Qupas Healthy

Mitos Makan Durian Terkait Kesehatan yang Masih Banyak Dipercaya, Kamu Salah Satunya?

30 December 2019, at 03:00
1
Mitos Makan Durian Terkait Kesehatan yang Masih Banyak Dipercaya, Kamu Salah Satunya?

Siapa sih yang nggak tahu durian? Buah tropis yang satu ini memang sudah terkenal di berbagai kalangan masyarakat. Baunya yang tajam serta rasanya yang khas menjadikan durian sebagai buah kontroversial karena memiliki banyak penggemar sekaligus pembenci.

Nggak hanya itu, makan durian juga seringkali dikaitkan dengan berbagai manfaat dan bahaya terhadap kesehatan. Meskipun demikian, beberapa diantaranya ternyata hanya mitos lho!

Supaya kamu nggak slaah lagi, berikut ini beberapa mitos makan durian terkait kesehatan yang harus kamu ketahui. Mumpung sedang musim, nih!

1. Makan Durian Bikin Kolesterol Tinggi

manfaat durian
stock.adobe.com

Mitos makan durian yang pertama adalah menyebabkan peningkatan kadar kolesterol. Kamu pasti pernah dengar tentang hal ini kan? Nggak sedikit orang yang menganggap bahwa durian mengandung kolesterol tinggi.

Faktanya, durian mengandung nol kolesterol lho. Di sisi lain, buah tropis yang satu ini justru kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang bisa menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Walau begitu, bukan berarti kamu bisa mengonsumsinya secara berlebihan ya!

2. Makan Durian Bisa Mengatasi Darah Rendah

mitos durian kesehatan
chcw.org

Selain mitos tentang kolesterol, makan durian juga dikatakan dapat mengatasi darah rendah. Bukan tanpa sebab, kepercayaan tersebut muncul karena buah ini diklaim dapat meningkatkan tekanan darah.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Food Properties membuktikan bahwa hal tersebut hanyalah mitos. Makan durian memang bisa meningkatkan denyut jantung, namun belum ada manfaat yang cukup signifikan untuk meningkatkan tekanan darah dalam tubuh.

3. Makan Durian Bikin Mabuk

mitos durian
freshfruits.com.sg

Siapa nih yang masih percaya mitos yang satu ini? Makan durian diklaim dapat menyebebkan seseorang mabuk karena kandungan alkohol di dalamnya. Padahal, hal tersebut salah lho.

Durian nggak mengandung alkohol di dalamnya sehingga kamu nggak akan mabuk apabila mengonsumsinya.

Baca juga: Atasi Depresi dan 7 Manfaat Durian untuk Kesehatan Lainnya, Mumpung Sedang Musim

4. Makan Durian Aman untuk Penderita Diabetes

mitos makan durian
shutterstock.com

Beberapa orang yang punya riwayat diabetes menganggap bahwa makan durian aman karena buah tersebut nggak memiliki rasa manis. Faktanya, durian memiliki kandungan gula tinggi yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes.

Selain itu, karena memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi, mengonsumsi durian secara berlebihan juga berisiko menyebabkan obesitas.

5. Makan Durian Mengganggu Kesuburan

fakta durian
mybooking.uz

Pernah dengan mitos durian yang satu ini nggak? Sebaliknya, durian justru dianggap sebagai salah satu buah afrodisiak atau yang dapat meningkatkan gairah seksual seseorang.

Dengan kata lain, makan durian justru bisa membantu meningkatkan kesuburan baik laki-laki maupun perempuan.

Jadi, mitos durian mana nih yang pernah Sobat Qupas percayai? Setelah tahu faktanya, jangan dipercaya lagi ya!