Minum Kopi di 5 Waktu Ini Bisa Membahayakan Kesehatanmu, Jangan Diulangi!

15 June 2019, at 00:00
0
0
Minum Kopi di 5 Waktu Ini Bisa Membahayakan Kesehatanmu, Jangan Diulangi!

Bagi sebagian orang, minum kopi merupakan ritual wajib yang harus dilakukan. Bukan hanya sekadar untuk penunjang kebutuhan harian, melainkan sudah menjadi bagian dari gaya hidup.

Nggak hanya karena rasa yang enak, kebanyakan orang juga mengonsumsi kopi untuk menunjukkan kelas sosial dan demi manfaat kesehatan.

Sudah banyak memang penelitian yang mengungkapkan manfaat kopi bagi kesehatan. Meskipun demikian, ternyata minuman pahit tersebut nggak bisa dikonsumsi secara sembarangan lho.

Baca Juga: Konsumsi 4 Cangkir Kopi Sehari Bisa Turunkan Risiko Diabetes, Kok Bisa?

Berikut ini 5 waktu yang nggak dianjurkan untuk minum kopi yang harus kamu ketahui.

1. Saat Perut Kosong

perut kosong
shutterstock.com

Waktu terlarang untuk minum kopi yang pertama adalah saat kamu belum makan. Mengonsumsi minuman berkafein dalam keadaan perut kosong dapat merangsang produksi asam lambung yang dapat mengakibatkan masalah pencernaan.

Asam lambung sendiri sebenarnya memiliki peranan yang penting dalam hal pencernaan makanan. Akan tetapi sifat korosifnya yang kuat dapat merusak lapisan lambung apabila perut dalam keadaan kosong.

2. Jam 8 Sampai 9 Pagi

jam 8 sampai 9 pagi
pexels.com/id-id/@olly

Kebanyakan orang gemar mengonsumsi kopi di pagi hari saat akan berangkat atau tiba di kantor. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan semangat saat bekerja atau melakukan aktivitas lainnya.

Padalah, kebiasaan tersebut sangat nggak disarankan lho. Pasalnya, pada jam 8 sampai 9 pagi tubuh sedang memiliki jumlah hormon kortisol yang tinggi secara alami.

pagi hari
pexels.com/id-id/@rawpixel

Menurut Steven Miller dari Services University of the Health Sciences, hal tersebut akan berdampak buruk bagi kesehatan karena tubuh bisa menjadi nggak stabil akibat hormon kortisol yang berlebihan.

Selain itu, terus-menerus mengonsumsi kopi pada jam tersebut dapat membuat tubuh kehilangan kemampuan memproduksi hormon kortisol secara alami. Akibatnya kamu akan terus membutuhkan kopi untuk merangsang produksi dan lebih rentan mengalami kecanduan.

3. Setelah Makan

setelah makan
pexels.com/id-id/@daria

Nggak hanya saat perut kosong, kamu juga nggak dianjurkan untuk minum kopi sesaat setelah makan. Pasalnya, minuman berkafein tersebut dapat membuat penyerapan zat besi pada makanan menjadi kurang maksimal.

Jika tetap mengonsumsi kopi setelah makan, maka tubuh akan mengalami kekurangan zat besi dan kamu akan lebih mudah terserang anemia.

Baca Juga: Insomnia Sulit Hilang? Atasi dengan 6 Cara Mudah Ini

4. Mendekati Jam Tidur

mendekati jam tidur
pexels.com/id-id/@olly

Kebanyakan orang minum kopi untuk mengusir rasa kantuk, oleh sebab itu wajar apabila salah satu waktu terlarang untuk mengonsumsinya adalah saat mendekati waktu tidurmu.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Medical Research Council of Molecular Biology, disebutkan bahwa minum kopi di malam hari membuatmu menunda rasa kantuk hingga 40 menit. Hal tersebut nggak disarankan karena bisa menurunkan kualitas tidur secara signifikan.

5. Saat Sedang Stres

saat sedang stres
pexels.com/id-id/@burst

Siapa nih yang punya kebiasaan minum kopi saat sedang stres? Masing-masing orang memeliki cara yang berbeda untuk mengatasi rasa stresnya, akan tetapi entah mengapa mengonsumsi minuman pahit berkafein yang satu ini seringkali menjadi pilihan yang dianggap tepat.

Padahal, minum kopi saat sedang stres nggak dianjurkan lho. Pasalnya, minuman tersebut mampu meningkatkan hormon kortisol yang justru akan membuatmu semakin gelisah dan cemas.

Baca Juga: Perhatikan, Tanda Ini Muncul Saat Kamu Stres dan Butuh Piknik

Alih-alih menenangkan, kecemasan yang hadir setelah minum kopi akan membuatmu menjadi kurang tidur dan semakin stres.

Nah, itu dia Sobat Qupas 5 waktu terlarang untuk minum kopi. Kamu sering melanggar yang mana nih?

0 Comment