Qupas Travel

Mitos Unik di Balik Keindahan 5 Air Terjun di Bogor, Kamu Sudah Tahu?

25 April 2020, at 05:07
Mitos Unik di Balik Keindahan 5 Air Terjun di Bogor, Kamu Sudah Tahu?

Keindahan alam di Bogor sudah bukan jadi rahasia lagi. Banyak wisata di Kota Hujan ini yang menyajikan pemandangan menakjubkan, termasuk destinasi air terjunnya.

Namun, di balik keindahannya, mitos yang menyelimuti sejumlah air terjun di Bogor ini masih dipercaya oleh masyarakat setempat.

Kira-kira kamu sudah tahu belum? Simak beberapa kisah uniknya berikut ini ya!

1. Curug Seribu

Curug Seribu (Foto: instagram.com/elfajar05)
instagram.com/elfajar05

Mitos yang berkembang di Curug Seribu cukup mengejutkan. Karena di balik keindahannya, ada cerita mengerikan soal korban yang berjatuhan di sini. Katanya hampir setiap tahun ada saja korban yang jatuh di lokasi maupun selama perjalanan menuju air terjun.

Penduduk percaya bahwa wisata air terjun di Pamijahan ini mistis. Terlebih lagi menurut kabar bahwa banyak pengunjung yang kesurupan saat berada berlibur di curug ini.

Meski begitu, nggak perlu khawatir untuk berkunjung ke wisata Bogor ini. Asal selalu mematuhi peraturan, tetap sopan, serta nggak sombong, warga percaya kalau kejadian-kejadian buruk nggak akan terjadi.

Lokasi Curug Seribu : Gunung Sari, Pamijahan, Bogor

2. Curug Cibingbin

Curug Cibingbin (Foto: instagram.com/tyo_soetyo)
instagram.com/tyo_soetyo

Berada di kawasan Sentul Selatan, wisata alam di Bogor satu ini menyajikan pemandangan yang nggak kalah keren dari Curug Seribu.

Bukan hanya sekadar kecantikannya, yang menarik dari destinasi ini adalah cerita tentang asal penyebutan Cibingbin. Menurut kabar, nama tersebut berasal dari pohon bingbin yang ada di sepanjang aliran sungai.

Mitos juga berkembang di curug ini. Konon, ada buto ijo yang tinggal di sebuah gua sekitar Curug Cibingbin. Tapi pengunjung nggak perlu resah lagi. Karena kabarnya warga sudah menutup gua tersebut.

Lokasi Curug Cibingbin : Jl. Bojongkoneng, Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Bogor

3. Curug Cilember

Curug Cilember (Foto: instagram.com/baas_saputra)
instagram.com/baas_saputra

Air terjun di Bogor selanjutnya yang masih diliputi oleh mitos unik adalah Curug 7 Cilember. Konon, tempat ini merupakan lokasi pemandian para putri dari Kerajaan Siliwangi.

Dari mitos Curug 7 Cilember tersebut, berkembanglah kepercayaan bahwa dengan mandi di curug ini bisa menjadi awet muda hingga terobatinya segala penyakit.

Kabarnya, air terjun di Bogor ini akan sering dikunjungi saat bulan Muharram dan Maulid. Hal ini karena mereka percaya bahwa datang pada waktu-waktu tersebut akan mendatangkan berkah, awet muda, maupun menambah kekuatan setelah mandi di Curug Cilember.

Lokasi Curug 7 Cilember : Jl. Raya Puncak Gadog KM. 15, Cisarua, Kecamatan Megamendung, Bogor

Baca juga: Sisi Lain Curug Ciherang, Air Terjun di Bogor yang Konon Jadi Tempat Mandi Para Raja

4. Curug Bidadari

Curug Bidadari (Foto: instagram.com/storiwisata)
instagram.com/storiwisata

Terletak di kawasan Sentul Paradise Park, ada mitos yang cukup unik di wisata alam Bogor ini. Bahkan sebagian masyarakat setempat masih percaya akan cerita tersebut.

Seperti namanya, konon curug ini merupakan tempat mandi para bidadari saat sore hari. Lebih dari itu, katanya warga sering mendengar suara wanita di wisata Sentul ini. Padahal setelah dipastikan, destinasi tersebut kosong tanpa pengunjung.

Terlepas dari cerita itu, air terjun di Bogor yang ketinggiannya mencapai 40 meter ini masih populer di kalangan wisatawan. Terlebih lagi bukan hanya aliran air terjun saja yang bisa dilihat di sini. Kolam bermain anak pun disediakan oleh pengelola wisata.

Lokasi Curug Bidadari : Jl. Sentul Paradise Park, Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Bogor

5. Curug Putri Kencana

Curug Putri Kencana (Foto: instagram.com/dew_sh33nta)
instagram.com/dew_sh33nta

Jangankan aliran air yang menyegarkan. Hamparan sawah pun akan memanjakan mata pengunjung begitu memasuki kawasan Curug Puteri Kencana.

Namun di balik keindahannya, ada mitos yang masih dipercaya. Dimana menurut kepercayaan penduduk setempat, konon Prabu Kencana sering bertapa di tempat ini.

Selain itu, curug ini juga dikaitkan dengan noni Belanda yang katanya masih terus mencari penyebab kematiannya. Ngeri ya?

Lokasi Curug Putri Kencana : Central Karang, Babakan Madang, Bogor

Ternyata, air terjun di Bogor tersebut bukan hanya indah. Cerita mitos wisata alam di atas pun masih saja dipercaya penduduk sekitar. Meski kamu mungkin nggak percaya, tetap jaga sopan santun dan ikuti aturan yang ditetapkan di tempat wisata Bogor di atas, ya!