Minum Suplemen Setiap Hari Bikin Sehat atau Justru Berbahaya?

07 July 2019, at 07:00
0
0
Minum Suplemen Setiap Hari Bikin Sehat atau Justru Berbahaya?

Beberapa orang yang nggak yakin bahwa pola makan hariannya sudah cukup baik biasanya menjadikan suplemen makanan sebagai alternatif.

Selain itu beberapa orang juga menggunakan suplemen untuk tujuan yang nggak berkaitan dengan pemenuhan nutrisi, misalnya pembentukan otot tubuh.

Meskipun merupakan sesuatu yang wajar dikonsumsi, namun bolehkan mengonsumsi suplemen setiap hari? Apakah dampaknya akan baik bagi kesehatan?

Baca Juga: Sering Dilakukan, Begini Bahaya Minum Antibiotik Tanpa Arahan Dokter

Pada dasarnya, suplemen memang dirancang sebagai pelengkap nutrisi yang nggak didapatkan dalam jumlah cukup secara langsung dari makanan.

konsumsi suplemen
womenshealthmag.com

Sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui apakah konsumsi suplemen setiap hari aman bagi kesehatan tubuh.

Salah satunya dilakukan oleh Physician Health Study II yang menunjuk dokter-dokter sebagai respondennya.

Mereka kemudian dibagi menjadi dua kelompok, yang satu diberikan multivitamin setiap harinya selama satu dekade sedangkan yang lain hanya diberikan obat kosong.

Baca Juga: Dianggap Jorok, Kebiasaan-Kebiasaan Ini Justru Menyehatkan Tubuh!

Setelah dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh, ternyata kelompok yang mengonsumsi suplemen mengalami penurunan kejadian kanker dan katarak.

dampak konsumsi suplemen
123rf.com

Melihat hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa mengonsumsi suplemen atau multivitamin setiap hari nggak berbahaya bagi tubuh dan justru menguntungkan karena dapat mencegah penyakit-penyakit tertentu.

Mengonsumsi suplemen sah-sah saja dilakukan, akan tetapi jangan sampai peranan pentig makanan bergizi tergantikan oleh suplemen ya!

Selain itu, ada baiknya jika Sobat Qupas memeriksa apakah suplemen tersebut aman atau nggak dan berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter atau ahli gizi mengenai apa yang tubuhmu butuhkan sehingga nggak mengalami ketimpangan nutrisi.

0 Comment