Muncul Garis Putih di Kuku, Pertanda Apakah Itu?

05 August 2018, at 08:00
0
0
Muncul Garis Putih di Kuku, Pertanda Apakah Itu?

Garis atau bintik putih yang muncul pada kuku, sebenarnya sangat umum terjadi pada semua orang. Kondisi ini tidak berbahaya, karena biasanya muncul akibat terjadinya trauma ringan pada kuku yang sedang tumbuh, yang kehadirannya seringkali tidak disadari karena pertumbuhan kuku yang cenderung lambat.

 

Disebut dengan leukonychia, kondisi ini juga menandakan adanya infeksi ringan yang terjadi pada kuku, alergi, atau efek samping dari pengobatan tertentu. Tidak perlu panik jika kemunculannya hanya pada satu atau beberapa kuku jari, tetapi waspadailah apabila garis putih muncul begitu banyak dan hampir di semua kuku jari, terutama jari tangan. Bisa jadi hal itu merupakan sinyal adanya kondisi gangguan medis yang cukup serius pada tubuhmu, misalnya seperti penurunan fungsi ginjal, anemia, atau bahkan diabetes.

 

cosmopolitan.com


Berikut ini beberapa jenis leukonychia atau garis putih pada kuku dan artinya bagi kesehatan.

 

Leukonychia totalis

 

Ditandai dengan garis putih yang muncul di seluruh bagian kuku jari, Leukonychia totalis bisa jadi menandakan kurangnya albumin di dalam tubuh yang merupakan gejala gagal ginjal, gagal liver, atau kesulitan menyerap protein makanan.

 

Leukonychia partialis

 

Pada kondisi ini, garis putih akan muncul di bagian lempeng kuku atau disebut juga dengan nail plate yang ditandai dengan titik putih yang menandakan bahwa tubuh perlu mendapatkan perhatian medis.

 

Leukonychia striata

 

Leukonychia jenis ini terjadi apabila garis putih pada kuku tampak seperti garis sejajar dengan pangkal kuku. Munculnya leukonychia striata biasanya merupakan sinyal bahwa tubuh kekurangan vitamin dan nutrisi, atau bisa juga menjadi pertanda adanya gangguan pada jantung, liver, dan hati.
 

Leukonychia punctata

 

Garis putih pada kuku jenis ini merupakan leukonychia yang paling sering ditemui. Biasanya leukonychia punctata disebabkan oleh trauma atau cedera pada kuku yang akan menghilang setelah kuku melakukan regenerasi.
 

Jika menemukan kondisi seperti yang disebutkan di atas, segera konsultasikan pada dokter terutama jika kemunculannya dirasa tidak normal. Jadi, selain mempercantik kuku ada baiknya juga memperhatikan kesehatan dan juga kelainan yang mungkin terjadi pada kukumu.

0 Comment