Muncul Wacana Pemindahan Ibu Kota Indonesia, 8 Negara Ini Sudah Melakukannya

06 May 2019, at 12:00
0
0
Muncul Wacana Pemindahan Ibu Kota Indonesia, 8 Negara Ini Sudah Melakukannya

Akhir-akhir ini, beredar wacana pemindahan ibu kota negera Indonesia dari DKI Jakarta ke kota lain. Hal ini diusulkan oleh Presiden Joko Widodo pada rapat terbatas beberapa waktu yang lalu.

Sebenarnya, wacana tersebut sudah pernah muncul beberapa tahun yang lalu namun kemudian menghilang karena nggak adanya kepastian.

Wacana pemindahan ibu kota tersebut pun memunculkan banyak komentar dari masyarakat, ada yang pro dan kontra. Sabagian besar menganggap bahwa hal tersebut terlalu sulit dan menghabiskan banyak dana.

Baca Juga: Fakta Unik Pemilihan Umum di Seluruh Dunia, Ada yang Pakai Kelereng!

Meskipun demikian, ternyata 8 negara besar ini pernah memindahkan ibu kotanya lho!

1. Rusia

rusia
pexels.com/@julius-silver-240301

Kamu pasti tahu bahwa ibu kota negara Rusia saat ini adalah Moskow. Tetapi ternyata negara besar tersebut pernah memindahkan pusat pemerintahannya lho.

Pada abad ke-14 hingga tahun 1712, Moskow memang sudah menjadi ibu kota Kekaisaran Rusia. Namun tahun 1917 negara tersebut memindahkan ibu kota ke St. Petersburg dengan tujuan agar lebih dekat dengan Eropa.

Entah mengapa, satu tahun kemudian Rusia kembali menetapkan Moskow menjadi ibu kota negara sampai saat ini.

2. Brazil

brazil
worldpopulationreview.com

Rio de Jeneiro merupakan salah satu kota di Brazil yang terkenal dengan keindahannya sehingga memiliki banyak wisatawan.

Siapa sangka, kota yang penuh sesak tersebut pernah menjadi ibu kota negara Brazil sebelum pada akhirnya mereka membangun kota baru dengan nama Brasilia.

Brazil merupakan negara yang dianggap sukses dan dijadikan sebagai contoh dalam pemindahan ibu kota karena Brasilia berhasil tumbuh dengan pesat.

3. Inggris

inggris
pexels.com/@oleg-magni

Inggris merupakan salah satu negara maju yang menjadi kiblat bagi banyak negara berkembang. Ternyata, negara ini pun sebelumnya nggak berpusat di London lho.

Sebelumnya, ibu kota negara Inggris Winchester sebelum dipindahkan ke London pada tahun 1066 oleh pemerintah.

4. Australia

australia
canberra.com.au

Saat ini, kamu mengenal Canberra sebagai ibu kota negara Australia. Sebelumnya, posisi tersebut diisi oleh kota Melbourne lho.

Pada tahun 1911, pemerintah Australia mengadakan sayembara pemilihan ibu kota dengan kriteria harus memiliki taman kota yang besar. Canberra lah satu-satunya yang memenuhi syarat tersebut sehingga menjadi ibu kota hingga sekarang.

Baca Juga: Negara-Negara Ini Punya Jam Istirahat Paling Panjang, Jadi Ingin Pindah!

5. Pakistan

pakistan
m.kun.uz

Pada tahun 1959, pemerintah Pakistan memutuskan untuk memindahkan ibu kota negaranya dari Karachi ke Islamabad.

Bukan hal yang mudah, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk membangun Islamadab sebagai ibu kota negara.

6. Kazakhstan

kazakhstan
tourradar.com

Setelah mendapatkan kemerdekaan dari Uni Soviet pada tahun 1991, Almaty ditetapkan menjadi ibu kota negara Kazakhstan.

Namun 6 tahun kemudian, pemerintah memutuskan untuk memindahkan ibu kota ke Astana di sebelah utara. Hal ini dilakukan karena Almaty terlalu sering dilanda gempa bumi dan dekat dengan negara-negara yang baru merdeka sehingga rentan terhadap gejolak politik.

7. Nigeria

nigeria
guardian.ng

Lagos merupakan ibu kota Nigeria sebelum digantikan oleh Abuja pada tahun 1991. Hal tersebut dilakukan karena faktor kepadatan penduduk yang sudah nggak bisa ditanggulangi.

Nggak cuma itu, Kota Abuja juga sengaja di bangun di daerah tengan Nigeria dan dianggap lebih netral bagi banyak kelompok dan etnis di negara tersebut.

8. Tanzania

tanzania
ants-in-pants.com

Tanzania juga merupakan salah satu negara yang memindahkan ibu kota negaranya. Pemindahan tersebut dimulai pada tahun 1973 dari Dar es Salaam ke Dodoma.

Sayangnya sampai saat ini pemindahan ibu kota negara tersebut belum selesai karena sebagian besar kementerian dan kedutaan masih bertahan di Dar es Salaam.

Baca Juga: Negara-Negara Ini Punya Bendera Sama, Awas Keliru!

Memindahkan ibu kota negara bukan sesuatu yang mudah dan dapat dilakukan dengan cepat. Mungkin hal tersebut akan membantu pemerataan dalam berbagai bidang di setiap daerah, namun biaya yang dibutuhkan akan sangat besar.

Oleh sebab itu, banyak hal yang harus dipikirkan secara matang oleh pemerintah apabila benar-benar ingin memindahkan ibu kota Indonesia.

0 Comment