Nggak Boleh Asal, Ini 4 Aturan Memilih Mainan Anak yang Tepat Agar Bermanfaat

15 November 2019, at 17:00
0
0
Nggak Boleh Asal, Ini 4 Aturan Memilih Mainan Anak yang Tepat Agar Bermanfaat

Beberapa orang tua mungkin mengalami kesulitan saat akan membeli mainan untuk sang buah hati. Oleh sebab itu, seringkali anak-anak diberikan kebebasan untuk memilih mainan yang mereka sukai.

Padahal, setiap mainan memiliki fungsi yang berbeda dan berdampak terhadap perkembangan anak lho! Oleh sebab itu, psikolog klinis anak di Rumah Dandelion, Febiana Pratomo, menyebutkan bahwa seenggaknya ada empat hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli mainan seperti berikut ini.

1. Usia Anak

mainan untuk anak
todaysparent.com

Hal pertama yang perlu diperhatikan oleh orang tua sebelum membeli mainan anak adalah usianya. Pasalnya, setiap mainan dirancang sedemikian rupa berdasarkan kebutuhan si kecil untuk mencapai tumbuh kembang mereka.

Maka dari itu, penyesuaian usia dan mainan anak sangat penting untuk dilakukan. Apabila kedua hal tersebut nggak selaras, maka buah hati mungkin akan terlalu kesulitan atau mudah bosan.

2. Manfaat Mainan

manfaat mainan anak
partycity.com

Selain usia, manfaat mainan pun perlu dipertimbangkan secara matang oleh orang tua. Asal memberikan mainan tanpa mengetahui stimulasi apa yang akan didapatkan oleh si kecil bukanlah sesuatu yang bijak.

Setiap mainan dibuat dengan tujuan bermacam-macam, misalnya untuk melatih kemampuan motorik, kognitif, sensorik, bahasa, kreativitas, sosial, atau bahkan emosi buah hati.

Baca Juga: 8 Mainan untuk Tumbuh Kembang Bayi Usia di Bawah 6 Bulan

3. Keamanan Mainan

tips memilih mainan untuk anak
123rf.com

Keamanan juga menjadi salah satu hal yang perlu dipertimbangkan oleh orang tua sebelum membelikan mainan untuk anak. Cobalah untuk memerhatikan keterangan produk seperti jenis bahan, wadah pembungkus, dan lain sebagainya.

Pastikan mainan nggak memiliki kepingan kecil yang bisa tertelan atau membuat buah hati tersedak, berbentuk tumpul sehingga nggak berisiko tertusuk, dan hal-hal berbahaya semacam itu.

4. Yang Disukai Anak

mainan anak yang tepat
depositphotos.com

Nggak boleh asal pilih bukan berarti orang tua harus mengabaikan hal-hal yang disukai oleh anak. Kamu boleh memberikan mainan yang disukai anak apabila memang sesuai dengan tiga pertimbangan di atas.

Atau, kamu bisa memberikan mainan yang sesuai dengan tema kesukaan si kecil agar ia bisa semakin banyak belajar dan berkembang.

Jadi gimana Sobat Qupas, selama ini kamu asal nggak kalau membeli mainan untuk anak? Mulai sekarang, ikuti empat tips penting di atas ya!

0 Comment