Ngeri! Puluhan Warga Jepang Meninggal Mendadak karena Hal Ini

24 July 2018, pada 10:53
5
0
Ngeri! Puluhan Warga Jepang Meninggal Mendadak karena Hal Ini

Cuaca di Bumi saat ini memang sedikit ekstrem, seperti dilansir oleh BBC.com sudah banyak gunung es di kutub utara yang sudah mencair karena suhu bumi yang semakin panas. Hal itu juga terlihat dari peningkatan permukaan air laut yang ada di Indonesia, seperti Banda Aceh, Jakarta, Makasar, dan Jayapura. Sungguh hal yang mengerikan memang.

Selain daerah kutub utara yang mengalami lelehan es karena cuaca panas, Jepang juga termasuk salah satu negara dengan suhu ekstrem. Adanya gelombang panas yang terjadi di Jepang membuat puluhan warga di sana meninggal secara mendadak. Seperti apa ya kronologinya, yuk simak!

 

Ada sekitar 30.000ribu warga Jepang harus dilarikan ke rumah sakit

 

Japantimes.com

Pada hari senin (23/7/2018), seperti dilansir oleh kompas.com ada sekitar 30.000 warga Jepang yang terpaksa harus dibawa ke rumah sakit karena tingginya suhu udara. Lebih parahnya lagi, ada sekitar 77 warga Jepang yang gak bisa bertahan hidup di tengah gelombang panas yang terjadi. Mayoritas warga yang meninggal adalah orang tua.
 

Penyebabnya adalah cuaca yang sangat panas, hingga mendekati 41,1 derajat celsius

 

standard.co.uk

Kondisi terakhir dikabarkan bahwa di Jepang suhu udaranya mencapai titik 41,1 derajat celcius. Hal itulah yang membuat banyak warga Jepang susah untuk bertahan hidup. Suhu paling panas itu ada di daerah Kumagaya yang merupakan daerah dekat ibu kota Tokyo. Sebelumnya Jepang pernah dilanda gelombang panas yang membuat daerah Jepang Barat memiliki suhu hingga 41 derajat celcius. Angka suhu itu memecahkan rekor di Jepang.

 

Suasana jalanan negara jepang yang melihatkan warganya terpapar udara panas membuat pemerintah menghimbau warga tetap berada di dalam ruangan full-AC

 

Japantimes.com

Terlihat banyak warga di jalanan kota Jepang kelelahan dan merasakan hawa panas. Pihak pemerintah Jepang menghimbau melalui Badan Penanggulangan Bencana untuk mengharuskan setiap warganya tetap berada di ruangan full-AC. Selain itu, setiap warga Jepang juga diharuskan untuk minum banyak air putih agar menghindari dehidrasi saat melakukan aktifitas. Bahkan untuk di daerah pedesaan Jepang, pemerintah menegaskan untuk terus berhati-hati dan nggak keluar-keluar rumah. Pasalnya gelombang panas bisa terjadi lebih ekstrem lagi dan sangat berbahaya untuk anak-anak maupun orang lanjut usia.

Semoga dengan adanya peringatan dari pemerintah Jepang, banyak warganya yang mematuhi sehingga nggak memperbesar jumlah kematian.

Tetap waspada juga kita yang di Indonesia, ya!

0 Komentar