Meskipun Waktu Tidur Kurang, Lakukan Ini Agar Tetap Bangun dalam Keadaan Segar

20 August 2019, at 10:00
0
1
Meskipun Waktu Tidur Kurang, Lakukan Ini Agar Tetap Bangun dalam Keadaan Segar

Tidur merupakan kebutuhan setiap manusia karena berfungsi untuk mengistirahatkan tubuh dan mengembalikan energi yang terkuras setelah seharian beraktivitas.

Akan tetapi, beberapa orang justru mengalami kesulitan untuk melakukan hal menyenangkan tersebut. Harus diakui, ada banyak hal yang dapat menyebabkan gangguan tidur seperti stres, cuaca yang terlalu panas, atau suara yang berisik.

kurang tidur
hellosehat.com

Jam tidur yang kurang dan nggak karuan tersebut dapat membuat tubuh menjadi lemas dan nggak bertenaga. Padahal, pekerjaan dan rutinitas tetap harus dilakukan saat terbangun pagi harinya.

Untuk mengatasi masalah kurang tidur tersebut, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar tetap segar.

1. Tetap Bergerak

tetap bergerak
saveaheart.my

Waktu tidur yang nggak cukup biasanya membuat tubuh menjadi lemas dan malas bergerak. Oleh sebab itu, beberapa orang lebih memilih untuk berdiam diri dalam waktu yang cukup lama.

Padahal, tetap bergerak merupakan salah satu cara yang tepat untuk tetap berenergi meskipun kurang tidur lho.

Hal tersebut telah dibuktikan pada riset yang dilakukan oleh ahli ilmu keolahragaan, Jack Groppel, pada tahun 2012 yang menemukan bahwa saat karyawan melakukan pergerakan kecil seperti jalan-jalan di kantor atau melakukan peregangan, maka lemas dan lesu akan berukurang.

2. Hidrasi Tubuh

hidrasi tubuh
healthline.com

Selain tetap bergerak, kamu juga perlu menghidrasi tubuh agar bisa tetap segar meskipun nggak memiliki banyak waktu untuk tidur.

Mengonsumsi air putih yang cukup merupakan salah satu cara yang paling tepat. Pasalnya, dehidrasi akan menambah rasa lemas dan menurunkan konsentrasi.

Kamu juga nggak sebaiknya mengonsumsi minuman berkafein karena alih-alih mengembalikan energi, hal tersebut justru akan memperburuk situasi karena dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan.

Baca Juga: Nggak Hanya Nikmat, Tidur Siang Juga Punya Banyak Manfaat

3. Maksimalkan Kesempatan Beristirahat

istirahat
shutterstock.com

Saat kurang tidur di malam hari, kamu sebaiknya mamanfaatkan waktu istirahat makan siang semaksimal mungkin. Kamu bisa menggunakannya untuk mengisi perut, jalan-jalan sebentar demi menghirup udara bebas, atau memejamkan mata selama 10 sampai 20 menit.

Sebuah riset yang dilakukan oleh University of Illinois pada tahun 2011 mengungkapkan bahwa beristirahat sejenak dari pekerjaan dan tugas-tugas dapat membentu meningkatkan produktivitas sepanjang sisa hari.

4. Penuhi Asupan Nutrisi

penuhi asupan nutrisi
bloglovin.com

Selain beberapa hal di atas, ternyata memenuhi asupan nutrisi juga bisa membuat tubuh tetap segar dan bertenaga meskipun kurang tidur lho.

Makanan yang kamu konsumsi akan memengaruhi seberapa besar energi yang diproduksi dan dimiliki oleh tubuh. Sehingga, ada baiknya jika kamu memperhatikan menu makanan dan nggak melewatkan jam makan.

Beberapa hal di atas merupakan tips sehat yang bisa Sobat Qupas terapkan apabila mengalami kurang tidur saat malam namun harus tetap segar dan bertenaga karena tuntutan rutinitas keesokan harinya.

1 Comment
Asmarani Nurmalitasari
20/08 - 13:57
tetep aja, tidur cukup itu yg paling pas