Mumpung Cuaca Cerah, yuk Naik Gunung! Persiapan Ini yang Perlu Kamu Lakukan Agar Kegiatan Mendakimu Lancar

17 July 2018, at 03:43
2
0
Mumpung Cuaca Cerah, yuk Naik Gunung! Persiapan Ini yang Perlu Kamu Lakukan Agar Kegiatan Mendakimu Lancar

Bulan Juli biasanya identik dengan cuaca cerah, ditandai dengan matahari bersinar cerah dan langit terang serta udara yang terasa hangat membuat bulan-bulan ini sangat tepat bagi siapapun untuk melakukan aktivitas luar ruangan termasuk mendaki gunung.

 

Seperti halnya aktivitas berbau petualangan lainnya, mendaki gunung juga membutuhkan kondisi fisik yang prima dan berbagai persiapan yang matang, sebab kegiatan ini dilakukan di alam liar terbuka yang bukanlah habitat manusia. Karenanya,  agar acara mendakimu dapat berjalan dengan lancar, sebaiknya lakukan beberapa persiapan berikut ini:

 

pexels.com

 

Carilah info tentang gunung yang akan didaki

 

Hal pertama yang harus kamu lakukan setelah mendapatkan tujuan gunung yang akan didaki adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya terutama mengenai jalur pendakian, pengalaman pendaki lain, dan juga spot-spot mana yang kira-kira berbahaya untuk dilalui. Jika memang dirasa sulit, nggak ada salahnya juga kamu mencari informasi tambahan tentang guide yang dapat menemanimu selama perjalanan.

 

Tetapkan waktu pendakian

 

Salah satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat akan mendaki adalah menetapkan waktu pendakian. Idealnya, musim kemarau lebih disarankan untuk melakukan aktivitas di alam terbuka termasuk juga untuk mendaki gunung, demi menghindari permukaan tanah yang lebih licin dan juga kondisi fisik yang mudah lemah di musim penghujan.

 

Carilah teman untuk mendaki

 

Sangat tidak direkomendasikan untuk melakukan pendakian seorang diri, carilah minimal 2 teman lain dalam satu kelompok agar jika terjadi hal yang tidak diinginkan, masih ada orang lain yang turun untuk meminta bantuan sedangkan yang lain bisa berjaga di lokasi.

 

Persiapkan fisik dengan baik

 

Untuk melakukan pendakian dengan medan yang sangat menantang, diperlukan persiapan fisik yang prima. Karenanya, lakukan persiapan fisik setidaknya dua bulan sebelumnya dengan rutin melakukan olahraga kardio seperti lari setidaknya seminggu dua kali.

 

Lengkapi bekal perjalanan

 

Pastikan untuk melengkapi barang bawaan wajib seperti obat-obatan pribadi, senter, kaos kaki, jas hujan, celana gunung, jaket, baju untuk ganti, matras, air minum, makanan yang praktis, dan lain sebagainya sehingga perjalanan aman dan nyaman.

 

Nah, itulah beberapa persiapan yang wajib kamu lakukan sebelum melakukan acara pendakian. Mumpung cuaca cerah, berpetualang di gunung, yuk.

0 Comment