Misteri Lembah Enarotali, Banyak Pesawat Jatuh di Sana

22 February 2019, at 04:00
0
0
Misteri Lembah Enarotali, Banyak Pesawat Jatuh di Sana

Papua merupakan wilayah di ujung timur Indonesia yang memiliki potensi wisata. Sebut saja Raja Ampat di Papua Barat yang menyuguhkan keindahan bak surga.

Namun di balik itu semua, Papua ternyata juga menyimpan banyak misteri. Bahkan sebagian besar orang kemungkinan tidak mengetahui hal tersebut. Salah satunya terletak di wilayah bernama Lembah Enarotali.

Sebenarnya Enarotali merupakan ibukota Kabupaten Paniai. Wilayah ini juga disebut-sebut sebagai satu-satunya kota tua di pedalaman Papua yang dibangun oleh Belanda.

Baca juga: Fakta Gunung di Papua yang Belum Banyak Orang Tau, Kamu juga?

enarotali papua
papua70photography.blogspot.com

Kota tua Enarotali ini diapit oleh sejumlah gunung dan bukit, seperti Gunung Bobairo dan Bukit Diay, serta wilayah dataran tinggi lainnya.

Penduduk Enarotali berjumlah sekitar 150.000 jiwa. Dilansir dari Wikipedia, wilayah ini memiliki 4 suku besar, yakni:

  • Mee
  • Moni
  • Wolani
  • Dani

Sebagian besar penduduk bekerja sebagai peternak dan petani. Makanan pokoknya sendiri adalah ubi jalar.

Jika dilihat dari kehidupan para penduduknya memang terlihat biasa-biasa saja. Namun, siapa sangka wilayah ini juga menyimpan misteri. Khususnya soal pesawat yang kerap jatuh di wilayah ini.

kecelakaan pesawat di papua
suaramerdeka.com

Seperti dilansir dari kompas.com, setidaknya ada 6 kecelakaan pesawat yang terjadi di kawasan Enarotali, Papua.
 
Selain itu, ada juga kecelakaan yang menimpa helikopter milik Unindo Air Charter pada tahun 2016 lalu seperti dilansir dari liputan6.com.

Konon, penyebab peristiwa kecelakaan itu terjadi karena wilayah Pupua kebanyakan terdiri dari dataran tinggi dan gunung. Alhasil, pilot sering mengambil rute berbeda dari yang sudah disepakati agar perjalanan lebih cepat.

Baca juga: Mirisnya Kecelakaan di Wilayah Papua Ini Sampai Tewaskan Banyak Orang

ilustrasi pesawat auri
militer.or.id

Ada juga kisah tentang pesawat AURI tahun 1963. Saat itu, sang pilot tengah terbang rendah setinggi 14.000 kaki. Namun, pilot dan awak kapal justru terjebak di lembah yang sulit ditembus tersebut.

Bahkan rute yang biasa dilintasi oleh para penerbang itu kerap diselimuti oleh awan tebal. Jika mereka nekat menembus medah ini, maka pesawat dapat menabrak gunung maupun bukit.

Inilah yang membuat wilayah tersebut semakin sering memakan korban kecelakaan pesawat.

Di sisi lain, ada hal mistis yang masih dikaitkan dengan Papua. Sebut saja ketika ada kecelakaan terjadi. Kabarnya sangat kecil kemungkinan mereka dapat pulang dengan selamat.

kecelakaan pesawat di kawasan papua
antarafoto.com

Menurut cerita yang beredar, di lembah-lembah tersebut masih terdapat banyak suku kanibal yang menjadikan manusia sebagai korban mereka.

Adanya faktor-faktor di atas mungkin menjadi pemicu anggapan mengapa Lembah Enarotali kerap dikaitkan dengan hal-hal mistis.

Entah percaya atau tidak, sebagai hal logisnya, sederet kecelakaan pesawat di Indonesia tersebut lebih banyak karena langkah gegabah pilot dalam memilih rute penerbangan. Kalau menurutmu gimana, Sobat Qupas?

0 Comment