Misteri Paku Pulau Jawa di Gunung Pakuwaja Wonosobo, Ada Beneran?

14 October 2019, at 13:00
0
0
Misteri Paku Pulau Jawa di Gunung Pakuwaja Wonosobo, Ada Beneran?

Gunung Pakuwaja mungkin masih asing di kalangan pendaki. Nggak heran sih, kebanyakan dari mereka pasti lebih sering mendengar soal Gunung Prau, Sindoro, maupun Sumbing saat mengeksplorasi Wonosobo.

Kendati demikian, bukan berarti Gunung Pakuwaja nggak menarik untuk disinggahi. Pemandangan alam, suasananya yang tenang, hingga cerita tentang keberadaan 'paku Pulau Jawa' adalah daya tarik wisata di Wonosobo ini.

Penasaran? Scroll ke bawah yuk untuk ulasan singkatnya!

1. Panorama elok dari Puncak Pakuwaja

pemandangan pakuwaja
instagram.com/budi_way

Sebelum mendaki, kamu pasti penasaran akan pemandangan yang bakal ditawarkan dari Puncak Gunung Pakuwaja. For your information, di sebelah utara, kamu bakal menyaksikan kegagahan Gunung Prau dan Dataran Tinggi Dieng di bawahnya.

Dari jauh, Telaga Warna yang warna airnya ikonik juga bisa kamu saksikan. Begitu pula dengan Candi Arjuna.

Tepat di sebelah barat, panorama Gunung Slamet pun terlihat. Di sebelah selatan ada Gunung Sindoro yang menjulang dengan gagahnya. Sedangkan di sisi timur, kamu bisa menyaksikan matahari terbit dan gunung-gunung lain seperti Ungaran, Telomoyo, Merbabu, serta Merapi.

2. Gunung untuk petualang sejati

jalur pendakian pakuwaja
instagram.com/prime_verdana

Ketinggian gunung di Wonosobo ini memang cuma 2.390 mdpl. Tapi bukan berarti Gunung Pakuwaja mudah dijangkau. Rute awal yang berada di perkebunan memang nggak terlalu menanjak. Tapi menjelang kawasan perkebunan berakhit, jalan mulai ekstrem.

Tanjakan paling terjal ada di atas pos III. Menjelang sampai di puncak, rute semakin terjal. Terdapat pula jurang yang menganga di samping kanan dan kiri jalur.

Pasca melalui tanjakan terjal tersebut, perjalanan pun sampai di Puncak 2 atau puncak tertinggi di Gunung Pakuwaja. Di sini, kamu bisa mendirikan tenda. Sedangkan Puncak 3 lebih rencah daripada Puncak 2. 

3. Konon rawan bikin pendaki nyasar

gunung pakuwaja
instagram.com/ainun.habib

Gunung Pakuwaja memang nggak terlalu mudah ditaklukkan. Bahkan konon disebut sering membuat pendaki tersesat. Hal ini karena perjalanan dari basecamp nggak langsung melalui kawasan pendakian, melainkan harus melewati perkebunan milik penduduk dulu.

Nah, di kawasan perkebunan tersebutlah yang cukup rawan bikin nyasar karena ada beberapa percabangan yang bisa membuat pendaki salah jalan. Karenanya, kamu harus memperhatikan penjelasan petugas basecamp agar nggak salah jalan, apalagi kalau pendakian dilakukan pada malam hari.

Baca juga: Selain Bukit Sikunir, Ini Lho Wisata di Wonosobo yang Memikat Hati!

4. Paku Pulau Jawa di Pakuwaja

paku pulau jawa
instagram.com/anggarawepe

Bukan cuma keindahan alam dari puncaknya. Wisata Wonosobo ini juga menawarkan panorama batu vertikal raksasa yang konon merupakan paku Pulau Jawa.

Untuk mengunjunginya, kamu bisa melalui Puncak 2 ke arah barat (kanan) lewat jalan setapak. Dari sini, kamu bakal sampai di Puncak 3, Batu Paku Jawa, dan kawasan padang sabana.

Oh ya, saat mengunjungi batu tersebut, sebaiknya tetap soban dan jangan memanjat ke atasnya ya! Sementara di sabana, jangan sampai mendirikan tenda di sini. Karena udara di kawasan tersebut sangat dingin saat malam hari, sehingga rawat menyebabkan hipotermia.

5. Syarat Pendaki Gunung Pakuwaja

puncak pakuwaja
instagram.com/lovlarst_

Gunung Pakuwaja berada di Desa Parikesit, Kecamatan Kejajar, Wonosobo, Jawa Tengah. Letak basecampnya nggak jauh dari basecamp pendakian Gunung Prau via Parak Banteng kok.

Selain lokasi basecamp, sebelum mendaki, kamu juga perlu memperhatikan beberapa ketentuan tentang siapa saja yang nggak diperbolehkan menjelajahi gunung di Jawa Tengah ini, seperti:

  • Pendaki yang berangkat sendiri, baik laki-laki maupun perempuan. Kecuali ia langsung turun tanpa bermalam.
  • Sepasang pendaki yang belum menikah. Boleh mendaki, asal rombongan lebih dari tiga orang.
  • Dua pendaki perempuan. Sebaiknya ajak teman-teman lebih kalau pengen bermalam.
  • Mereka yang punya gangguan kesehatan.
  • Pendaki yang kehabisan kuota. Fyi, pendakian Gunung Pakuwaja dibatasi cuma 150 orang per bulan.

Well, Gunung Pakuwaja bukan cuma menyajikan panorama alam yang memikat. Kisah tentang paku Pulau Jawa di tempat wisata Wonosobo ini pun termasuk daya tariknya tersendiri.

0 Comment