Misteri 7 Pasar Gaib di Gunung Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Merinding

08 July 2019, at 04:00
1
0
Misteri 7 Pasar Gaib di Gunung Indonesia yang Bakal Bikin Kamu Merinding

Di balik keindahannya, beberapa gunung di Indonesia punya sisi misterius. Seperti suatu titik yang sering disebut-sebut sebagai pasar gaib.

Konon tempat tersebut ramai layaknya sebuah pasar, tapi orang-orang nggak bisa melihatnya cuma dengan mata telanjang. Katanya cuma mereka dengan kemampuan khusus yang bisa menyaksikannya.

Nah, beberapa gunung di Indonesia ini, ada tempat-tempat yang disebut sebagai pasar gaib. Penasaran dimana saja lokasinya? Langsung saja deh simak ulasan berikut!

Baca juga: Sudah Makan Korban, 6 Fakta Gunung Piramid Ini Bakal Bikin Kamu Kaget

1. Pasar Bubrah Gunung Merapi

pasar bubrah gunung merapi
instagram.com/ruangkelana20

Baik masyarakat Jogja maupun para pendaki, nama Pasar Bubrah pasti sudah nggak asing lagi. Tempat ini bahkan disebut-sebut tempat paling angker di kawasan Gunung Merapi.

Konon semua aktivitas layaknya pasar ini terjadi saat tengah malam. Padahal sejatinya di siang hari kawasan ini cuma hamparan lahan kosong di bawah puncak Gunung Merapi yang jauh banget dari kehidupan manusia.

Katanya orang-orang yang punya kemampuan khusus bisa melihat keramaian itu. Sebaliknya, mereka yang nggak punya kekuatan tersebut cuma akan merasakan dan mendengar suara gamelan, kemudian suara ramai seperti pasar.

2. Pasar Dieng Gunung Merbabu

pasar dieng gunung merbabu
instagram.com/pakrw25

Ada di kawasan saat kamu menuju ke puncak Kentheng Songo, lereng Gunung Merbabu ini sering disebut pasar setan atau Pasar Dieng.

Berdasarkan cerita para pendaki, aktivitas gaib saat malam hari. Kebanyakan mereka yang memilih beristirahat di puncak Kentheng Songo saat petang sering mendengar suara riuh layaknya aktivitas pasar.

Ada juga kisah tentang pendaki yang bertemu gadis misterius. Konon sosok gadis itu mengajak pendaki berputar-putar di kawasan yang sama. Kemudian akan beristirahat di pinggir jurang.

3. Pasar Watu Gunung Sumbing

pasar watu gunung sumbing
instagram.com/udzayir

Ada kisah misteri yang menyelimuti gunung tertinggi ketiga se-Pulau Jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet ini. Adalah Pasar Watu yang konon merupakan area pasar gaib di kawasan Gunung Sumbing.

Posisi Pasar Watu cukup terjal dan katanya aneh. Menurut cerita, banyak penampakan di sini. Tapi yang paling sering adalah munculnya sosok kakek tua dan makhluk gaib yang sering naik turun berlarian. Kamu percaya nggak?

4. Pasar Setan Gunung Arjuno

pasar setan gunung arjuno
instagram.com/rioomgl98

Pasar gaib selanjutnya terletak di gunung yang ada di perbatasan antara Malang dan Pasuruan, yaitu Gunung Arjuno. Pasar setan tersebut sebenarnya adalah kawasan sabana yang banyak ditumbuhi rumput dan semak.

Tapi menurut cerita para pendaki, ada beberapa yang mendengar suara gaduh seperti aktivitas di pasar, khususnya saat malam hari. Ngerinya lagi, ada juga yang melihat keramaian yang dipenuhi makhluk seperti manusia seolah tengah berjualan.

Baca juga: 5 Gunung di Pulau Jawa dengan Ketinggian Sedang, Cocok untuk Pemula

5. Pasar Anjaya

gunung bawakaraeng
instagram.com/saranglebah__

Pasar Anjaya ada di antara Gunung Bawakaraeng dan Gunung Lompobattang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Tempat ini juga punya cerita yang nggak kalah seram. Padahal sebenarnya Pasar Anjaya sendiri merupakan kawasan luas yang di sekelilingnya terdapat pemandangan yang indah.

Katanya, pendaki yang camping di kawasan ini, hampir semuanya mengalami kejadian mistis. Mulai dari mendengar suara bising seperti pasar tradisional, sampai adanya penampakan makhluk gaib.

6. Pasar Setan Gunung Lawu

pasar setan gunung lawu
instagram.com/bang_noerr

Ada juga pasar gaib yang berada di gunung yang berada di wilayah perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, Gunung Lawu. Berupa hamparan sabana, konon di Pasar Setan Gunung Lawu sering terdengar keramaian seperti pasar, terutama saat malam hari.

Sampai pernah ada cerita tentang seorang pendaki yang mendengar kata, "badhe tumbas nopo dik? (mau beli apa dik?)". Konon siapapun yang sudah mengalaminya harus membuang benda apapun ke arah sumber suara tersebut. Serem ya?

7. Pasar Setan Gunung Salak

pasar setan gunung salak
instagram.com/nurulrsydh

Tepatnya di kawasan lereng Gunung Salak, Jawa Barat, katanya ada pasar gaib yang sering disebut Pasar Setan. Mitosnya, tempat tersebut adalah istananya makghluk gaib.

Suatu ketika ada kejadian seram yang dialami pendaki remaja. Ia membeli pisang goreng di pasar tersebut saat itu. Selang beberapa waktu, ia sadar bahwa makanan yang dibelinya itu bukan hasil jualan manusia. Karena nggak ada satu warung pun di kawasan Gunung Salak tersebut.

Nah, itu dia ketujuh pasar gaib yang ada di gunung di Indonesia. Entah hal itu benar atau nggak, satu yang terpenting saat mendaki gunung tetap patuhi peraturannya ya! Mungkin di balik cerita mistis itu, tersimpan pesan untuk tetap menjaga lingkungan.

0 Comment