Musim Liburan, Waspadai Penyakit yang Bisa Menyerangmu Jika Terlalu Sering Terjebak Macet

29 December 2018, at 00:00
1
0
Musim Liburan, Waspadai Penyakit yang Bisa Menyerangmu Jika Terlalu Sering Terjebak Macet

Bagi yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta, kemacetan sudah seperti makanan sehari-hari. Sedangkan bagi sebagian orang, situasi ini hanya ditemui saat musim liburan saja.

Meskipun demikian, baik bagi yang sudah terbiasa maupun belum, kemacetan tetap merupakan hal yang menyebalkan dan mengganggu.

Bukan hanya itu, terjebak macet ternyata juga memiliki pengaruh pada kesehatan mental dan fisik seseorang, lho.

Musim liburan sudah tiba, kamu harus mewaspadai beberapa penyakit yang akan menyerangmu jika terlalu sering terjebak macet. Apa saja ya?

1. Stres

stres
idnews.co.id

Tidak dapat dipungkiri, stres merupakan salah satu efek buruk kemacetan pada kesehatan. Kondisi sekitar ketika terjebak macet yang semrawut dan serba panas membuat orang-orang yang mengalaminya menjadi mudah marah, gelisah dan stres.

persiapan macet
istock.com

Bagi orang yang sering terkena macet, stres ini akan terjadi secara berkepanjangan dan bisa berkembang menjadi depresi dan penyakit-penyakit lain.

Sehingga ada baiknya jika kamu mempersiapkan segala hal seperti makanan dan film yang bisa ditonton ketika macet untuk mengusir rasa bosan.

2. Nyeri Sendi

nyeri karena macet
shutterstock.com

Selain mempengaruhi kesehatan mental, terjebak di jalan yang macet ternyata juga bisa membuat kesehatan fisik bermasalah, lho.

Salah satu yang bisa kamu alami ketika sering terkena macet adalah nyeri sendi.

nyeri sendi karena macet
jubs.tk

Hal ini disebabkan karena tubuhmu terpaksa berada di posisi yang sama dalam durasi yang lama.

Kamu juga harus siaga untuk mengatur gas, rem, dan kopling jika sedang menyetir dan itu akan membuat sendi kaki utama terasa nyeri saat terjebak macet.

3. Tekanan Darah Naik

tekanan darah naik
shutterstock.com

Tekanan darahmu bisa naik ketika sedang gterburu-buru namun harus terjebak di jalan yang macet. Menyebalkan sekali, kan?

Ketika terburu-buru, berlari, atau berjalan cepat, detak jantung akan berdetak lebih cepat karena harus memompa lebih banyak darah untuk membuat otot lebih kuat.

tekanan darah naik karena macet
mobilkamu.com

Semakin banyak darah yang dipompa oleh jantung, maka tekanan pada dinding pembuluh darah juga akan semakin kuat.

Hal ini lah yang kemudian menyebabkan tekanan darah pada tubuh meningkat.

Baca Juga: Ciri-ciri Tekanan Darah Tinggi dan Pengobatannya

4. Gangguan Pernapasan

gangguan pernapasan
shutterstock.com

Sistem pernapasan kamu pun bisa menjadi korban kemacetan! Pernahkah kamu membayangkan berapa banyak polusi yang kamu hirup setiap terjebak dalam kemacetan?

Hmm, sudah pasti banyak sekali ya mengingat ada berapa banyak kendaraan yang saling berjajar.

menggunakan masker
shutterstock.com

Jika kamu sering mengalami kemacetan, lama kelamaan polusi udara akan menyebabkan gangguan pernapasan.

Meskipun menggunakan mobil, kamu akan tetap terkena polusi tersebut karena mobil tidak kedap udara.

5. Risiko Serangan Jantung

serangan jantung
klikdokter.com

Ketika terjebak macet, seseorang akan menjadi stres dan mengalami kenaikan tekanan darah. Hal ini lah yang kemudian dapat meningkatkan risiko serangan jantung bagi sebagian orang.

Apabila kamu masih muda dan tidak memiliki masalah hipertensi, maka kondisi stres saat macet tidak terlalu berbahaya bagimu.

terjebak macet
centralcontracts.com

Namun bagi orang-orang lanjut usia yang tekanan darahnya sudah tinggi, peningkatan detak jantung yang terlalu tinggi bisa menjadi fatal.

Nah, itu dia 5 masalah kesehatan yang bisa menyerangmu jika sering terkena macet. Musim liburan ini kamu terjebak kemacetan, tidak?

Sebaiknya siapkan segala hal yang bisa mengurangi dampak kemacetan tersebut. Kalau bisa, hindari jalan-jalan atau tempat wisata yang biasanya ramai untuk menghindari situasi ini. Jangan sampai kemacetan membuat liburanmu berantakan!

Untuk kamu yang setiap hari terkena macet, carilah kegiatan seru yang membuatmu tidak stres dan marah-marah ketika terjebak macet karena itu akan mengurangi dampak negatif lainnya.

0 Comment