Nasi Kentut dan 9 Nama Makanan Unik di Indonesia yang Paling Menggelitik, Pernah Makan?

08 April 2019, at 19:00
0
0
Nasi Kentut dan 9 Nama Makanan Unik di Indonesia yang Paling Menggelitik, Pernah Makan?

Ada banyak menu masakan khas Indonesia yang punya cita rasa khas, bahkan seringkali bikin ketagihan. Ditambah lagi dengan harganya yang murah meriah, perut kenyang dompet pun tenang. 

Nggak hanya itu saja. Masih ada lagi kuliner khas Nusantara yang punya ciri khas lainnya seperti nama masakan. Namanya yang unik nan menggelitik ini juga jadi daya tarik foodies untuk mencicipinya.

Simak yuk, apa saja nama masakan nyeleneh di Indonesia ini!

1. Sate Kere

makanan unik di indonesia
instagram.com/jogjabikinlaper

Kuliner khas Solo ini memang punya nama unik, yaitu sate kere yang punya arti sate miskin. Itu karena ukurannya yang kecil berisikan potongan ampas tempe dan jeroan sapi.

Karena bahan pembuatannya murah, maka masakan ini disebut dengan sate kere. Untuk penyajiannya pun sama dengan jenis sate pada umumnya, yaitu dengan siraman saus kacang kental yang nikmat.

2. Kerupuk Melarat

kerupuk melarat
instagram.com/feraoofera

Masih dengan nama makanan unik di Indonesia yang memiliki arti miskin. Kerupuk khas Cirebon ini salah satunya. Digoreng dengan pasir panas yang membuat gurihnya maksimal.

Kerupuk melarat umumnya diberi pewarna putih, merah muda, kuning, dan hijau. Biasanya disantap dengan saus asam sebagai cocolannya.

3. Tahu Gimbal

makanan unik tahu gimbal
instagram.com/sbykulinerinfo

Namanya yang menggilitik ini memang bikin orang jadi penasaran. Ternyata gimbal sendiri adalah bahan masakan. Bahkan menjadi bahan utama pada pembuatan gorengan ini.

Terbuat dari campuran udang halus dan tepung terigu, kemudian digoreng sampai warnanya kuning keemasan. Biasa disajikan dengan kuah menu lotek yang mengenyangkan juga.

4. Nasi Kucing

nama makanan unik nasi kucing
instagram.com/gagaldiett

Eits, nama makanan unik di Indonesia ini bukan sereal untuk kucing. Tapi sajian ini merupakan nasi bungkus yang berukuran kecil seperti ukuran makanan kucing.

Isiannya hanya nasi, sambal terasi pedas, dan suwiran daging ayam. Untuk harganya hanya Rp2.500,00 hingga Rp5.000,00. Penasaran ingin mencoba nggak nih?

5. Nasi Kentut

Menu makanan unik khas Medan ini punya bahan utama daun-daun kentut atau biasa disebut dengan sembukan. Tanaman ini memang punya aroma yang nggak sedap layaknya bau kentut.

Tapi jangan salah karena ada banyak khasiat yang terkandung di dalamnya. Salah satunya bisa mengobati sariawan dan sakit lambung.

Baca juga : 5 Cita Rasa Khas Makanan Dibungkus Daun Pisang ala Indonesia

6. Endog Bulus

endog bulus
instagram.com/vy_viya

Nama makanan unik di Indonesia ini punya artian telur kura-kura. Pertama kali dipopulerkan oleh Etnis Tionghoa sejak tahun 1880 yang lalu.

Endog Bulus punya tekstur yang renyah dibagian luar dan dalam. Selain gula merah, sekarang juga sudah semakin banyak varian isinya.

7. Kue Cubit

kue cubit
instagram.com/coobeet

Semasa sekolah pasti kantin di sekolahmu dulu pernah ada yang jual jajanan kue cubit ini nggak? Kalau iya, wah pasti nama uniknya sudah nggak asing untuk didengar.

Buat yang nggak tau, pasti aneh ya. Kue selucu ini kok namanya cubit. Itu karena saat pembuatannya kue ini diangkat dengan cara dicapit atau dicubit. Unik ya!

8. Kuku Macan

nama makanan unik kuku macan
instagram.com/hanhanny

Eits, camilan renyah ini sama sekali nggak punya bahan dari kuku macan beneran ya. Oleh-oleh khas Balikpapan yang terbuat dari gilingan ikan tengiri ini bentuknya memang lancip ujungnya.

Bentuknya mirip dengan kuku macan. Apalagi warnanya yang kecokelatan membuat nama makanan unik ini seperti bagian tubuh hewan buas tersebut.

9. Kue Dollar

makanan unik kue dollar
instagram.com/kuwehdollar

Walau namanya menggunakan salah satu mata uang negara maju, tapi harganya tetap merakyat kok. Bentuknya yang pipih dan warnanya yang cokelat menjadikan orang-orang menyebutnya seperti koin uang.

Terbuat dari gula palem dengan rasa yang mirip seperti kue semprong, sudah ada yang pernah mencobanya? Sekarang sudah banyak aneka rasanya nih.

10. Singkong Bajingan

makanan unik singkong bajingan
instagram.com/asatuid

Walau namanya terkesan “kasar”, tapi menu camilan ini punya siraman gula merah yang manis. Biasanya ditambahkan di sebuah kuah santan gurih.

Makanan sehat ini diolah dengan cara direbus dengan taburan garam lalu disiramkan dengan lelehan gula merah. Cocok nih untuk suguhan saat ada keluarga yang akan datang ke rumah.

Jadi gimana tertarik ingin mencicipi menu makanan unik ini?

0 Comment