Di jaman yang serba praktis seperti sekarang ini, gaya hidup manusia banyak berubah. Mobilitas yang tinggi dan kebutuhan yang juga meningkat, membuat kita banyak abai terhadap kesehatan. Pola makan kita tentunya banyak berubah pula. Banyak orang beralih mengonsumsi makanan cepat saji yang sesuai dengan kebutuhan kita akan kepraktisan. Namun, hal ini membuat tubuh kita semakin rentan terserang penyakit. Atas kesadaran itulah, sekarang banyak sekali gerakan yang mengajak banyak orang untuk kembali ke gaya hidup yang lebih sehat. Bahan makanan organik pun semakin banyak ditemui di pasaran. Salah satunya, beras merah sebagai pengganti beras putih. Beras merah diyakini sebagai pengganti beras putih yang lebih baik. Namun, apakah benar begitu? Yuk kita simak perbandingannya.

 

commons.wikipedia.org

Tak dapat dipungkiri, beras merupakan jenis biji-bijian yang penting bagi manusia. Bahkan, beras, yang kemudian diolah menjadi nasi ini, merupakan makanan pokok bagi beberapa negara, utamanya negara-negara di Asia. Walaupun beras memiliki berbagai warna, ukuran dan bentuk, beras merah dan beras putih merupakan jenis beras yang paling umum dikonsumsi. Meski begitu, banyak orang menilai beras merah sebagai beras yang lebih sehat jika dibandingkan dengan beras putih karena kandungan nutrisinya.

 

Beras memiliki kandungan karbohidrat yang sangat tinggi, memiliki sedikit protein dan tidak memiliki lemak.  Beras merah merupakan jenis biji padi utuh yang masih memiliki kulit ari di mana terkandung banyak serat, endosperma yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi, serta embrio atau mata beras yang mengandung banyak nutrisi. Sementara, beras putih tidak lagi memiliki kulit ari dan embrio sehingga hanya menyisakan endosperma yang membuat beras putih kaya karbohidrat, namun tidak memiliki nutrisi dan serat.

 

Nah, buat kamu yang suka mengonsumsi nasi merah dibandingkan nasi putih, gula darahmu akan lebih terkontrol dan resiko diabetes pun akan berkurang karena nasi merah memiliki kandungan magnesium dan fiber yang tinggi. Namun, mengonsumsi terlalu banyak nasi merah tanpa mengonsumsi makanan yang bervariasi juga dapat membuat tubuhmu tidak dapat menyerap nutrisi tertentu karena adanya kandungan antinutrients seperti phytic acid dan arsenic. Jadi, tidak perlu khawatir, nasi merah tetap merupakan pilihan yang lebih sehat jika dibandingkan dengan nasi putih, tentunya dengan mengonsumsi gizi seimbang, ya.

0 Comment