelah merupakan hal yang wajar dirasakan oleh semua orang, apalagi jika kamu memiliki banyak kegiatan yang menguras tenaga.

Akan tetapi, terus-menerus merasa kelelahan padahal hanya melakukan aktivitas ringan bisa menjadi salah satu tanda bahwa paru-parumu sedang bermasalah lho.

Selalu lelah bisa diakibatkan oleh kebutuhan oksigen yang nggak terpenuhi. Hal tersebut sendiri dipengaruhi oleh kondisi paru-paru yang sedang lemah.

2. Nggak Mudah Berkonsentrasi

nggak mudah berkonsentrasi
pexels.com/id-id/@olly

Selain lelah, kamu juga akan merasa sulit berkonsentrasi atau sering kebingungan saat paru-parumu nggak sehat.

Hal tersebut terjadi karena kondisi otak yang nggak mendapatkan cukup oksigen yaitu sebanyak 20 persen dari pasokan oksigen tubuh setiap harinya.

3. Berat Badan Turun

berat badan turun
hellosehat.com

Berat badan yang turun secara signifikan nggak boleh disepelekan karena bisa menjadi salah satu masalah kesehatan, termasuk adanya gangguan pada paru-paru.

Turunnya berat badan bisa jadi bukan hanya dipengaruhi oleh hilangnya lemak, namun juga adanya infeksi dan peradangan pada tubuh yang menyebabkan melemahnya kemampuan otot.

Baca Juga: Ingin Menurunkan Berat Badan? Ini Metode Diet yang Bisa Kamu Coba

4. Kesulitan Mengambil Napas

kesulitan mengambil napas
doktersehat.com

Saat terjadi masalah pada paru-paru, tentu saja kesulitan mengambil napas menjadi salah satu gejala atau tanda yang pasti.

Kesulitan bernapas terjadi saat paru-paru menjadi cukup kosong dan terlalu banyak udara yang terperangkap di dada.

Hal tersebut dapat disebabkan karena gagalnya fungsi pru-paru yaitu mengantarkan oksigen yang dibutuhkan ke dalam darah yang akan dibawa ke otak.

5. Nyeri di Dada

nyeri dada
shutterstock.com

Selain kesulitan mengambil napas, nyeri dada juga merupakan indikasi yang cukup jelas atas masalah yang terjadi pada paru-paru.

Akan tetapi, nyeri dada juga bisa menjadi tanda masalah kesehatan lain seperti jantung. Perasaan nggak nyaman tersebut akan dibarengi dengan batuk atau sesak napas apabila berhubungan dengan paru-paru.

Baca Juga: Batuk Nggak Kunjung Sembuh? Waspadai Beberapa Penyakit Ini

Jadi Sobat Qupas, kamu nggak boleh menyepelekan tanda-tanda sederhana seperti di atas karena bisa jadi merupakan gejala masalah paru-paru ya!

Meskipun demikian, kamu juga nggak bisa langsung mendiagnosa diri sendiri sehingga apabila merasakan gejala-gejala di atas segeralah pergi ke dokter untuk memastikan dan mendapatkan penanganan yang tepat.

0 Comment