Misteri Terungkap! Ternyata Ini Alasan di Balik Tidak Ada Guling di Hotel

05 February 2019, at 11:00
0
0
Misteri Terungkap! Ternyata Ini Alasan di Balik Tidak Ada Guling di Hotel

Kenapa di hotel tidak ada guling? Mungkin pertanyaan tersebut baru muncul setelah kamu sadar akan fakta unik hotel ini. Atau mungkin juga sudah lama terlintas di pikiranmu.

Padahal bagi sebagian besar orang Indonesia sendiri, guling seolah menjadi teman tidur. Bahkan juga dapat memperbaiki kualitas istirahat itu sendiri.

Kabarnya, manfaat guling juga untuk melancarkan peredaran darah serta membuat tidur lebih sehat. Tapi kenapa ya, di hotel tidak ada guling? Ternyata semua itu ada alasannya. Seperti penjelasan Qupas yang dirangkum dari beberapa sumber di bawah ini.

1. Sejarah guling di Indonesia

kenapa tidak ada guling di hotel
matanaga.com

Sebelum menuju ke pembahasan soal kenapa jarang ditemukan guling di hotel, ada baiknya kalau kamu tahu asal munculnya benda ini di Indonesia.

Hal ini bermula ketika Belanda menjajah Indonesia beberapa ratus tahun yang lalu. Ketika para tentara Negeri Kincir Angin di kirim ke Tanah Air selama 1-3 tahun, mereka harus berjauhan dari istri.

Baca juga: Tempat Instagramable di Indonesia Ini Sudah Ada Sejak Zaman Penjajahan, Lho!

Selanjutnya hal ini membuat mereka kesepian hingga mereka mencari teman tidur. Oleh karenanya, para tetara itu pun membuat guling yang dapat dipeluk serta setia menemani sepanjang malam.

sejarah guling di indonesia
baya-france.com

Munculnya ide penggunaan guling sebagai teman tidur orang Belanda ini pun dipengaruhi oleh budaya Asia Timur, seperti China dan Jepang yang juga masuk ke wilayah Indonesia.

Meski sebutannya berbeda, namun semua itu mengacu pada guling dengan bentuk memanjang. Hanya saja benda tersebut terbuat dari bambu.

Bukan guling, orang-orang Belanda menyebutnya sebagai "Dutch Wife" yang ternyata istilah tersebut dicetuskan oleh Letnan Gubernur Jenderal Inggris, Raffles.

Sejak saat itu, penggunaan guling menjadi gaya hidup golongan-golongan atas orang Belanda. Selanjutnya kaum priyayi pribumi juga ikut-ikutan akan hal tersebut.

2. Hotel berkiblat ke gaya hidup western

hotel western
accorhotels.com

Siapa sangka, ternyata guling ini hanya terkenal di Belanda dan Indonesia. Meski begitu, 'teman tidur' ini juga dikenal di beberapa negara lain.

Tapi kenapa di hotel jarang ada guling? Hal ini karena kiblat jenis penginapan di Indonesia ini mengacu pada gaya hidup western.

Diketahui, service hotel ala Negara Barat tidak dikenal adanya guling. Jadi itulah sebabnya di penginapan Indonesia tidak disediakan benda memanjang tersebut.

hotel di negara barat
timeout.com

Dilansir dari Tribun, seorang public relation dari Innside Hotel by Melia, Maria Periwita Sari mengatakan bahwa tidak ada guling di kamar hotel merupakan kebijakan masing-masing penginapan tersebut.

Memang sih, umumnya di hotel hanya disediakan hotel. Baru sadar, kan?

3. Orientasi tamu hotel adalah turis asing

guling di hotel
tripsavvy.com

Secara perlahan, misteri guling yang tidak ada di hotel mulai terungkap. Alasan lainnya adalah karena orientasi penginapan tersebut adalah seorang turis asing.

Tamu asing tersebut biasanya merupakan pelanggan hotel yang berasal dari berbagai negara. Pada umumnya, mereka tidak mengenal istilah guling yang biasa difungsikan untuk dipeluk saat tidur oleh orang Indonesia.

fakta guling di hotel
videoblocks.com

Sebenarnya memang di beberapa negara ditemukan benda mirip guling. Namun penggunaannya ditujukan sebagai landasan leher atau punggung saja.

Kalau para tamu dari luar negeri saja tidak tahu atau bahkan tidak membutuhkan guling, untuk apa pihak hotel menyediakannya? Sebab hal ini juga berkaitan dengan biaya operasional, kan?

Baca juga: Wow! Deretan Hotel dan Resort di Bali Ini Harga Per Malamnya Bikin Jantungan

4. Guling dinilai tidak higienis

fakta guling
amazon.com

Kemungkinan besar guling dinilai sebagai benda yang tidak higienis. Sebab sebelumnya 'teman tidur' ini dipeluk-peluk oleh tamu hotel lainnya.

Bahkan mungkin saja ada yang menganggap guling ini dijadikan sebagai objek untuk melakukan sesuatu. Gesekan antara kulit seseorang dengan benda ini bisa saja dianggap kotor.

fakta tentang guling
shepherdsdream.com

Tidak heran jika sebagian besar tamu akan merasa risih dengan benda tersebut. Meski pada kenyataannya sarung guling sudah dicuci, namun tetap dinilai kurang higienis.

Berbeda dengan bantal yang hanya digunakan sebagai penyangga kepala saja. Jadi bisa dikatakan jika masalah 'higienis' merupakan salah satu alasan tidak ada guling di hotel.

5. Apakah ada hotel yang menyediakan guling?

kenapa di hotel tidak ada guling
pinterest.com/comfypillows

Kebanyakan hotel di Indonesia mungkin tidak menyediakan guling sebagai properti di kamar tidurnya. Tapi adakah yang memberikan fasilitas tersebut?

Ternyata ada juga, lho hotel yang menyediakan guling. Salah satunya Hotel Sahid Jayapura seperti dilansir dari Phinemo.

misteri guling
inthebox.id

Selain itu, terdapat pula penginapan di Indonesia yang akan menyediakan guling setelah para tamunya memberikan permintaan tersebut. Namun jangan terlalu berharap lebih. Sebab mayoritas tidak punya benda tersebut.

Sudah tahu kan kenapa tidak ada guling di hotel? Ternyata alasannya sesederhana itu. Bahkan mungkin kamu baru menyadarinya kalau nyaris di semua hotel Indonesia tidak terdapat guling.

Selain fakta unik hotel, ada juga artikel menarik lain dari Qupas yang bisa kamu baca dengan cara lebih mudah. Caranya mudah. Langsung saja download aplikasinya melalui Play Store maupun App Store mumpung gratis!

0 Comment