Qupas Travel

Misteri Danau Situ Gunung yang Konon 'Diciptakan' oleh Seorang Buronan

13 April 2020, at 05:00
Misteri Danau Situ Gunung yang Konon 'Diciptakan' oleh Seorang Buronan

Sukabumi mungkin nggak setenar Bandung maupun Bogor yang memang memiliki banyak wisata cantik. Tapi bukan berarti Kota Santri ini minim tempat liburan.

Situ Gunung adalah salah satu wisata di Sukabumi yang memiliki banyak idola. Nggak cuma karena keberadaan jembatan gantungnya yang sempat viral, danau di kawasan ini juga pantang dilewatkan.

Selain karena keindahannya, kisah mitos di balik terciptanya danau di Jawa Barat ini juga menarik untuk disimak. Scroll down untuk lebih tahu, ya!

1. Wisata di Sukabumi yang jadi favorit traveler

Situ Gunung Suspension Bridge (Foto: instagram.com/ariadisyukur)
instagram.com/ariadisyukur

Kawasan Situ Gunung Sukabumi memang cukup populer. Seperti diketahui, alasan utamanya adalah keberadaan jembatan gantung yang diklaim sebagai yang terpanjang se-Asia Tenggara.

Sempat viral, jembatan dengan panjang sekitar 250 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 150 meter ini menyajikan pemandangan cantik serta penuh tantangan.

Nah, kalau kebetulan kamu nggak suka antre untuk melewati Jembatan Gantung Situ Gunung, danau di sekitar destinasi ini bisa jadi alternatif.

2. Wisata yang membawa ketenangan

Situ Gunung Cisaat (Foto: instagram.com/b_bubuh)
instagram.com/b_bubuh

Berada di ketinggian sekitar 850 mdpl, membuat tempat wisata di Sukabumi ini memiliki udara sejuk. Suasana tenang pun akan kamu rasakan saat berada di danau ini.

Air danau tampak jernih. Perpaduan popohonan dan perbukitan di sekitarnya membuat danau tersebut makin eksotis. Belum lagi dengan keberadaan perahu sederhana yang selain untuk mengantar para pengunjung berkeliling, bisa menjadi salah satu objek foto.

Baca juga: Pantai Karang Gantungan, Secuil 'Surga' di Sukabumi yang Tersembunyi

3. Konon diciptakan oleh buronan Belanda

Danau Situ Gunung (Foto: instagram.com/andy_jenengku)
instagram.com/andy_jenengku

Danau Situ Gunung bukan hanya cantik. Mitos yang menyelimutinya pun menarik untuk disimak. Seperti kisah tentang asal-usul danau yang konon diciptakan oleh buronan Belanda.

Adalah seorang bangsawan Mataram, Rangga Jagad Syahadana yang kemudian dikenal sebagai Mbah Jalun. Ia yang merupakan buronan Belanda yang lari dari kejaran penjajah di tahun 1800-an.

Situ Gunung Sukabumi (Foto: instagram.com/coimstyle)
instagram.com/coimstyle

Bersama sang istri, ia terus lari dari kejaran para penjajah. Sampai akhirnya mereka berhenti di lembah yang dialiri air jernih. Mbah Jalun dan istri pun menetap sampai keduanya dikaruniai anak bernama Rangga Jaka Lulunta.

Sebagai wujud syukur atas kelahiran sang putra, Mbah Jalun pun membangun danau kecil dalam waktu 7 hari dengan peralatan sederhana. Ia pun menamai 'karya-nya' itu Situ Gunung, artinya danau yang ada di gunung.

4. Lokasi dan tiket masuk Situ Gunung

Situ Gunung (Foto: instagram.com/saragih_erick)
instagram.com/saragih_erick

Lokasi Situ Gunung berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Tepatnya di Desa Gunung pangrango, Kecamatan Kadudampit.

Untuk menuju ke lokasi, lebih baik menggunakan transportasi umum seperti jasa Kereta Api Indonesia (KAI) supaya terhindar dari kemacetan. Dari Stasiun Cisaat, kamu bisa naik angkot menuju Situ Gunung.

Danau Situ Gunung Sukabumi (Foto: instagram.com/nesntlia)
instagram.com/nesntlia

Soal tiket masuk wisata Situ Gunung, kamu perlu menyediakan budget sekitar Rp18.500 saja. Kalau mau coba mampir di Situ Gunung Suspension Bridge, biaya yang perlu kamu tambahkan mulai dari Rp25 ribu sampai Rp50 ribu.

Itu dia ulasan singkat tentang mitos di Danau Situ Gunung yang mungkin belum banyak diketahui banyak orang. Menarik ya?

Oh ya, kalau kamu ingin liburan ke kawasan wisata favorit di Sukabumi ini, harap bersabar dulu ya! Tunggu dulu sampai wabah virus corona berakhir!