Museum Al Quran, Wisata Religi di Palembang yang Bikin Libur Lebaran Lebih Bermakna

04 June 2019, at 04:00
2
0
Museum Al Quran, Wisata Religi di Palembang yang Bikin Libur Lebaran Lebih Bermakna

Lebaran telah tiba, itu artinya sebagian besar masyarakat Indonesia akan melakukan tradisi setiap tahun yaitu mudik atau pulang kampung.

Buat kamu yang pulang kampung ke Palembang atau melewati daerah tersebut, nggak ada salahnya jika mampir mengunjungi tempat wisata religi di sana.

Nggak hanya berlibur, sebagai umat muslim kamu juga akan semakin dibuat kagum dengan keindahan dan kebesaran Tuhan saat berkunjung ke Museum Al Quran di Palembang ini.

Baca Juga: 5 Wisata Religi di Jawa Timur yang Bisa Kamu Kunjungi Bersama Keluarga

1. Tentang Museum Al Quran Raksasa Palembang

museum al quran
goodnewsfromindonesia.id

Pada Museum Al Quran Raksasa, seperti namanya terdapat sebuah Al Quran yang sangat besar. Terbuat dari kayu, kitab suci tersebut dilengkapi dengan tajwid serta doa khatam bagi para pemula.

Al Quran tersebut merupakan hasil seni anak bangsa yang bernama Sofwatillah Mohzaib. Mulai dirancang pada tahun 2002, karya menakjubkan dari kayu cokelat dengan huruf arab timbul bernuansa kuning emas tersebut rampung pada tahun 2009.

al quran raksasa
aktual.com

Pada 1 Muharran 1423 atau 15 Maret 2002, Al Quran tersebut sudah dipamerkan dalam acara peringatan Tahun Baru Islam. Namun, kitab suci tersebut baru diluncurkan secara resmi pada 14 Mei 2009 di Masjid Agung Palembang.

2. Wisata Religi Kebanggaan Sumatera Selatan

muslim
pexels.com/@mentatdgt-330508

Museum Al Quran Raksasa tersebut merupakan salah satu destinasi wisata religi yang paling diunggulkan dan menjadi kebanggan Sumatera Selatan.

Bagaimana nggak, proses pembuatan yang nggak mudah dan luar biasanya tersebut diselesaikan oleh tangan kreatif anak daerah tersebut sendiri.

Nggak hanya itu, Al Quran raksasa tersebut bukan hanya tersohor di Indonesia melainkan juga diakui oleh dunia Internasional.

3. Cocok Dikunjungi Saat Puasa Atau Lebaran

wisata religi
instagram.com/umarabduljabbar18

Saat sedang berada di Palembang atau melewatinya saat mudik, Museum Al Quran Raksasa ini sangat cocok menjadi tempat yang kamu kunjungi.

Pasalnya, tempat tersebut bukan hanya sekadar wisata biasa. Kamu bisa sekaligus merasakan euforia lebaran yang lebih kental karena berada di tempat yang religius.

Baca Juga: 5 Wisata Palembang yang Murah Meriah Sampai Gratis, Yuk Mampir!

4. Masuk Rekor MURI

museum al quran
ganaislamika.com

Museum Rekor Indonesia atau MURI telah menobatkan Al Quran raksasa tersebut sebagai yang terbesar dan terberat di dunia.

Di dalamnya terdapat lembaran Al Quran yang diukir pada papan kayu dengan ukuran yang sangat besar. Al Quran tersebut secara keseluruhan berjumlah 30 Juz yang terdiri dari 5 lantai, tingginya mencapai 15 meter dengan lebar 8 meter.

5. Cara ke Museum Al Quran di Palembang

museum
suzannita.com

Lantas, bagaimanakah cara pergi ke Museum Al Quran Raksasa Pelembang tersebut? Karena tempatnya mudah diakses, kamu bisa pergi ke sana dengan berbagai transportasi dengan alamat tujuan Gandus kota Palembang.

Usahakan untuk menyiapkan uang Rp5.000,00 atau lebih untuk membayar biaya masuk yang akan digunakan untuk perawatan Al Quran. Nggak cuma itu, kamu bisa datang di hari apa saja mulai puluk 09.00 sampai 18.00 sore ya!

Nah itu dia Sobat Qupas wisata religi Palembang yang harus kamu ketahui. Jadi tertarik untuk mampir nggak nanti?

0 Comment