Misteri Terpecahkan: Mengapa Setelah Makan Kita Mengantuk?

22 July 2018, at 07:42
2
0
Misteri Terpecahkan: Mengapa Setelah Makan Kita Mengantuk?

Serangan kantuk setelah makan sering terjadi pada banyak orang. Kondisi yang sering disebut dengan food coma ini tentu saja mengganggu aktivitas, terutama di siang hari karena akan menurunkan konsentrasi sehingga produktivitas kerja akan menurun juga.

Sebenarnya keadaan ini normal terjadi pada setiap orang, tetapi jika keinginan untuk tidur selalu muncul setiap kali selesai makan, mungkin kondisi ini perlu mendapat perhatian khusus. Lantas, mengapa kita mudah mengantuk setelah makan?

Beberapa hal berikut ini diyakini menjadi penyebab terjadinya food coma atau yang dalam istilah ilmiah disebut dengan postprandial somnolence yang kerapkali muncul setelah makan siang.

 

fitday.com

 

 

Pengaruh hormon dalam tubuh

 

Secara umum, setelah makan tubuh akan melepaskan hormon-hormon seperti hormon amilin, glukagon, dan kolesistokinin yang berfungsi untuk meningkatkan kadar gula darah, membuat perasaan kenyang, dan untuk memproduksi insulin yang akan menyediakan energi pada sel tubuh untuk melakukan fungsinya. Hal ini bertujuan agar tubuh dapat memecah zat gizi dari makanan dalam sistem pencernaan untuk menjadikan glukosa yang kemudian diubah menjadi energi.

 

Sementara itu di saat bersamaan, ada dua hormon sama-sama bekerja dan menyebabkan munculnya rasa kantuk, yakni hormon serotonin yang dilepaskan oleh otak mengubah asam amino triptofan menjadi serotonin dan kemudian diubah oleh melatonin yang dipengaruhi juga oleh makanan yang masuk ke dalam tubuh.

 

Jenis makanan yang dikonsumsi

 

Tidak dapat dipungkiri, terlalu banyak makan akan menyebabkan timbulnya rasa kantuk. Sebab, tubuh akan mencerna semua makanan dengan cara yang sama, tetapi makanan akan mempengaruhi tubuh secara berbeda. Beberapa makanan yang telah terbukti dapat membuat mengantuk dibandingkan dengan makanan lain adalah daging, ayam, telur, ikan, bayam, tahu, keju, dan kedelai yang mengandung asam amino triptofan yang digunakan oleh tubuh untuk memproduksi serotonin yang bertanggung jawab terhadap munculnya rasa kantuk.

 

Kondisi kesehatan

 

Waspadai jika rasa kantuk tak tertahankan yang muncul setiap kali selesai makan. Bisa jadi hal ini merupakan tanda-tanda dari penyakit tertentu seperti anemia, intoleransi makanan, alergi, sleep apnea, dan hipotiroid. Selain itu, bisa jadi kondisi ini disebabkan karena tubuh sedang kekurangan zat gizi tertentu yang menyebabkan makanan tidak tercerna dengan baik. Akibatnya tubuh tidak punya cukup energi untuk mendukung aktivitas sepanjang hari karena kantuk yang menyerang seharian.

 

Meski hal ini sering dialami banyak orang, tetapi demi kesehatan tubuh di masa mendatang, segera konsultasikan dengan dokter jika kantuk selalu menyerang setelah makan. Agar dokter dapat menemukan penyebabnya dan memberikan penanganan yang tepat sebelum terjadinya masalah kesehatan yang lebih serius.

0 Comment