Muncul Benjolan di Leher Seperti Raffi Ahmad? Waspadai 7 Penyakit Ini

05 July 2019, at 02:00
0
0
Muncul Benjolan di Leher Seperti Raffi Ahmad? Waspadai 7 Penyakit Ini

Jadwal syuting yang padat dan istirahat yang kurang nampaknya membuat Raffi Ahmad mengalami masalah kesehatan. Presenter yang memulai karirnya sejak usia 19 tahun tersebut disebut-sebut mengalami gejala yang sama dengan Olga Syahputra yaitu benjolan pada leher sebelum meninggal.

Kendati demikian, suami Nagita Slavina tersebut menjelaskan bahwa benjolan pada lehernya terjadi karena adanya keloid atau luka pada pita suaranya akibat dipakai secara berlebihan.

Oleh sebab itu, dokter menyarankan agar Raffi segera melakukan operasi pengambilan keloid dan mengistirahatkan pita suaranya selama tiga sampai enam bulan agar nggak semakin parah dan berujung pada kehilangan suara.

Baca Juga: Jangan Keburu Panik, Benjolan di Leher Belum Tentu Kanker Kok!

Selain yang terjadi pada Raffi Ahmad, berikut ini 7 penyakit penyebab benjolan di leher yang harus kamu ketahui dan waspadai.

1. Cedera Otot Leher

cedera otot leher
gettyimages.com

Salah satu penyakit yang bisa menyebabkan benjolan di leher adalah cedera pada otot atau sering disebut dengan tortikolis.

Hal tersebut biasanya terjadi karena pergeseran tulang belakang daerah leher. Selain itu, tortikolis juga dapat disebabkan oleh adanya tumor di daerah tulang belakang.

2. Lipoma

lipoma
doktorsitesi.com

Selain cedera otot leher, lipoma juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya benjolan pada lehermu lho. Masalah kesehatan ini berupa gumpalan lemak yang tumbuh lambat dan sering rerjadi diantara kulit dan lapisan otot yang mendasarinya.

Benjolan yang disebabkan oleh lipoma biasanya tampak pucat, lunak, bergerak apabila ditekan menggunakan jari, dan nggak berbahaya.

3. Kista Epidermoid

kista epidermoid
123rf.com

Kista epidermoid merupakan benjolan kecil bukan kanker yang terletak di bawah kulit dan bisa muncul dimana saja termasuk leher.

Benjolan ini biasanya nggak sakit dan tumbuh lambat sehingga jarang menyebabkan masalah dan memerlukan penanganan khusus. Namun kamu sebaiknya mengangkat kista tersebut apabila terasa sakit, pecah, atau terinfeksi.

Baca Juga: Batuk Tak Kunjung Sembuh? Waspadai 5 Penyakit Ini

4. Tuberkulosis (TBC)

tbc
istockphoto.com

Siapa sangka, tuberkulosis atau TBC ternyata nggak hanya menyerang kesehatan paru-paru saja melainkan dapat juga menginfeksi bagian lain seperti kelenjar getah bening.

Masalah kesehatan ini diawali dengan deman berkepanjangan, nafsu makan menurun, batuk nggak kunjung sembuh, serta benjolan di beberapa tempat.

Benjolan pada penderita TBC biasanya muncul di leher secara berkelompok dan dapat pecah serta mengeluarkan cairan seperti nanah sewaktu-waktu.

5. Abses Leher

abses leher
shutterstock.com

Penyakit lain yang dapat menyebabkan bejolan adalah abses leher. Masalah kesehatan tersebut terjadi akibat adanya akumulasi nanah karena infeksi pada ruang-runag di antara struktur leher.

Ketika pengumpulan nanah meningkat, ada perluasan ruang jaringan lunak, yang mendorong terhadap struktur di leher, seperti lidah, kerongkongan, dan dalam kasus yang lebih parah, tenggorokan atau trakea.

6. Struma

struma
honestdocs.id

Struma adalah benjolan di leher yang nggak sakit dan disebabkan oleh pembesaran kelenjar gondok atau tiroid.

Masalah kesehatan ini dapat disebabkan oleh infeksi, autoimun, dan ketidakseimbangan hormon yang dilepaskan oleh kelenjar tersebut.

Selain itu, struma juga dapat disebabkan oleh adanya sel-sel yang pertumbuhannya abnormal. Bila sel itu adalah tumor ganas biasanya benjolan malah cepat membesar sehingga harus segera diangkat.

7. Gangguan Kelenjar Getah Bening

gangguan kelenjar getah bening
agefotostock.com

Benjolan di leher juga dapat disebabkan oleh adanya gangguan pada kelenjar getah bening. Hal tersebut dapat diakibatkan oleh infeksi pada kulit kepala, sinus, amandel, tenggorokan, gusi, gigi maupun kelenjar ludah.

Infeksi tersebut biasanya disebabkan oleh virus dan bakteri. Pembesaran kelenjar getah bening dalam jangka waktu yang cepat juga dapat disebabkan oleh adanya sel kanker.

Baca Juga: Waspadai Gejala Penyakit Kelenjar Getah Bening Sebelum Terlambat

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal mengenai penyakit penyebab terjadinya benjolan di leher yang perlu kamu ketahui.

Apabila benjolan tersebut terasa sakit dan mengganggu, lebih baik segera perikasakan diri ke dokter agar bisa mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat.

0 Comment