Nasi Pindang Gajahmada, Kuliner Bangsawan yang Pertemukan Rawon dan Soto dalam Satu Piring

23 May 2019, at 19:00
0
0
Nasi Pindang Gajahmada, Kuliner Bangsawan yang Pertemukan Rawon dan Soto dalam Satu Piring

Salah satu kuliner yang terkenal di Kudus adalah "nasi pindang". Bahkan makanan ini juga sampai populer dan laris manis di daerah lain, seperti Semarang.

Biar nggak sulit untuk menemukan rumah makan dengan menu nasi pindang, cabut yuk ke Kota Lumpia. Ada rumah makan legendaris yang bisa kamu cobain tanpa harus jauh-jauh berkendara ke Kudus. Simak deh! 

1. Sudah Buka Sejak Tahun 1987

kuliner semarang enak
instagram.com/fey_rachmat

Kuliner kondang di Semarang ini wajib kamu cicipi sewaktu berada di sana. Tempat makan ini punya menu spesial yang berisi olahan daging kerbau sebagai bahan utamanya.

Menurut sebagian warga Kudus, sapi sempat disucikan dan dilarang untuk disembelih. Maka digantikan dengan daging kerbau yang memiliki tekstur nggak beda jauh.

nasi pindang gajahmada
instagram.com/amazingindonesiafood

Nasi Pindang Gajahmada sudah buka sejak tahun 1987 yang lalu. Kini sudah diwariskan kepada generasi ketiga. Awalnya menu masakan ini hanya mampu dibeli oleh Belanda, tapi seiring berjalannya waktu, pribumi pun sudah bisa menikmatinya.

Menu berkuah pekat ini dijual dengan porsi kecil yang dilengkapi dengan irisan daging kerbau di atasnya. Masakan dengan daging kerbau itu banyak dijual oleh masyarakat biasa sebagai menu makanan lain dengan bahan utama daging sapi yang banyak disantap oleh bangsa kolonial saat hari perayaan. 

2. Perpaduan Rawon dan Soto di atas Daun Pisang sebagai Alasnya

nasi pindang gajahmada menu makan
instagram.com/r47natjan

Kuliner khas Kudus ini memang memiliki isian yang mirip dengan soto, bedanya ada di kuahnya yang lebih mirip rawon, yaitu berwarna hitam pekat. Kini, isian Nasi Pindang Gajahmada pun semakin banyak, salah satunya irisan jeroan sapi.

Menariknya lagi, sajian berkuah yang menghangatkan tubuh ini juga dijajakan dengan beralaskan daun pisang untuk menambah rasa gurih dan cita rasa khas.

Baca juga : 9 Kuliner Semarang Otentik, Carinya Hingga Blusukan ke Pasar

kuliner khas kudus
instagram.com/jenniferjejen

Awalnya nasi pindang disajikan juga dengan sendok daun lontar. Tapi karena banyak pengunjung yang lebih memilih menggunakan sendok alumunium, alat makan dari jenis tumbuhan tersebut sudah nggak digunakan lagi.

Seperti suguhan soto biasanya, ada makanan pendamping yaitu tempe dan perkedel goreng. Bisa ditambahkan kerupuk karak biar semakin ada sensasi renyahnya.  

3. Lokasi Nasi Pidang Gajahmada

lokasi nasi pindang gajahmada
instagram.com/dennyscw

Lokasi Nasi Pindang Gajahmada di Gang Buntu, Jalan Gajahmada No.98B, Kembangsari, Semarang. Buka dari 06:00-22:00 WIB.

Bukan hanya menawarkan menu nasi pindang saja, tapi juga ada menu soto Kudus yang kuahnya nggak kalah bikin tubuh hangat.

kuliner kudus nasi pindang
instagram.com/cikkummommysetrong

Soto kudus di tempat makan Semarang ini disajikan dengan daging sapi iris dan isian lainnya seperti nasi putih, taoge, dan bawang putih goreng. Harganya terbilang cukup terjangkau, yaitu hanya Rp8.000,00.

Kalau Nasi Pindang Gajahmada harganya sekitar Rp17.000,00 saja. Saat lebaran masih buka juga lho.

Itulah tempat makan enak di Semarang dengan harga murah meriah yang bisa kamu cobain sewaktu berada di sana. Apalagi menu makan ini dulunya jadi favoritnya para bangsawan.

0 Comment