Naik Pesawat Kian Mahal, Sekarang Bagasinya Harus Bayar

09 January 2019, pada 06:31
0
0
Naik Pesawat Kian Mahal, Sekarang Bagasinya Harus Bayar

Penetapan bagasi berbayar tampaknya mulai gencar dilakukan oleh sejumlah maskapai penerbangan. Seperti halnya Lion Air dan Wings Air yang menghapus bagasi cuma-cuma dalam penerbangannya.

Bukan hanya itu saja. Kabar terbaru, ada salah satu maskapai penerbangan LCC domestik yang tampaknya juga akan mengikuti jejak Lion Air dan Wings Air.

Apa nama maskapai penerbangan yang dimaksud? Lalu berapa harga bagasi yang perlu kamu sediakan berdasarkan aturan yang ditetapkan?

Penasaran? Langsung saja simak ulasan Qupas berikut ini!

1. Lion Air

lion air
instagram.com/pkuaviation

Seperti diketahui, kabar yang telah beredar menyebut bahwa Lion Air telah menerapkan aturan bagasi berbayar per tanggal 8 Januari 2019.

Tapi peraturan tersebut akan ditunda selama dua minggu per tanggal 8 Januari 2019. Hal ini karena Kementerian Perhubungan meminta pihak Lion Air untuk melakukannya.

Selama penundaan, pihak maskapai penerbangan Lion Air diminta mensosialisasikan aturan dan tarif baru, terutama perihal pelayanan bagasi.

"Saya beri policy, tapi grace period-nya dua minggu. Jadi tetap sambil sosialisasi. Dua minggu setelah tanggal 8 baru berlaku efektif," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dilansir dari Beritagar.

Sementara itu, Direktur Operasi Lion Air Group Daniel Putut pun sepakat untuk mengikuti permintaan dari Kementerian Perhubungan terkait tarif baru bagasi yang telah ditetapkan.

maskapai lion air
instagram.com/pkuaviation

Diketahui, kini Lion Air tidak lagi menyediakan bagasi gratis 20 kilogram seperti biasanya. Bahkan ada beberapa tarif yang perlu dibayar oleh calon penumpang seperti dilansir dari aviatren.com adalah:

  • Bagasi dengan berat 20 kilogram: 720 ribu rupiah
  • Bagasi dengan berat 5 kilogram: 180 ribu rupiah
  • Bagasi dengan berat 10 kilogram: 360 ribu rupiah
  • Bagasi dengan berat 15 kilogram: 540 ribu rupiah
  • Bagasi dengan berat 25 kilogram: 900 ribu rupiah
  • Bagasi dengan berat 30 kilogram: 1 juta 80 ribu rupiah

Bagaimana menurutmu dengan adanya peraturan kenaikan harga bagasi dari maskapai penerbangan Lion Air, sahabat Qupas?

2. Wings Air

wings air
tiket2.com

Sama seperti Lion Air, Batik Air juga tidak lagi menerapkan aturan bagasi gratis untuk para penumpangnya. Kini maskapai penerbangan ini tidak lagi memberlakukan bagasi cuma-cuma 10 kilogram per penumpang.

Berdasarkan surat nomor 001/MKT-IW/I/2019 tertanggal 3 Januari 2019, Wings Air menerangkan bahwa kebijakan penghapusan bagasi cuma-cuma per tanggal 8 Januari 2019.

Kebijakan tersebut pun akan diterapkan oleh manajemen Lion Air Group sampai batas waktu yang belum ditentukan. Semuanya untuk rute-rute penerbangan domestik.

Baca juga: Menyalakan Jaringan HP Dilarang, Tetapi Kenapa Pesawat Menyediakan Wifi? Begini Penjelasannya

Karena masih dalam satu naungan yang sama seperti Lion Air, tampaknya waktu bagasi berbayar pada Wings Air juga turut mundur sampai dua minggu ke depan terhitung dari Selasa, 8 Januari 2019.

maskapai wings air
eljohnnews.com

Begitu pula dengan harga bagasi. Menurut Ketua Association of the Indonesia Tour and Travel Agencies (ASITA) Kalbar, Nugroho Henray Ekasaputra, tarif bagasi dan Wings Air adalah sebagai berikut.

  • Bagasi dengan berat 20 kilogram: 720 ribu rupiah
  • Bagasi dengan berat 5 kilogram: 180 ribu rupiah
  • Bagasi dengan berat 10 kilogram: 360 ribu rupiah
  • Bagasi dengan berat 15 kilogram: 540 ribu rupiah
  • Bagasi dengan berat 25 kilogram: 900 ribu rupiah
  • Bagasi dengan berat 30 kilogram: 1 juta 80 ribu rupiah

Dilansir dari Tribun Pontianak, Distrik manajer Lion Air Group, Lukman Nurjaman mengatakan bahwa calon penumpang dapat membeli bagasi di awal dengan harga lebih murah.

Bagasi dapat dibeli bersamaan dengan pembelian tiket atau maksimal enam jam sebelum keberangkatan. Harganya pun dapat tergantung dari rute dan tujuan.

3. Citilink

citilink
instagram.com/pkuaviation

Citilink pun tampaknya juga akan mengikuti jejak Lion Air dan Wings Air dalam menghapus bagasi cuma-cuma. Peraturan ini dikabarkan mulai diterapkan per tanggal 12 Januari 2019 mendatang pada penerbangan domestiknya.

Peraturan ini pun berdasarkan surat edaran bernomor Citilink/JKTCGQG-020/I/2019 dan tertanggal 4 Januari 2019 seperti dilansir dari aviatren.com.

Sementara pada penerbangan internasional, peraturan yang diterapkan sama seperti sebelumnya.

Tiket sebelum tanggal 12 Januari 2019 masih mendapatkan (free baggage allowance atau FBA) sebesar 20 kilogram.

maskapai citilink
instagram.com/th_aji_baruno

Selain itu, untuk pelanggan maskapai hijau ini yang sudah memiliki keanggotaan 'Supergreen' dan terdaftar di sistem Citilink, tetap mendapatkan jatah bagasi sebesar 10 kilogram.

Pihak Citilink juga menyebut bahwa pembelian paket bagasi bisa dilakukan melalui website maupun aplikasi. Selain itu dapat dibeli saat maupun setelah pembelian tiket serta paling lambat 12 jam sebelum keberangkatan.

Dengan adanya peraturan baru tentang tarif bagasi ini, bagaimana menurumu? Kendati demikian, kemungkinan ada peningkatan pelayanan juga akan diterapkan sejalan adanya peraturan baru tersebut.

0 Komentar