Minum Air Setelah Bangun Tidur, Investasi Kesehatan Jangka Panjang

08 June 2018, pada 03:00
1
0
Minum Air Setelah Bangun Tidur, Investasi Kesehatan Jangka Panjang

Pagi hari merupakan waktu terbaik untuk melakukan banyak hal. Berolahraga, belajar, memasak, atau hanya sekedar menikmati udara pagi yang segar. Bangun pagi memang dipercaya membuat suasana hati kita menjadi baik, sehingga akan berdampak baik pula pada aktivitas yang akan kita lakukan. Sayangnya, banyak di antara kita yang masih terbiasa bangun siang, sehingga kita akan menjadi terburu-buru dalam melakukan banyak hal sekaligus. Akibatnya, seringkali kita menjadi tidak sempat makan pagi dan minum air putih. Padahal, minum air putih di pagi hari setelah kita bangun tidur memiliki banyak manfaat. Berikut adalah segudang manfaatnya :

 

pixabay.com

 

Menghidrasi tubuh yang dehidrasi

Tidur membuat tubuhmu terdehidrasi secara alami. Dengan meminum air setelah bangun tidur, kamu menghidrasi tubuhmu kembali sebelum mulai beraktivitas, dan sel-sel dalam tubuhmu akan terpelihara. Sehingga, badan menjadi lebih segar dan berenergi setelahnya. Ketika badanmu terasa segar, maka mood-mu juga akan menjadi baik.

 

Melunturkan racun-racun di dalam tubuh

Saat tidur, tubuhmu sedang memperbaiki diri dan menyemimbangkan hormon. Sisa-sisa dari proses tersebut adalah racun yang sedang menunggu untuk dikeluarkan. Dengan minum air setelah bangun tidur, racun-racun tersebut akan dikeluarkan sehingga kamu akan menjadi lebih siap menerima nutrisi saat sarapan.

 

Meningkatkan metabolisme

Kebiasaan minum air putih setelah bangun tidur menjadi awal metabolisme tubuhmu bekerja. Hal ini tentunya dapat meningkatkan potensi terbakarnya kalori sepanjang hari, sehingga kamu secara otomatis akan lebih bijaksana dalam memilih makanan. Sehingga, badan akan menjadi lebih sehat karena metabolism bekerja dengan baik.

 

Menyegarkan otak

Sebesar 75% dari otak kita adalah air. Bayangkan, jika kita kekurangan air, maka kita akan menjadi kurang fokus dan aktivitas pun tidak berjalan dengan lancar. Dengan meminum air setelah bangun tidur, otak akan kembali segar dan kamu dapat kembali fokus lagi.

 

Menyembuhkan konstipasi

Konstipasi terjadi karena tubuh kita mengalami dehidrasi. Dengan terbiasa meminum air setelah bangun tidur, tubuh akan terhidrasi kembali sehingga pencernaan pun akan menjadi lebih lancar. Dengan itu, konstipasi pun tidak akan terjadi.

 

Mencegah dan menyembuhkan penyakit

Angka hidup masyarakat di Jepang sangatlah tinggi. Hal tersebut tidak lain karena masyarakatnya rajin meminum air putih sehingga tubuh mereka selalu segar dan racun-racun yang mengakibatkan banyak penyakit pun tidak bersemayam di dalam tubuh. Dampaknya, banyak dari masyarakatnya masih sehat dan bugar di usia mencapai 100 bahkan lebih. Jadi, terbukti bahwa minum air putih dapat mencegah tubuh kita jatuh sakit.

 

Menyegarkan

Berkaitan dengan poin sebelumnya, 70% dari tubuh kita adalah air. Bisa dibayangkan bukan, apa jadinya jika tubuh kita kekurangan air? Jika tubuh mengalami dehidrasi berkepanjangan, banyak konsekuensi kesehatan yang akan menunggu. Sehingga, alangkah baiknya jika kita selalu memenuhi kebutuhan air harian dengan rajin meminum air putih setelah bangun tidur dan sepanjang hari.

 

Sudah siap menyambut tubuh yang lebih segar dengan minum air putih? Kamu dapat mulai dengan minum 160 ml air sebanyak 4 kali setiap kali bangun tidur. Manfaatnya akan kamu tuai di kemudian hari.

0 Komentar