Muncul Purging Setelah Coba Skincare Baru, Wajar atau Nggak Cocok ya?

08 April 2019, at 11:00
0
0
Muncul Purging Setelah Coba Skincare Baru, Wajar atau Nggak Cocok ya?

Istilah purging sering dipakai untuk menyebut jerawat atau beruntusan yang muncul setelah mencoba skincare baru. Dalam tahap ini, kulit memang dikatakan sedang melakukan adaptasi.

Tapi sebenarnya, gimana sih caranya untuk mengetahui kalau itu efek purging atau memang reaksi wajah yang ternyata nggak cocok sama suatu produk?

Nah, kalau kamu juga masih bingung dengan hal-hal seputar skin-purging, Qupas akan bantu meluruskannya.

ciri ciri wajah purging
stylecraze.com

Skin-purging umumnya muncul karena bahan aktif pada produk perawatan sedang bekerja dan melakukan pembersihan. Salah satunya dengan cara mempercepat siklus pergantian sel kulit.

Itulah mengapa, calon jerawat yang masih berupa whitehead di dalam kulit akan 'keluar' secara bersamaan dan lebih cepat matang. Kemudian setelah itu, wajah akan mulai menunjukkan hasil nyata dari skincare yang dipakai.

Lalu, bagaimana caranya untuk membedakan efek purging dengan reaksi wajah yang nggak cocok pada suatu produk perawatan?

purging setelah coba skincare baru
shakura.com.sg

Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia, Dr. Abraham Arimuko, Sp. KK mengatakan bahwa efek purging bisa dianggap normal bila dihasilkan oleh skincare racikan dokter.

Karena memang dokter sudah tahu dengan prosedur juga cara menanganinya.

Baca juga: Jangan Sembarangan, Ini Cara Tepat Merawat Wajah Setelah Lepas dari Krim Dokter

Nah, kalau munculnya jerawat atau beruntusan adalah efek dari penggunaan skincare baru yang dijual di pasaran, itu nggak bisa dianggap purging lagi.

Tapi, skincare yang baru saja dicoba bisa dikatakan nggak cocok untuk kulitmu. Apalagi kalau efeknya berkelanjutan sampai berminggu-minggu.

skincare dengan aha bha
blogspot.com

Ciri-ciri purging lainnya adalah, jerawat atau beruntusan hanya bisa muncul dari bahan aktif yang mampu meningkatkan pergantian sel kulit. Misalnya retinoid dan asam hidroksi seperti  Beta Hydroxy Acid (BHA) dan Alpha Hydroxy Acid (AHA).

Nah, kalau skincare baru yang dipakai bebas dari kandungan lactic acid, glycolic acid, salicylic acid, asam hidroksi, dan retinol tapi muncul jerawat, berarti itu adalah reaksi dari kulit yang memang nggak cocok.

jerawat di rahang
theprettypimple.com

Dan perlu diingat juga, purging hanya bisa muncul di area yang sering timbul jerawat. Nah, kalau wajahmu ada breakout di bagian yang nggak semestinya, seperti rahang misalnya, bisa jadi itu adalah reaksi negatif dari skincare yang kamu pakai.

Skin-purging memang nggak berbahaya, tapi bila dalam waktu satu bulan kulitmu jadi comedogenic, berjerawat, juga beruntusan, itu berarti kamu harus menghentikan pemakaian produk perawatan yang baru dicoba sekarang juga.

Nah, itulah serba-serbi skin-purging yang wajib kamu ketahui. Sudah nggak bingung lagi kan?

0 Comment