Mulai dari Atasi Kecemasan Hingga Peradangan, Ini Manfaat Aromaterapi untuk Kesehatan

02 December 2019, at 10:00
0
0
Mulai dari Atasi Kecemasan Hingga Peradangan, Ini Manfaat Aromaterapi untuk Kesehatan

Aromaterapi banyak digunakan karena diklaim dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan.

Aromaterapi merupakan cara memanfaatkan minyak alami atau esensial yang diekstrak dari berbagai tumbuhan. Beberapa caranya yaitu sebagai berikut.

  • Menggunakan diffuser dengan mengubah minyak esensial menjadi uap wangi
  • Menghirup langsung minyak esensial
  • Mengoles langsung atau melakukan pijat menggunakan minyak esensial
  • Berendam pada air yang sudah dicampur dengan minyak esensial

aromaterapi
infinitenaturals.com

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa aromaterapi memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan fisik maupun mental seseorang.

Aromaterapi bekerja dengan cara merangsang saraf hidung dan otak. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat penggunaan aromaterapi bagi kesehatan tubuh.

1. Mengatasi Stres dan Kecemasan

mengatasi stres
hellosehat.com

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa minyak esensial yang digunakan dalam aromaterapi dapat mengatasi stres dan kecemasan.

Aroma minyak esensial tersebut akan merangsang area hipotalamus di otak untuk memproduksi hormon seretonin yang dapat memperbaiki suasana hati.

Selain itu, efek relaksasi yang diberikan dapat mengendalikan sistem saraf simpastis yang bertanggung jawab terhadap respon stres fight or fight dan gejala fisiknya yang ditandai dengan jantung berdetak lebih kencang serta tangan berkeringat.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

kualitas tidur
shutterstock.com

Efektif dalam mengatasi stres dan kecemasan, aromaterapi juga diyakini mampu membantu seseorang tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

Buat kamu yang seringkali mengalami insomnia atau bahkan gatal di malam hari, cobalah untuk diffuser dengan aroma sesuai selera satu jam sebelum tidur.

3. Mengobati Masalah Pernapasan

sesak napas
doktersehat.com

Tahu nggak sih, beberapa minyak aromaterapi memiliki antiseptik di dalamnya sehingga mampu membersihkan udara dari bakteri, jamur, dan kuman. Lenyapnya organisme-organisme tersebut secara nggak langsung akan membuat pernapasan lebih lega dan lancar.

Apabila kamu mengalami masalah pernapasan, cobalah untuk menggunakan minyak tea tree sebagai aromaterapi karena memiliki banyak antiseptik dan antimikroba. Kalau nggak, kamu bisa memilih minyak eukaliptus yang dapat melegakan pernapasan saat flu.

Baca Juga: Nggak Cuma Bikin Tenang, Ini Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan

4. Baik untuk Pencernaan

manfaat minyak esensial
doktersehat.com

Penggunaan minyak aromaterapi ternyata juga bisa membantu mengatasi masalah pencernaan seperti mual, penyakit asam lambung, morning sickness pada ibu hamil, bahkan kram perut saat PMS.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Basic Physiology and Pharmacology tahun 2015 menemukan bahwa minyak esensial kunyit serta jahe dapat melindungi lambung. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan antioksidan di dalamnya yang cukup tinggi.

5. Meredakan Nyeri dan Peradangan

manfaat aromaterapi
rafalauretto.com

Manfaat aromaterapi lainnya adalah meredakan nyeri dan peradangan. Mulai dari nyeri sendi, sakit kepala, otot tegang, dan lain sebagainya bisa kamu atasi dengan menghirup aroma minyak esensial.

Cobalah memanfaatkan minyak esensial jahe, kunyit, dan jeruk untuk meredakan nyeri sendi. Sedangkan untuk sakit kepala, kamu bisa menggunakan aroma mint dan rosemary.

Wah, nggak nyangka, ternyata aromaterapi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Meskipun demikian, minyak esensial ini nggak bisa dijadikan sebagai pengobatan utama sebuah penyakit Sobat Qupas.

0 Comment