Miris, Puluhan Beruang Kutub Menyerang Pemukiman Warga Karena Kelaparan

14 February 2019, at 01:00
0
0
Miris, Puluhan Beruang Kutub Menyerang Pemukiman Warga Karena Kelaparan

Pemanasan global memang sudah menjadi ancaman besar bagi penduduk bumi sejak bertahun-tahun lamanya. Kondisi tersebut menyebabkan berbagai bencana alam, mulai dari yang ringan hingga berdampak besar.

Banjir, kekeringan, kebakaran hutan, hingga fenomena polar votex yang menyerang Amerika Serikat merupakan bentuk dari parahnya pemanasan global yang menyerang bumi.

Baca Juga: Hewan-hewan Ini Menjadi Mengerikan Setelah Mandi

Baru-baru ini, terjadi peristiwa yang membuat banyak orang menjadi semakin yakin bahwa perubahan iklim merupakan hal yeng serius.

Sekawanan beruang kutub turun menuju kasawan pemukiman warga di kepulauan Rusia, tepatnya di Pulau Novaya Zemlyn di bagian utara negara tersebut.

beruang kelaparan menyerang pemukiman penduduk
bigwnews.com

Jumlahnya yang mencapai 50 ekor membuat penduduk menjadi takut beraktivitas di luar rumah. Anak-anak pun tidak dibiarkan berangkat ke sekolah.

Sejumlah beruang bahkan memasuki gedung-gedung dan menyerang beberapa orang. Kawanan ini sepertinya sedang putus ada dan kelaparan. Beruang-beruang tersebut mengacak-acak sampah demi mencari makanan.

Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh perubahan iklim yang membuat habitat mereka sudah tidak seperti dulu lagi. Makanan dann tempat tinggal perlahan-lahan menghilang bersamaan dengan mencairnya es-es di kutub.

beruang kutub kelaparan
instagram.com/muah_irinaelis

Direktur Badan Aman Konverensi Hewan, Liz Grengrass mengatakan bahwa beruang kutub hidup dengan memburu anjing laut. Sedangkan hewan buruannya tersebut sudah mulai langka.

Kondisi ini disebabkan oleh es kutub yang sedikit demi sedikit menghilang karena pemanasan global.  Itulah yang membuat beruang-beruang ini nekat menuju pemukiman warga demi bertahan hidup.

Baca Juga: Anak Ini Hilang dan Mengaku Dijaga Beruang!

Peristiwa ini ditanggapi serius oleh otoritas setempat dengan menyatakan bahwa hal tersebut merupakan keadaan darurat. Meskipun beruang kutub terlihat lucu dan menggemaskan, namun tetap saja hewan ini merupakan binatang liar dan buas.

Selain itu, aktivitas sehari-hari masyarakat pun menjadi terganggu karenanya. Untuk mengatasi keadaan tersebut, petugas lokal bekerjasama dengan organisasi World Wildlife Fund (WWF).

Hal ini karena beruang kutub merupakan hewan yang dilindungi dan tidak diperbolehkan untuk diburu.

beruang berkeliaran di kawasan penduduk
instagram.com/dad_li

Maka, petugas dan pihak WWF hanya mampu berusaha mengusir beruang dengan bunyi-bunyian, memasang penerangan yang lebih terang, serta mengajarkan kepada masyarakat tentang protokol keselamatan ketika beruang-beruang berhasil memasuki rumah.

Meskipun tidak terjadi Indonesia, peristiwa ini menyadarkan kita tentang pentingnya menjaga alam dan lingkungan. Kisah beruang yang menyerang warga ini sangat miris dan juga membuat panik orang-orang yang mengalaminya.

Baca Juga: Hewan-hewan Ini Juga Eksis Saat di Foto, Lucu!

Mulai sekarang, mari menjaga alam dengan tidak membuang sampah sembarangan, menebang hutan secara ilegal, dan lain sebagainya.

Kejadian serupa bisa saja menyerang Indonesia apabila hutan mulai hilang. Hewan buas seperti harimau juga bisa saja bernasib seperti beruang kutub tersebut.

0 Comment