Mie Ongklok Pak Muhadi, Kuliner Wonosobo Berkuah Kental Gula Jawa yang Menggugah Selera

06 June 2019, at 13:00
1
0
Mie Ongklok Pak Muhadi, Kuliner Wonosobo Berkuah Kental Gula Jawa yang Menggugah Selera

Siapa nih yang lagi menyusun jadwal liburan ke Kawasan Wisata Dieng? Wah pas banget nih, dataran tinggi Dieng berada di Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara lho.

Eits, tapi kali ini Qupas ingin mengulas tentang kuliner legendaris wilayah sana yang konon sudah terkenal di beberapa negara Asia. Sebut saja Mie Ongklok.

Belum lengkap rasanya kalau belum mencicipi menu mie kuning tersebut di sana. Simak yuk rekomendasi makan mie ongklok dan keistimewaannya!

1. Kuliner Wonosobo yang Menghangatkan Badan

kuliner wonosobo legendaris
instagram.com/dwie.wu

Udara di sana sejuk dan menyegarkan, pas banget buat kamu yang ingin menenangkan diri di daerah dataran tinggi. Keindahan panorama pun nggak kalah mengagumkan, bikin betah berlama-lama di sana.

Nggak heran kalau sajian menu makan berkuah, cukup terkenal dan banyak diburu. Bisa nih untuk menghangatkan badan dan melepas lelah dengan menu santapan berkuah gula jawa dan tepung sagu khas Wonosobo.

mie ongklok pak muhadi wonosobo
instagram.com/mulyadihong

Dekat dengan jalan raya besar, rumah makan di Wonosobo ini sangat mudah sekali untuk ditemui. Dengan tulisan di banner yang besar, yang belum pernah mendengar nama Mie Ongklok pasti akan penasaran.

Kuliner legendaris ini menyajikan menu mie kuning yang nggak langsung disajikan saat itu juga. Kamu harus menunggu sekitar 20 menit untuk proses memasaknya dan juga antrian para pengunjung yang mengular.

2. Sajian Mie Kuning Berkuah Kental

sajian enak mie ongklong wonosobo
instagram.com/dewisoeharto

Untuk proses memasaknya memang membutuhkan waktu yang cukup lama. Itu karena mie kuning dengan irisan kol dan kucai dicelupkan ke dalam sebuah keranjang anyaman bambu.

Setelah itu, anyaman berisi isian mie ongklok dicelupkan ke dalam air yang mendidih dan mengepul. Cara ini dilakukan untuk merebus mie agar menjadi lunak dan juga sayuran-sayuran menjadi layu.

kuliner enak di mie ongklong
instagram.com/dianocii

Baca juga : 9 Kuliner Semarang Otentik, Carinya Hingga Blusukan ke Pasar

Saatnya membuat kuah kental, tekstur dari kuahnya sendiri terlihat seperti lem. Menggumpal, molor namun gampang di iris dengan sendok.

Terbuat dari campuran tepung sagu, gula jawa sisir, air kaldu, dan rempah-rempah yang menggugah selera. Bumbu inilah yang membuat badan terasa hangat.

3. Lokasi Mie Ongklok Pak Muhadi

semangkuk mie ongklok
instagram.com/pat2gulipat

Istimewanya lagi, kamu bisa memesan sate sapi dengan bumbu kacang bercampur kecap dan irisan tomat, bawang merah, bawang putih sebagai menu pendamping.

Daging sapinya pun terbilang empuk lho, karena sudah diberi bumbu racik yang membuatnya meresap ke dalam serat daging. Selain itu juga ada gorengan seperti mendoan dan geblek.

mie ongklok pak muhadi
instagram.com/furqon1977

Buat kamu yang penasaran banget dan nggak sabar untuk mencicipinya, bisa nih langsun saja datang ke lokasi Mie Ongklok Pak Muhadi.

Berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani No.1, Tosari, Jaraksari, Wonosobo. Buka sejak pukul 10:00-20:00 WIB.

Gimana nih, sobat Qupas sudah ingin bersiap-siap liburan ke dataran tinggi Dieng nggak? Kalau iya, jangan lupa singgah ke kuliner khas daerah yang satu ini deh!

0 Comment