Mumpung Masih Muda, Hindari Kebiasaan yang Membahayakan Tulang Belakang Berikut Ini

13 April 2019, at 00:00
0
0
Mumpung Masih Muda, Hindari Kebiasaan yang Membahayakan Tulang Belakang Berikut Ini

Kamu pasti pernah melihat nenek, kakekmu, atau orang yang sudah berumur mengeluhkan sakit punggung atau area sekitarnya, kan?

Mungkin menurutmu hal tersebut merupakan penyakit yang wajar dialami oleh orang tua. Padahal, sakit di bagian tulang belakang bisa nggak kamu alami dengan menghindari penyebabnya sejak dini, lho.

Mumpung masih muda, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menghindari hal-hal yang akan membuatmu menderita di masa tua.

Baca Juga: Bangun Pagi, Kebiasaan Kecil yang Nggak Gampang Dilakukan Tapi Punya Manfaat Besar

Berikut ini kebiasaan-kebiasaan yang sebaiknya nggak kamu lakukan karena bisa berbahaya bagi tulang belakang.

1. Merokok

merokok
pexels.com/@steinportraits

Semua orang pasti sudah tahu dong kalau merokok merupakan kebiasaan yang nggak sehat, terutama untuk paru-paru.

Tapi siapa sangka, kebiasaan yang satu ini ternyata juga bisa berpengaruh pada kesehatan tulang belakang. Menurut sebuah penelitian, orang yang merokok memiliki peluang 3 kali lebih besar untuk mengalami penyakit tersebut.

kebiasaan merokok
pexels.com/@radu-florin-733771

Hal ini karena kandungan di dalam rokok dapat mengganggu sistem peredaran darah, termasuk tulang dan punggung. Sehingga bantalan tulang punggung akan cepat rusak.

Mumpung masih muda, cobalah untuk mengurangi rokok dan mulai berolahraga agar tetap bisa aktif dan nyaman bergerak saat sudah tua.

2. Makan Terlalu Banyak

makan terlalu banyak
pexels.com/@daria

Siapa nih yang suka makan banyak dan berat badannya naik berlebihan? Kamu harus berhati-hati karena kebiasaan tersebut secara nggak langsung bisa merusak tulang belakangmu.

Berat badan yang berlebihan bisa meregangkan tulang dan otot punggung, termasuk bagian tulang belakang, lho. Maka dari itu cobalah untuk mulailah untuk memperhatikan porsi makanmu ya!

3. Menggunakan High Heels

memakai high heels
pexels.com/@kaboompics

Bagi sebagian perempuan, menggunakan high heels atau sepatu berhak tinggi merupakan sebuah keharusan. Alasannya, karena hal tersebut bisa mendukung atau membuat penampilan menjadi lebih menarik.

Tapi tahu nggak sih kalau kebiasaan tersebut bisa bikin kamu tersiksa dengan sakit punggung di masa tua?

sering menggunakan high heels
pexels.com/@godisable-jacob-226636

Selain akan membuatmu menjadi cepat lelah, penggunaan high heels juga akan mengganggu postur tubuh dan menyakiti tulang belakang. Usahakan untuk menggunakannya seminimal mungkin pada momen-momen tertentu dan dengan jangka waktu yang singkat saja, ya!

Baca Juga: Manfaat Mengejutkan Sepotong Keju, Bisa Sehatkan Tulang!

4. Mengonsumsi Makanan Manis

mengonsumsi makanan manis
pexels.com/@anete-lusina-464706

Mengonsumsi makanan manis ternyata juga bisa menyebabkan rasa sakit di tulang belakang, lho. Hal ini karena kadar gula yang tinggi dapat mengakibatkan inflamasi dan mengurangi asupan nutrisi ke dalam tubuh.

Oleh sebab itu, sebaiknya perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein dan serat tinggi agar dapat membangun jaringan otot dan tulang menjadi lebih kuat.

5. Cara Duduk

cara duduk
pexels.com/@minan1398

Coba kamu perhatikan atau ingat-ingat bagaimana postur tubuhmu saat beraktivias, apakah sudah sesuai dengan anjuran atau belum.

Posisi duduk yang nggak baik seperti membungkuk akan merusak tuulang belakang, menyebabkan nyeri punggung, menghambat pernapasan, bahkan menimbulkan sakit kepala lho.

Mulailah mengatur cara duduk yang baik, yaitu dengan tegak tanpa membungkuk agar di hari tua nanti punggungmu bisa nyaman tanpa rasa sakit.

6. Cara Mengangkat Barang

cara mengankat barang
shutterstock.com

Selain cara duduk, cara mengangkat barang juga bisa menjadi penyebab masalah tulang belakang. Aktivitas yang sering dilakukan dalam keseharian ini dapat memberikan tekanan yang berlebih pada area tersebut.

Maka dari itu, mulailah mengangkat barang dengan cara yang benar. Kamu harus mensejajarkan kaki dengan bahu, tekuk pinggul dan lutut saat membungkuk, dan letakkan beban dengan tubuhmu.

Baca Juga: Manfaat Rajin ke Pantai, Dari Hilangkan Stres Hingga Sehatkan Tulang

Nah, itu dia Sobat Qupas kebiasaan-kebiasaan yang harus dihindari agar nggak memiliki masalah di tulang belakang saat tua nanti.

Mumpung masih muda, ayo terapkan pola hidup sehat sedini mungkin. Nggak ada kata terlambat selama kita mau mencoba dan berusaha kok.

0 Comment