Muncul Wacana Haram untuk PUBG, Ini Dampak Game Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Tahu

23 March 2019, at 03:00
0
0
Muncul Wacana Haram untuk PUBG, Ini Dampak Game Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Tahu

Teror penembakan yang terjadi di Masjid An Nur Christchurch dan Lindwood Islamic Center, Selandia Baru pada Jumat (15/03/19) kemarin menyisakan duka yang mendalam.

Peristiwa penembakan tersebut kemudian dikaitkan dengan game-game yang dinilai dapat memberikan dampak buruk serta menstimulus seseorang untuk berbuat kejahatan, temasuk Player Unknown’s Battlegrounds (PUBG).

Oleh sebab itu, MUI (Majelis Ulama Indonesia) Jabar mempertimbangkan fatwa haram untuk game PUBG. Keputusan ini diikuti oleh MUI pusat yang menyatakan akan membuat kajian serupa.

Baca Juga: Tanda-Tanda Ini Tunjukkan Pekerjaanmu Tak Baik untuk Kesehatan

Terlepas dari hal tersebut, berikut ini dampak buruk bermain game dilihat dari sisi kesehatan yang harus kamu ketahui.

1. Carpal Tunnel Syndrome

carpel tunnel syndrome
tiresandparts.net

Carpal Tunnel Syndrome atau cedera otot tangan bisa ditandai dengan kesemutan, mati rasa, dan kerusakan otot pada pergelangan tangan dan jari. Kondisi ini disebabkan oleh tekanan dan ketegangan saraf di pergelangan tangan.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa tidak ada hubungan antara penyakit ini dengan bermain game, akan tetapi studi membuktikan bahwa risiko yang dimiliki oleh pemain game lebih tinggi daripada yang tidak.

2. Migrain

migrain
honestdocs.id

Salah satu dampak negatif bermain game pada kesehatan adalah sakit kepala sebelah atau migrain. Penyakit ini memang sering menyerang orang dengan kesibukan ekstra yang terkadang melupakan makan dan minum.

Selain itu, terlalu lama duduk baik itu di depan layar hp, laptop, komputer, atau tidak melakukan apa-apa juga bisa menjadi penyebabnya.

3. Insomnia

insomnia
naturalform.com

Game memang merupakan sesuatu yang menyenangkan dan membuat candu. Banyak orang yang sampai mengalami gangguan tidur atau insomnia karenanya.

Hal ini disebabkan oleh otak yang mendapatkan stimulasi dan menatap layar berlebihan saat bermain game.

Selain itu, gangguan tidur juga akan muncul karena seseorang memikirkan game yang dimainkan terlalu berlebihan karena intensitas permainan.

4. Sakit Punggung

sakit punggung
verywellfit.com

Sakit punggung termasuk gangguan muskuloskeletal yang ditimbulkan akibat penggunaan komputer yang melebihi batas normal. Ini merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh orang yang kecanduan game.

Ketika sedang asyik bermain, biasanya seseorang akan duduk selama berjam-jam dengan posisi yang sama. Kurangnya gerakan tubuh akan membuat punggung menjadi kaku dan nyeri.

Baca Juga: Penyebab Sakit Pinggang Ini Jarang Diketahui

5. Peradangan pada Mata

peradangan pada mata
honestdocs.id

Kecanduan bermain video geme juga bisa menyebabkan peradangan pada mata. Hal ini terjadi karena paparan radiasi yang terpancar dari layar gawai yang digunakan.

Efek dari radiasi bisa bermacam-macam, salah satu pengguna Facebook bernama AaDeden Kusumah sempat membagikan cerita mata bengkaknya yang disebabkan keseringan bermain game hingga larut malam.

6. Ambeien

ambeien
honestdocs.id

Bermain game biasanya akan membuat seseorang betah duduk berlama-lama dalam posisi yang sama. Hal ini menyebabkan peredaran darah tidak lancar dan mendesak vena yang ada di daerah anus.

Akibatnya, akan terjadi ambeien atau wasir akibat pembuluh darah yang bengkak.

7. Berkurangnya Metabolisme Tubuh

berkurangnya metabolisme tubuh
pexels.com/@jamie-mcinall-318866

Video game memang asyik untuk dimainkan, akan tetapi kegiatan tersebut sangat minim dengan aktivitas fisik. Hal inilah yang menyebabkan metabolisme tubuh menurun.

Apabila hal ini dilakukan terus-menerus, dalam jangka panjang massa otot akan menurun, terjadi obesitas, bahkan bisa menurunkan kekebalan tubuh.

8. Makan dan Istirahat yang Tidak Teratur

makan dan istirahat tidak teratur
pexels.com/@pixabay

Kecintaan terhadap bermain game terkadang membuat seseorang melupakan berbagai hal, termasuk makan dan istirahat yang menjadi tidak teratur.

Padahal, apabila dilakukan terus-menerus maka hal ini akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Nah, itu dia Sobat Qupas dampak game pada kesehatan yang harus kamu ketahui. Tetap perhatikan kondisi tubuh dalam kondisi apapun, ya!

0 Comment