Namanya Hampir Sama, Ternyata Ini Lho Perbedaan Squalane dan Squalene

21 November 2019, at 18:00
0
0
Namanya Hampir Sama, Ternyata Ini Lho Perbedaan Squalane dan Squalene

Bahan penyusun skincare dan makeup memang terkadang cukup asing di telinga. Kalau diperhatikan lagi, beberapa diantaranya punya nama yang mirip.

Contohnya seperti Squalane dan Squalene. Kalau dari segi nama, perbedaannya hanya ada pada satu huruf, yaitu 'a' dan 'e'.

Karena itulah, nggak sedikit yang menganggap keduanya sama. Padahal Squalane dan Squalene punya banyak perbedaan lho.

beda squalane dengan squalene
instagram.com/lorealskin

Squalene adalah sebuah lemak yang diproduksi secara alami oleh kelenjar minyak di tubuh. Fungsinya sendiri untuk melembapkan kulit dan memelihara skin barrier.

Di saat yang sama, Squalene juga bekerja sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan pada kulit. Sayangnya, produksi minyak alami ini akan berkurang seiring dengan bertambahnya usia.

Baca juga: Biar Nggak Salah Pilih, Pahami Perbedaan Skincare Brightening dan Whitening Dulu Yuk!

Umumnya produksi Squalene akan semakin menurun setelah memasuki usia 30 tahun. Nah, supaya kelembapan kulit bisa terjaga, kamu pun membutuhkan tambahan minyak dari luar.

Fenomena inilah yang kemudian mendorong industri kecantikan untuk memproduksi Squalane.

squalane
instagram.com/biossance

Squalane sendiri bisa diartikan sebagai bentuk jenuh dari Squalene yang banyak ditemukan pada hati hiu. Tapi, memanen Squalene dari hewan laut tentu bisa mengancam keberlangsungan lingkungan.

Untungnya, Squalene bisa didapatkan dari beberapa tanaman. Seperti beras, tebu, gandum, hingga zaitun.

Setelah diekstrak, bahan tersebut akan melalui proses hidrogenasi untuk membuatnya lebih stabil. Nah, hasilnya inilah yang dinamakan Squalane oil.

manfaat squalane
instagram.com/biossance

Squalane memiliki kandungan emollient yang siap melapisi kulit untuk menjaga kadar air di dalamnya. Teksturnya ringan, nggak berbau, nggak meninggalkan rasa lengket, dan cepat meresap ke kulit.

Biasanya Squalane mudah ditemukan dalam skincare bertekstur cream, serum wajah, dan face oil. Bahan ini juga cukup aman untuk kulit yang berjerawat dan cenderung sensitif lho.

Terlebih lagi, fungsi utamanya juga sangat penting. Yakni mampu memperbaiki skin barrier yang rusak supaya wajahmu bisa kembali sehat dan terhindar dari berbagai masalah.

manfaat squalane
instagram.com/lorealskin

Kabar baiknya lagi, manfaat Squalane untuk wajah ternyata masih banyak lho, yaitu:

  • Mampu menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit
  • Mengurangi tanda-tanda penuaan
  • Memperbaiki bibir pecah-pecah
  • Menyeimbangkan kadar sebum
  • Melindungi kulit dari sinar UV
  • Menutrisi rambut

Wah, ternyata banyak banget kan manfaat Squalane untuk wajah. Nggak heran kalau bahan yang satu ini sering disebut sebagai 'the best oil for your skin'.

Gimana, sekarang kamu juga nggak bingung lagi kan untuk membedakan Squalene dan Squalane?

0 Comment