Nasi Grombyang Haji Warso, Menu Sarapan yang Mengenyangkan Asal Kota Pemalang

26 September 2019, at 19:00
0
0
Nasi Grombyang Haji Warso, Menu Sarapan yang Mengenyangkan Asal Kota Pemalang

Buat kamu yang memiliki rencana untuk berlibur ke Jawa Tengah dan akan mengunjungi Pemalang, jangan lewatkan kuliner lezat nan mengenyangkan, yaitu 'nasi grombyang'. Makanan ini bisa kamu nikmati untuk sarapan ataupun pengganjal perut di malam hari lho.

Untuk menikmati makanan asal Pemalang ini, kamu bisa menikmatinya di warung sekitaran Alun-alun kota. Yap! Namanya Nasi Grombyang Haji Warso. Seperti apa sih keistimewaan menu sarapan khas Pemalang yang satu ini? Simak yuk!

1. Nasi ‘Grombyang’ diambil dari Bahasa Jawa

nasi grombyang di pemalang
instagram.com/jogjacarimakan

Kuliner berkuah yang satu ini sering disebut dengan nama Nasi Grombyang. Diambil dari Bahasa Jawa yang berarti bergoyang.

Kata 'goyang' disini bukan berarti penjualnya menjajakan masakan sambil bergoyang ya! Tapi itu karena kuah yang menutupi nasi dan membuat isi mangkuk seakan bergoyang saat disuguhkan.

2. Kuliner khas Pemalang yang selalu diburu wisatawan

kuliner khas pemalang
instagram.com/inipemalang

Nasi Grombyang Haji Warso bukan tempat makan yang asing didengar oleh masyarakat Pemalang. Warung ini justru legendaris.

Nggak heran kalau tempat makan di Pemalang tersebut selalu ramai dipadati pengunjung yang ingin mencicipi semangkuk nasi grombyang. Kalau sudah ramai, lahan parkir bisa penuh kendaraan.

3. Memadukan kuah soto dan rawon yang bikin ketagihan

nasi grombyang kuah soto
instagram.com/bilalkirana

Nasi grombyang dimasak dalam gentong besar dengan aroma kaldu yang cukup kuat. Kuahnya mirip dengan rawon, itu karena ada tambahan bumbu dasar kluwek.

Hanya saja nggak begitu kental seperti rawon. Isiannya ada suwiran daging sapi dan taburan daun bawang segar. Dijual per mangkuknya sebesar Rp15 ribu.

Baca juga: 8 Kuliner Mojokerto dari yang Legendaris hingga Kekinian

4. Olahan daging kerbau yang juara banget rasanya

nasi grombyang daging kerbau
instagram.com/cicikokokulineran

Nggak hanya menu nasi grombyangnya yang nikmat. Ada juga potongan daging kerbau yang bisa kamu tambahkan sebagai pelengkap.

Selain itu, disediakan pula sate kerbau yang dimasak bukan dengan cara dibakar. Melainkan disajikan dengan tusuk sate dan diberi bumbu kelapa sangrai parut dan diberi kecap. Bumbu itulah yang membuatnya ini terasa manis.

5. Lokasi Nasi Grombyang Haji Warso

lokasi nasi grombyang haji warso
instagram.com/moniqcen

Nasi Grombyang Haji Warso berlokasi di Jalan R.E. Martadinata Pemalang. Buka dari jam 9 pagi hingga jam 12 malam.

Ohya, untuk harga setiap satu tusuk sate kerbau hanya Rp3 ribu saja. Gimana, murah meriah sekali, kan?

Nah kalau sobat Qupas mampir ke Pemalang, jangan sampai melewatkan Warung Nasi Grombyang Haji Warso ya!

0 Comment