Mumpung Belum Terlambat, Lakukan Hal Ini Agar Anak Terbiasa Bangun Pagi

10 September 2019, at 17:00
0
0
Mumpung Belum Terlambat, Lakukan Hal Ini Agar Anak Terbiasa Bangun Pagi

Bangun pagi merupakan hal yang sulit dilakukan oleh beberapa orang, nggak terkecuali anak-anak. Padahal, kegiatan sepele tersebut bisa membuat lebih sehat, bersemangat, dan mempermudah banyak hal lho.

Si kecil yang sulit dibangunkan untuk berangkat sekolah akan membuat Bunda merasakan banyak drama dan kerepotan karena diburu waktu.

Oleh sebab itu, ada baiknya apabila orang tua membiasakan anak bangun pagi dan disiplin sejak dini dengan cara berikut ini.

1. Mengatur Jam Tidur

jadwal tidur
istockphoto.com

Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk membuat anak terbiasa bangun pagi adalah dengan mengatur jam tidurnya. Sesuaikan waktu dengan kebutuhan istirahat si kecil ya!

Selain itu, Ayah dan Bunda perlu bersikap lebih tegas agar buah hati terbiasa menaati peraturan dan tidur pada waktu yang telah ditentukan.

2. Pastikan Makan Malam Nggak Terlalu Larut

anak sakit perut
babyae.com

Nggak hanya mengatur jam tidur, kamu juga perlu memastikan bahwa jadwal makan malam nggak terlalu larut atau nggak berdekatan dengan waktu tidur.

Pasalnya, Dr. Richard Ferber yang merupakan pendiri Center for Pediatric Sleep Disorders di RS Anak Boston mengatakan bahwa pola tidur dipengaruhi oleh kebiasaan makan malam. Anak akan sulit terlelap dan nggak nyaman saat berbaring apabila perut terlalu penuh.

3. Memberikan Sugesti Sebelum Tidur

sebelum anak tidur
istockphoto.com

Orang tua juga bisa memberikan sugesti pada buah hati sebelum tidur agar anak bisa bangun lebih awal. Cobalah untuk membisikkan kepada anak bahwa ia harus bangun pagi keesokan harinya agar nggak telat sekolah.

Lakukan hal tersebut secara rutin agar alam bawah sadar buah hati tersugesti dan bisa bangun lebih pagi dengan sendirinya.

Baca Juga: Meskipun Sederhana, Hal Ini Jadi Pemicu Utama Anak Merasa Bahagia Lho Bunda

4. Konsisten Membangunkan Anak di Waktu yang Sama

membangunkan anak
rutinapic.pw

Cara membiasakan anak bangun pagi selanjutnya adalah dengan membangunkannya secara lembut dan konsisten setiap hari.

Membangunkan anak dengan berteriak justru akan membuatnya terkejut dan merasa kesal. Hal ini akan membuatnya malas untuk bangun dengan sendirinya lho!

Oleh sebab itu kamu bisa membangunkan anak dengan cara yang halus dan konsisten agar anak terbiasa melakukannya sendiri.

5. Terapkah Sistem Hukuman dan Hadiah

anak bangun pagi
centrespringmd.com

Apabila banyak cara sudah dilakukan akan tetapi tetap nggak berhasil, orang tua bisa menerapkan sistem hukuman dan hadiah.

Kamu bisa memberikan hukuman ringan seperti mencuci piring sendiri, merapikan kamar, dan lain sebagainya apabila buah hati nggak bangun sesuai jadwal. Sebaliknya, janjikan anak untuk melakukan kegiatan kesukaannya apabila bisa menaati jadwal bangun dengan baik.

Nggak terlalu sulit untuk diterapkan kan Sobat Qupas? Semoga setelah melakukan cara di atas si kecil jadi lebih disiplin dan terbiasa bangun pagi ya!

0 Comment