Ngantuk di Tempat Kerja Saat Puasa? Lakukan Ini Supaya Produktivitas Tetap Terjaga!

15 May 2019, at 10:00
0
0
Ngantuk di Tempat Kerja Saat Puasa? Lakukan Ini Supaya Produktivitas Tetap Terjaga!

Pada bulan puasa, kamu mengalami banyak perubahan seperti pola makan dan tidur. Oleh sebab itu, tubuh melakukan adaptasi atau penyesuaian terhadap hal tersebut.

Meskipun demikian, jadwal tidur yang berubah seringkali membuatmu merasa mengantuk di siang hari saat sedang bekerja.

Karena sedang berpuasa, minum kopi menjadi sesuatu yang mustahil sehingga kamu harus tetap merasakan kantuk padahal banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.

Baca Juga: 8 Pekerjaan Paling Aneh di Dunia, Bikin Geleng-Geleng Kepala!

Untuk itu, berikut ini 5 cara yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi rasa kantuk di siang hari saat berpuasa agar pekerjaan tetap terselesaikan.

1. Dapatkan Sinar Matahari atau Nyalakan Lampu Lebih Terang

dapatkan sinar matahari
pexels.com/@linkedin

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi rasa kantuk di siang hari saat berpuasa adalah dengan memberikan cahaya yang cukup pada kantor atau ruang kerja.

Biarkan cahaya matahari masuk atau cobalah untuk menyalakan lampu agar ruangan menjadi lebih terang. Suasana yang redup akan membuat rasa kantuk semakin menjadi-jadi lho.

2. Berjalanlah Sekitar 10 Menit

berdiri
pexels.com/@elevate-digital-784230

Selain memberikan cahaya yang cukup bagi ruang kerja, kamu juga sebaiknya menggerakkan tubuh saat kantuk menyerang.

Cobalah untuk berjalan kaki santai selama 10 menit yang dapat membantu oksigen terpompa lebih optimal menuju pembuluh darah.

berjalan sebentar
pexels.com/@rebrand-cities-581004

Hal ini cukup efektif untuk mengusir rasa kantuk karena salah satu penyebab keinginan untuk tidur tersebut adalah kurangnya pasokan oksigen pada otak.

Kamu nggak perlu berjalan terlalu jauh, cukup di sekitar meja saja sampai tubuh terasa lebih bugar dan bisa kembali bekerja.

Baca Juga: Foto-Foto Karyawan di Jepang yang Kelelahan, Sampai Bergelempangan di Jalan!

3. Atur Pernapasan

atur pernapasan
pexels.com/@divinetechygirl

Mengatur pernapasan juga merupakan salah satu cara mudah yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan rasa kantuk saat bekerja.

Posisikan tubuhmu senyaman mungkin, lalu duduklah dengan punggung tegak dan tangan memegang perut. Tariklah napas sedalam-dalamnya secara perlahan sampai perut terisi dengan udara kemudian hembuskan perlahan melalui mulut.

Hal ini akan membuat tubuh dan pikiran menjadi sedikit lebih segar.

4. Mengobrol dan Tertawa

mengobrol
pexels.com/@buro-millennial-636760

Kamu juga bisa meluangkan waktu beberapa menit untuk mengobrol dan bercanda dengan rekan kerja. Atau kamu bisa menonton video lucu dengan durasi yang nggak terlalu panjang.

Mengalihkan perhatian seperti itu kemungkinan besar dapat membuat rasa kantukmu sedikit berkurang, lho.

5. Cuci Muka dan Kaki dengan Air Dingin

cuci muka
pexels.com/@vitoriasantos

Jika cara-cara di atas sudah dilakukan namun masih saja nggak bisa mengatasi rasa kantuk yang berlebihan, cobalah untuk mencuci muka dan kaki dengan air dingin.

Kamu juga bisa melakukan hal tersebut sekaligus berwudu untuk salat dhuha, zuhur, atau asyar. Hal tersebut akan membuat tubuh menjadi lebih segar.

Baca Juga: Malas Bekerja? Lakukan Hal Mudah Ini Untuk Kembalikan Semangatmu!

Nah itu dia Sobat Qupas 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk mengusir rasa kantuk di siang hari saat bekerja agar produktivitas tetap terjaga.

Sebenarnya, kamu bisa melakukan beberapa hal seperti mengatur pola tidur, makan sahur yang bergizi, dan berolahraga ringan untuk mengantisipasi rasa kantuk di siang hari. Semangat!

0 Comment