Qupas Travel

Misteri Pantai Parangkusumo, Konon Jadi Tempat Pertemuan Panembahan Senopati dan Ratu Kidul

05 April 2020, at 05:00
Misteri Pantai Parangkusumo, Konon Jadi Tempat Pertemuan Panembahan Senopati dan Ratu Kidul

Pantai Parangkusumo mungkin terkenal dengan gumuk pasirnya yang seolah membawa kita ke negara di Timur Tengah. Tapi lebih dari itu, sebenarnya tempat wisata di Bantul ini juga memiliki sisi menarik.

Sebut saja sebuah batu keramat yang sering dikait-kaitkan dengan mitos penguasa Laut Selatan. Penasaran? Simak ulasan berikut ini, ya!

1. Tetangga Pantai Parangtritis yang menyimpan misteri

Pantai Parangkusumo (Foto: instagram.com/suryatjaja)
instagram.com/suryatjaja

Letak Parangkusumo nggak jauh dari kawasan Parangtritis. Tepatnya di sebelah barat atau sebelum masuk wilayah pantai legendaris di Jogja tersebut.

Seperti tetangganya, Parangkusumo pun nggak kalah misterius. Tempat ini pun bukan hanya sekadar dikenal sebagai wisata di Bantul. Melainkan juga sering menjadi jujukan para peziarah, terutama di bulan Sura berdasarkan kalender penanggalan Jawa.

Sementara di hari-hari biasa, kawasan ini akan ramai pengunjung saat malam Selasa Kliwon dan Jumat Kliwon.

2. Tempat bertemunya Panembahan Senopati dan Ratu Kidul

Labuan (Foto: instagram.com/warnabatu)
instagram.com/warnabatu

Pantai Parangkusumo ternyata juga diliputi mitos yang berkaitan dengan Ratu Kidul. Tepatnya di area bernama Cepuri Parangkusumo.

Dilansir dari DetikTravel, konon kawasan tersebut merupakan tempat pertemuan antara pendiri dinasti Mataram, Danang Sutawijaya yang kemudian bergelar Panembahan Senopati dengan Kanjeng Ratu Kidul.

Ada dua batu hitam besar di area yang dikelilingi tembok tersebut. Di sanalah tempat petemuan tersebut.

Baca juga: Cerita Istimewa di Balik 5 Wisata Jogja yang Tampak Biasa Saja, Sudah Tahu?

3. Mitos pernikahan Panembahan Senopati dan Ratu Kidul

Cepuri Parangkusumo (Foto: instagram.com/laurentiuslei)
instagram.com/laurentiuslei

Menariknya lagi, diceritakan pula bahwa terjadi perkawinan kontrak politik antara Panembahan Senopati dan Kanjeng Ratu Kidul.

Bahkan dipercaya pula jika kontrak tersebut juga diteruskan oleh raja-raja dinasti Mataram, terutama Kasultanan Yogyakarta sampai sekarang. Keraton Yogyakarta pun selalu menggelar prosesi labuhan setiap tahunnya di kawasan ini.

4. Benarkah Parangkusumo adalah gerbang menuju Keraton Kidul?

Batu Cinta Pantai Parangkusumo (Foto: instagram.com/rajacitytour)
instagram.com/rajacitytour

Satu lagi mitos Pantai Parangkusumo yang cukup mecengangkan. Yaitu tentang Cepuri Parangkusumo yang dipercaya sebagai pintu gerbang menuju Keraton Kidul.

Sementara dua batu gilang di sana sebagai tempat pertemuan Panembahan Senopati dan Ratu Kidul. Dimana di bagian utara sebagai tempat duduk Panembahan Senopati. Sedangkan batu yang lebih kecil dan terletak di sebelah selatan merupakan tempat duduk sang penguasa Laut Selatan.

Ternyata, Pantai Parangkusumo bukan cuma punya gumuk pasir yang memesona dan digandrungi para millennials. Misteri yang tersimpan di wisata Jogja ini pun sangat istimewa. Mau percaya atau nggak, yang jelas mitos tentang Parangkusumo bisa dibilang adalah salah satu 'warisan' yang pantang dilupakan.