Mulai Romantis Hingga Perjuangan, 5 Film Indonesia ini Diaptasi dari Kisah Nyata

20 September 2018, at 09:51
0
0
Mulai Romantis Hingga Perjuangan, 5 Film Indonesia ini Diaptasi dari Kisah Nyata
Embel-embel "based on true story" atau berdasarkan kisah nyata memang menjadi salah satu penarik penonton yang paling ampuh. Buktinya, sebagian besar film yang membawa tagline ini selalu laku di pasaran. Karena, penonton akan cenderung lebih penasaran dan lebih baper jika kisah itu beneran terjadi.
Nah, nggak cuma film Hollywood doang, di Indonesia pun banyak film-film yang ditulis berdasarkan kisah nyata. Beberapa film ini bahkan sampai menembus box office, lho! Apa aja sih film-filmnya? Disimak, ya!

1. Dilan 1990

Film Dilan 1990
id.bookmyshow.com
Film adaptasi dari buku pertama dalam trilogi terkenal karya Pidi Baiq ini, sempat menjadi perbincangan hangat di awal tahun 2018. Selain karena diperankan oleh aktor-aktor muda kenamaan seperti Iqbaal Ramadhan dan Vanesha Prescilla, bumbu marketing bahwa ceritanya berdasarkan kisah nyata teman sang penulis pun juga berkontribusi besar terhadap keberhasilan film ini. Banyak spekulasi dari netizen tentang siapa sebenarnya Dilan dan Milea yang asli.
Dilan dan Milea
daengbattala.com
Kalau kamu browsing, maka akan muncul banyak wajah-wajah yang diyakini sebagai orang asli di balik cerita ini. Entah kisah ini beneran nyata atau bukan, yang pasti kehebohan netizen tersebut bikin film Dilan 1990 menjadi salah satu film Indonesia terlaris sepanjang masa dengan raihan 6,3 juta penonton! Kamu termasuk yang baper sama Dilan nggak nih, guys?

2. Teman Tapi Menikah

Film Teman Tapi Menikah
youtube.com
Nah, kalau di film Dilan 1990 netizen harus menebak-nebak siapa orang aslinya, berbeda dengan Teman Tapi menikah yang sudah bisa kita ketahui siapa pemilik ceritanya. Dibintangi oleh Adipati Dolken dan Vanesha Prescilla, film ini memang diadaptasi dari novel best seller dengan judul yang sama, yang merupakan kisah nyata pasangan suami istri selebritis Ayudia dan Ditto. Baik novel dan filmnya, menceritakan tentang usaha Ditto, yang menahan perasaannya terhadap sahabatnya sendiri, Ayu, selama bertahun-tahun.
Ayudia dan Ditto
hipwee.com
Ditto rela menjadi teman yang selalu ada untuk Ayu meskipun sahabatnya tersebut kerap gonta-ganti pacar. Akhirnya suatu saat Ditto mempunyai keberanian untuk mengatakan cinta pada Ayu yang kemudian berakhir pada pernikahan mereka. People just love to watch a happy ending, right?

3. 99 Cahaya di Langit Eropa

99 Cahaya di Langit Eropa
tandapagar.com
Walaupun film ini sudah diproduksi agak lama, yakni pada tahun 2013, tapi kisah di sini nggak ada matinya dan tetap seru untuk ditonton kapanpun. Apalagi, buat kamu yang senang dengan cerita-cerita yang berbau islami. Kisah bermula saat Hanum (Acha Septriasa), seorang jurnalis harus ikut suaminya yang hendak melanjutkan pendidikan doktoral di Eropa. Petualangan Hanum yang awalnya seperti travelling biasa, berubah menjadi perjalanan spiritual yang penuh dengan pelajaran nilai-nilai Islam.
Hanum di Eropa
beritasatu.com
Hanum berkunjung ke empat tempat sekaligus, yakni Vienna, Paris, Cordoba, dan Istanbul. Di tempat-tempat ini Hanum bertemu dengan banyak teman-teman baru yang kemudian saling sharing tentang islam. Ia kemudian mengetahui bahwa setiap kota di Eropa ternyata memiliki sejarah islam yang belum banyak diketahuinya. Selain banyak pelajaran yang bisa kamu ambil, mata kamu juga akan dimanjakan dengan pemandangan dan bangunan-bangunan yang cantik. Wajib masuk daftar judul yang akan ditonton di akhir pekan.

4. 3 Srikandi

Film 3 Srikandi
youtube.com
Ada juga nih film yang terinspirasi dari kisah nyata tiga atlit panahan Indonesia yang berjuang membawa nama negara di olimpiade internasional. Latar belakang diambil di tahun 1988, di mana saat itu Indonesia sedang bersiap mengikutsertakan tim panahan wanita di ajang Olimpiade Musim Panas di Seoul. Dengan persiapan yang singkat, tiga atlet wanita Yana, Lilies, dan Kusuma harus mempersiapkan diri sebaik-baiknya.
Olimpiada 1988
youtube.com
Saat itu, satu-satunya orang yang bisa melatih mereka adalah Donald Pandiangan yang sudah lama vakum di dunia panahan karena sakit hati saat keberangkatannya di olimpiade beberapa tahun sebelumnya dibatalkan. Walaupun Donald akhirnya mau, keberangkatan tiga atlet andalan tersebut juga terancam batal. Di tengah gempuran permasalahan tersebut, mereka akhirnya bisa bertanding dengan baik dan memberikan emas pertama untuk Indonesia. Dibintangi aktor-aktor terkenal seperti Reza Rahadian, Chelsea Islan, dan Tara Basro, cerita ini bakal bikin rasa nasionalisme kamu makin tergugah!

5. Habibie Ainun

Film Habibie Ainun
youtube.com
Nah, kalau cerita cinta yang satu ini kayaknya bakal bikin baper setiap saat ya! Karena, bukan cuma sekadar cinta-cintaan anak SMA, kisah ini merupakan perjalanan hidup yang romantis sekaligus mengagumkan dari tokoh nasional BJ Habibie dan istrinya, Ainun. Kekuatan Ainun menemani sang suami saat sedang dalam masa sulit mengurus negara, serta kesetiaan Habibie yang merawat istrinya saat sedang sakit keras, memang jadi inspirasi buat kita semua.
BJ Habibie dan Ainun
wikipedia.org
Dibintangi dengan apik oleh Reza Rahadian sebagai Habibie dan Bunga Citra Lestari sebagai Ainun, film ini masih terus diperbincangkan sebagai salah satu film terbaik karya anak bangsa. Dari cerita ini kamu bisa mengambil pelajaran tentang arti cinta sejati dan simbiosis mutualisme dalam hubungan.
Itulah lima film Indonesia yang diambil dari kisah nyata. Buat kamu yang seneng baper-baperan di akhir pekan, kamu wajib banget nonton film-film di atas. Walaupun udah nggak beredar di bioskop lagi, kamu masih bisa nonton di situs-situs nonton film secara gratis. Happy watching!
0 Comment