Minuman dan Makanan Ini Bisa Berbahaya Jika Dikonsumsi Bersamaan

02 January 2019, at 09:00
1
0
Minuman dan Makanan Ini Bisa Berbahaya Jika Dikonsumsi Bersamaan

Orang Indonesia memang seringkali memadukan makanan atau minuman untuk dikonsumsi secara bersamaan agar rasanya lebih enak.

Akan tetapi ada beberapa makanan yang sebenarnya tidak baik jika dikonsumsi secara bersamaan karena akan menyebabkan masalah kesehatan, lho.

Misalnya kamu pasti sering melihat atau juga pernah mengonsumsi nasi dengan mie instan. Hmm, dasar orang Indonesia memang semua harus pakai nasi, ya. Hal ini memang terlihat baik-baik saja.

Tapi sebenarnya nasi yang dikonsumsi bersamaan dengan mie memiliki dampak buruk karena keduanya merupakan sumber karbohidrat. Kelebihan zat ini dapat menyebabkan obesitas bahkan diabetes.

Selain nasi dan mie, ini dia 5 pasang makanan yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan. Apa saja sih? Simak penjelasan Qupas di bawah ini, yuk!

1. Susu dan Coklat

susu
pexels.com/@pixabay

Pernah tidak kamu merasakan sakit perut atau perut mulas setelah minum susu coklat. Kebanyakan orang mengalami hal tersebut.

Ternyata susu dan coklat memang sebaiknya tidak dikonsumsi secara bersamaan.

coklat
pexels.com/@kaboompics

Hal ini karena susu memiliki kandungan protein dan kalsium yang tinggi sedangkan coklat banyak mengandung asam oktalat.

Memakan cokelat dan susu bersamaan dapat membuat kalsium dalam susu serta asam oktalat dalam coklat bisa membentuk kalsium oktalat yang sulit dicerna oleh tubuh dan bisa menyebabkan diare.

2. Kepiting dan Teh

kepiting
pexels.com/@h-h-227297

Makan olahan seafood seperti kepiting memang sungguh lezat apabila dibarengi dengan minum es tes manis. Akan tetapi tidak banyak yang tahu jika ternyata makanan dan minuman ini tidak boleh dikonsumsi secara bersamaan.

es teh
pexels.com/@markusspiske

Sama seperti susu dan coklat, mengonsumsi kepiting dan teh secara bersamaan dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti perut mulas.

Ketika makan kepiting, cairan lambung akan diencerkan oleh teh yang mengandung asam tannic. Hal ini bisa mengganggu asimilasi akan tetapi juga mengurangi kemampuan lambung untuk mensterilkan.

3. Udang dan Vitamin C

udang
pexels.com/@pixabay

Udang merupakan salah satu seafood yang ternyata tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan makanan atau minuman yang mengandung vitamin C.

Hmm, berarti mengonsumsi olahan udang dengan es jeruk bukan lah pilihan yang tepat nih.

lemon
pexels.com/@rawpixel

Hal ini dikarenakan udang mengandung Arsenic Pentoxide (As2O5) dan jika terkontaminasi dengan Vitamin C, akan terjadi reaksi kimia di dalam perut yang mengubah As3O5 menjadi Arsenic Trioxide (As2O3) yang sangat beracun.

Keracunan tersebut dapat mengakibatkan hal yang serius seperti hati, jantung, ginjal dan pembuluh darah rusak. Selain itu usus dapat mengeluarkan darah serta pembuluh darah melebar yang dapat berakhir kematian.

Baca Juga: Benarkah Minuman Kemasan Bisa Buat Gagal Ginjal Pada Anak Kecil?

4. Susu dan Pisang

susu
pexels.com/@enginakyurt

Bagi kamu yang sedang malakukan diet, makan susu dan pisang secara bersamaan sangat tidak disarankan karena bisa mengganggu program dietmu.

Pasalnya, susu dan pisang yang dikonsumsi bersama sangat efektif membuat berat badan bertambah dengan cepat.

pisang
pexels.com/@juan-salamanca-12609

Selain itu, kedua makanan ini jika dikonsumsi bersama dapat memperlambat pikiran. Olahan keduanya, seperti milkshake pisang misalnya, dapat mengganggu pencernaan dan pola tidur.

Pisang dan susu juga akan menghasilkan banyak lendir sehingga tidak baik bagi orang yang memiliki asma dan dapat menimbulkan sinus.

5. Kopi atau Teh Setalah Makan

teh
pexels.com/@freestocks

Untuk perpaduan yang satu ini, kalian tentu sudah tahu bahwa keduanya dapat mengakibatkan gangguan pencernaan, seperti perut mulas, kan?

Apabila kamu mengonsumsi kopi atau teh setelah makan, maka kedua minuman tersebut akan mencegah penyerapan makanan dengan mengganggu asam lambung.

kopi
pexels.com/@chevanon

Hal ini kemudian akan menunda proses pencernaan makanan dan akan memperburuk banyak nutrisi yang terkandung dalam makanan.

Nah, itu dia 5 perpaduan minuman dan makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi karena akan menimbulkan masalah, seperti masalah pencernaan hingga keracunan.

Sudah terjawab ya sekarang kenapa kamu sering mulas atau merasa sakit tertentu setelah mengonsumsi sesuatu yang dicampur dengan makanan atau minuman lain.

Tetap perhatikan apa yang kamu konsumsi agar masalah kesehatan tidak terjadi!

0 Comment