Mitos dan Fakta Kerokan, Biar Nggak Salah Pemahaman

17 December 2018, at 09:00
3
0
Mitos dan Fakta Kerokan, Biar Nggak Salah Pemahaman

Ada banyak perdebatan tentang kerokan di dunia medis. Beberapa pihak pro atau mendukung bahwa kerokan memiliki khasiat untuk kesehatan. Sedangkan beberapa lainnya tidak setuju dengan hal tersebut.

Meskipun begitu, masyarakat Indonesia masih melestarikan dan terus melakukan metode pengobatan kerokan ini untuk mengobati masuk angin.

Ada banyak mitos dan fakta yang berkembang di masyarakat, tanpa mereka tahu mana yang benar dan mana yang salah. Ini dia 6 mitos dan fakta kerokan biar kamu nggak salah pemahaman lagi!

1. Kerokan Mengeluarkan Angin

masuk angin
rd.com

Istilah “masuk angin” sering dimaknai dengan adanya angin berlebih yang masuk ke dalam tubuh sehingga tubuh menjadi sakit. Padahal makna sebenarnya dari masalah kesehatan ini bukanlah itu. Terkena angin malam, kehujanan, atau terlalu lama di ruangan ber-AC memang merupakan penyebab umum masuk angin.

Akan tetapi, masuk angin disebabkan oleh udara atau angin yang membuat otot-otot kekurangan oksigen karena pembuluh darah di kulit yang menyempit.

perempuan masuk angin
kurio.co.id

Hal ini kemudian membuatmu menjadi pegal-pegal dan nyeri otot. Selain itu, kekurangan gerak sehingga pembuluh darah kaku juga memberi efek yang sama.

Jadi, kerokan sebenarnya bukan mengusir angin. Tetapi memperlebar pembuluh-pembuluh darah di permukaan kulit yang mengalami penyempitan tersebut. Reaksi ilmiah ini memunculkan hormon endorfin yang membuat badan menjadi hangat dan nyaman.

2. Kerokan Merusak Pembuluh Darah

koin untuk kerokan
orami.co.id

Beberapa ahli medis menyatakan ketidaksetujuannya dengan metode kerokan karena dinilai dapat menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah.

Hal ini disebabkan oleh gerakan kerokan yang menggosok-gosok kulit dengan keras dan kasar.

pembuluh darah
messagetoeagle.com

Tetapi sampai detik ini belum ada kasus yang menyebutkan kerokan sebagai penyebab kerusakan pembuluh darah. Pihak-pihak yang pro menyebutkan bahwa kegiatan ini memiliki manfaat bagi kesehatan dengan memperlebar pembuluh darah saat masuk angin.

Kerokan juga aman dilakukan dengan benda-benda yang tidak tajam seperti koin atau alat kerokan khusus.

3. Kerokan Aman Bagi Ibu Hamil

ibu hamil
shutterstock.com

Banyak yang mengatakan bahwa kerokan aman bagi siapa saja, termasuk ibu hamil. Anggapan ini ternyata salah. Meskipun aman dan memiliki manfaat bagi kesehatan, nyatanya kerokan bisa menjadi berbahaya bagi ibu hamil.

ibu hamil prematur
shutterstock.com

Memang bahaya yang dimaksud di sini bukan secara langsung mengancam nyawa ibu atau janin, tetapi lebih baik jika dihindari. Pasalnya kerokan dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur.

Zat anti peradangan cytokines yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh justru akan menyebabkan munculnya zat prostaglandin pada ibu hamil yang memicu kontraksi dan kelahiran prematur.

Baca Juga: Ini 5 Obat Flu Tradisional yang Aman Bagi Ibu Hamil

4. Semakin Merah Bekas Kerokan, Semakin Parah Sakitnya

kerokan aman
pacificcolege.edu

Banyak orang yang percaya bahwa semakin merah bekas kerokan pada tubuh, berarti semakin parah masuk angin yang dialami oleh orang tersebut.

Jika kamu termasuk orang yang meyakini hal tersebut, sebaiknya segera hilangkan keyakinan tersebut karena hal tersebut merupakan hal yang salah.

bekas kerokan
inspirasidaily.com

Jejak merah yang muncul di tempat kerokan bukan disebabkan oleh angin yang keluar atau masuk angin yang parah.

Hal tersebut disebabkan oleh jejak pembuluh darah yang terbuka atau pecah karena gesekan ketika kerokan. Daerah tersebut akan diisi dengan alirah darah yang sebelumnya tertutup.

5. Kerokan Meningkatkan Kekebalan Tubuh

kekebalan tubuh
dailywuz.com

Setelah kerokan, ada banyak orang yang merasa penyakitnya sembuh atau badannya merasa lebih sehat dari sebelumnya.

Kerokan memang dapat menghangatkan, mengurangi pegal-pegal, menenangkan, dan menyegarkan tubuh. Tetapi apakah benar kerokan dapat meningkatkan kekebalan tubuh?

kekebalan tubuh terjaga
shutterstock.com

Pelebaran atau pembesaran pembuluh darah dapat memberikan ruang lebih untuk pergerakan sel darah putih yang merupaka agen kekebalan tubuh.

Sel-sel darah putih ini menjadi lebih rekatif untuk mempertahankan tubuh karena otak terkecoh oleh pembuluh darah tepi yang pecah seperti terbentur. Kerokan juga menyebabkan munculnya zat anti peradangan.

Bagaimana, sudah tidak salah pemahaman lagi kan terhadap kerokan dan masuk angin? Kerokan aman kok untuk dilakukan, kecuali pada ibu hamil.Kalau merasa pegal-pegal, kamu bisa melakukan kerokan sebagai metode pengganti obat. Akan tetapi, harus tetap menggunakan alat yang aman, ya!

0 Comment