Qupas Food

Museum Kereta Api Ambarawa Punya 8 Menu Makanan yang Wajib Dikunjungi

16 September 2018, at 03:30
Museum Kereta Api Ambarawa Punya 8 Menu Makanan yang Wajib Dikunjungi

Main-main ke kota Ambarawa sambil belajar tentang sejarah di museum kereta api Ambarawa. Bisa naik kereta api uap yang sudah berusia ratusan tahun. Wah, gimana ya rasanya? Ditambah lagi, sobat Qupas bisa melihat pemandangan sawah yang khas!

Menikmati indahnya pedesaan dengan hawa udara kotanya pun dingin menyejukkan hati, nggak heran kalau banyak pengunjung yang berburu masakan enak daerah museum kereta api. Makin dingin daerahnya, makin tambah lapar perutnya. Bukan bergitu sobat Qupas?

Berikut delapan restoran di sekitar museum kereta api Ambarawa yang bisa kamu singgahi,

Baca juga: 7 Restoran di Jogja Berlatarkan Sawah, Sensasi Makan Pakai Camping!

1. Serabi Kuah Ambarawa

serabi kuah ambarawa
instagram.com/joanshartono

Kuliner Ambarawa adalah serabi kuah santan dan gula merah yang hangat. Satu porsinya hanya 10ribu rupiah saja, sobat Qupas bisa memilih varian warna putih polos, cokelat, atau hijau. Nggak ada aneka topping tertentu untuk serabi kuah ini, justru itulah yang menjadi ciri khas serabi kuah Ambarawa yang wajib kamu cobain dalam keadaan masih hangat. Dimasak dengan cara tradisional, tungku diatas bara api yang masih menyala.

Berlokasi di : Sepanjang jalan Ngampin, Ambarawa.

Buka dari : 24jam.

2. Pecel Mbok Kami

pecel mbok kami
instagram.com/kulinerambarawa

Kalau sudah ada di museum kereta api Ambarawa, jangan segan untuk mempir juga ke daerah Goa Maria. Di sana ada banyak penjual makanan khas tradisional. Apalagi kalau kuliner Ambarawa yang enak dan cita rasa khas pedas manis. Daya tarik makanan ini adalah bumbu kacangnya yang melimpah dengan potongan tempe gembos goreng, bakwan sayur, dan tahu. Jadi makan ingin nambah terus.

Berlokasi di : Jalan Goa Maria-Kerep, Ambarawa.

Buka dari : 07:00-17:00 Wib

3. Gudeg Koyor

gudeg koyor
instagram.com/gudeg_koyor

Ambarawa juga punya gudeg koyor yang wajib di coba para food hunter, biar nggak cuman yang ala-ala Jogja saja. Tekstur gudegnya nggak semanis yang ada di Yogyakarta, tapi kuliner khas Ambarawa ini memiliki rasa yang gurih dan sedikit basah. Disajikan dengan nasi hangat dan teh manis hangat yang semakin menambah nafsu makan. Jadi makin lahap deh untuk memakannya.

Berlokasi di : Warung Gudeg Bu Naryo, Jalan Pemuda no.16, Ambarawa.

Buka dari : 07:00-17:00 Wib

4. Gecok Kambing

gecok kambing
instagram.com/kulinerambarawa

Gecok kambing yang ada di dekat museum kereta api Ambarawa ini sudah ada sejak tahun 1957. Jadi, kuliner Ambarawa yang legendaris. Olahan daging kambing yang punya segudang kadar kolesterol dalam satu piring ini, digemari oleh para pejabat di daerah Semarang loh. Walau tempatnya sedikit kecil, namun kuah pedas dari gecok kambing ini selalu melekat di lidah.

Berlokasi di : Gecok Tlogo Bu Tini, Jalan Raya Tuntang.

Buka dari : 16:00-01:00 Wib

Baca juga: 5 Makanan dengan Nama 'Solo' ini bikin Kamu Langsung Kepengen

5. Sate Pak Kempleng

sate pak kempleng
instagram.com/anniesashofati

Setelah capek seharian berkeliling museum kereta api Ambarawa, kamu bisa langsung menuju ke daerah cuci mobil yang ada di sana. Di daerah sana ada sate pak kempleng dengan bumbu manis kecap yang merasuk dalam daging. Harganya murah meriah kok, satu tusuknya hanya 5ribu rupiah.

Berlokasi di : Jalan Diponegoro no.217, Genuk, Ungaran.

Buka dari : 08:30-20:30 Wib

6. Bubur Gudeg

bubur gudeg
instagram.com/gembulfoodie

Menu sarapan pagi di sekitar museum kereta api Ambarawa adalah bubur gudeg. Bubur dengan sajian gudeg dan bumbu kacang diatas yang menambah nikmat di pagi hari. Apalagi dengan kuah santan gudeg yang manis dan gurih. Jadi ingin memakannya lagi dan lagi.

Berlokasi di : Depan toko keris, Ambarawa.

Buka dari : 09:00-17:00 Wib

7. Es Pon Bang Adi

es pon bang adi
instagram.com/lewatungaran

Kalau tadi sudah menyantap yang berkuah santan dan pedas, kini saatntya mengguyur mulut dan lidah dengan yang segar. Ada es pon bang adi yang bisa dicoba, tapi kamu harus rebutan untuk bisa meminumnya. Ada isian es krim, kolang-kaling, dawet, rumput laut, alpukat, dan agar-agar. Pokoknya banyak deh isiannya. Bervariasa pula, makin segar dan menyehatkan nih.

Berlokasi di : Pasar pon ambarawa

Buka dari : 08:00-13:00 Wib

8. Es Campur Bledex

es campur bledex
instagram.com/devishin

Es campur bledex ini memiliki rasa manis sirup strowberry dengan isian es campur pada umumnya. Hanya saja ada tambahan rumput laut dan agar-agar yang diparut agar ada sensasi krenyes-krenyes saat memakannya. Segar, melegakkan tenggorokan, dan seru untuk memakannya.

Berlokasi di : Pasar bandungan, Ambarawa

Buka dari : 09:00-17:00 Wib

Kuliner di dekat museum kereta api Ambarawa ini memang menggoda untuk dicicipi. Dengan citarasa khas Jawa Tengah tiada duanya, manis dan gurih. Minumannya juga nggak kalah menggoda, menyegarkan walau hawa udara di sana sudah cukup menyejukkan hati sobat Qupas semua.