Mitos dan Fakta Tentang Santan Kelapa, Beneran Bikin Kolesterol atau Justru Menyehatkan?

20 February 2019, at 00:00
0
0
Mitos dan Fakta Tentang Santan Kelapa, Beneran Bikin Kolesterol atau Justru Menyehatkan?

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan santan kelapa, kan? Bahan yang satu ini biasanya digunakan sebagai campuran makanan atau minuman untuk menambah cita rasa.

Selama ini, banyak sekali mitos dan fakta yang beredar di kalangan masyarakat luas. Terutama tentang kandungan kolesterol dalam santan yang cukup tinggi dan tidak baik untuk kesehatan.

Namun, apakah benar demikian? Berikut ini merupakan mitos dan fakta santan kelapa yang harus kamu ketahui agar tidak salah paham.

1. Benarkah Santan Bisa Menjadi Pengganti Susu?

thelist.com

Beberapa orang yang mengatakan bahwa santan kelapa bisa digunakan sebagai pengganti susu.

Namun, kebanyakan tidak mempercayai hal tersebut karena berpikir bahwa bentuk dan warna yang sama tidak lantas membuantnya bisa menjadi pengganti.

Santan kepala sangat baik dikonsumsi karena memiliki kandungan vitamin C, B6, asam folat, zat besi, kalsium, zing, magnesium, dan fosfor.

Bedanya, santan tidak mengandung laktosa di dalamnya. Sehingga aman dan bisa menjadi alternatig bagi orang-orang yang tidak toleran terhadap zat tersebut.

2. Benarkah Santan Bikin Gemuk?

gazettereview.com

Ada yang mengatakan jika santan akan membuat seseorang menjadi gemuk. Sehingga, orang yang sedang menjalani program diet sebaiknya tidak mengonsumsi cairan tersebut.

Akan tetapi, benarkah demikian? Pada kenyataannya hal tersebut hanyalah mitos santan. Minuman yang satu ini justru mengandung lemak baik MCFA.

Para ahli menemukan bahwa kandungan ini bermanfaat mengatasi berbagai macam penyakit. Mulai dari asma, hipertensi, diabetes, obesitas, gangguan otak dan lain sebagainya.

3. Benarkah Santan Berkolesterol Tinggi?

doktersehat.com

Hal yang paling sering kamu dengar tentang santan kelapa pasti adalah kandungan kolesterolnya yang cukup tinggi. Anjuran untuk tidak mengonsumsi makanan bersantan mungkin sudah sering kamu dengar karena hal ini.

Pada kenyatannya, para ahli justru menyatakan bahwa santan tidak mengandung kolesterol jahat. Di dalamnya terdapat kolesterol baik yang justru akan membantu menyehatkan badan, selama dikonsumsi dalam takaran yang pas.

4. Benarkah Santan Mengandung Bahan Kimia Berbahaya?

inspirasipagi.id

Mungkin beberaa orang pernah mendengar tentang kandungan bahan kimia dalam santan? Tenang, hal tersebut hanyalah mitos yang berkembang di masyarakat.

Santan tidak mengandung bahan kimia sama sekali. Cairan ini akan mengalami reaksi kimia berbahaya apabila dikemas dalam kaleng yang mengandung Bisphenol-A (BPA).

Baca Juga: Jangan Pakai Plastik Jenis Ini untuk Makanan, Bahaya!

5. Benarkah Santan Merupakan Sumber Energi?

epizone.id

Ternyata, santan merupakan sumber energi merupakan fakta, lho. Jika kamu mengonsumsinya, cairan yang satu ini akan terasa sedikit manis.

Hal ini karena santan mengandung sedikit glukosa di dalamnya. Hal ini lah yang membuatnya menjadi sumber energi. Tubuh membutuhkan sedikit gula untuk diubah menjadi tenaga.

6. Benarkah Santan Sumber Antioksidan?

pexels.com/@olly

Kamu pernah dengar tentang santan yang bisa membuat seseorang jadi awet muda? Hal tersebut ternyata merupakan fakta.

Santan kaya akan antioksidan di dalamnya yang mampu menangkal radikal bebas. Zat ini mampu melingdungi seseorang dari penyakit jantung, kanker, tekanan darah tinggi, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

7. Benarkah Santan Tidak Baik Untuk Lambung?

hellosehat.com

Santan tidak baik untuk lambung dan penderita maag ternyata benar adanya. Meskipun mengandung kolesterol atau lemak yang baik, namun hal tersebut tetap membuat lambung bekerja lebih lama untuk mencerna.

Inilah yang menyebabkan asam lambung diproduksi lebih banyak dan pada akhirnya naik.

8. Benarkah Santan Berguna untuk Kesehatan Rambut dan Kulit?

charlessledge.com

Selain dikonsumsi, santan juga ternyata sering dimanfaatkan untuk perawatan rambut dan kulit. Akan tetapi, apakah khasiat tersebut benar adanya?

Santan ternyata memang bisa mengatasi masalah rambut dan kulit. Cairan tersebut berguna untuk menutrisi rambut, menebalkan, memperbaiki rambut bercabang dan lain sebagainya.

Selain itu, santan juga bisa menjadi pelembab alami untuk kulit.

Baca Juga: Kulit Kepala Berketombe? Ini Bahayanya Bagi Kesehatan Tubuh

Nah, setelah membaca artikel ini jangan salah lagi ya tentang mitos dan fakta santan. Ternyata hal yang selama ini kamu dengar hanyalah mitos belaka.

Sedangkan, fakta-fakta santan yang beredar justru jarang dipercaya.

Semua manfaat santan yang baik untuk kesehatan bisa kamu dapatkan asalkan tidak dikonsumsi secara berlebihan.

0 Comment