Nggak Boleh Dilewatkan, 5 Jenis Vaksin Ini Penting untuk Orang Dewasa

07 November 2019, at 10:00
0
0
Nggak Boleh Dilewatkan, 5 Jenis Vaksin Ini Penting untuk Orang Dewasa

Sebagian besar orang menganggap bahwa vaksin atau imunisasi hanya dibutuhkan oleh bayi atau balita saja. Padahal, orang dewasa juga seharusnya mendapatkan hal tersebut untuk melindungi diri dari berbagai penyakit lho!

Menurut Ahmad Garret-Price yang merupakan ahli kesehatan di Boylor Scott dan White Health Dallas, vaksin digunakan untuk melindungi pepulasi manusia dari penyakit yang menular. Hal tersebut efektif dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Lantas, vaksin apa saja sih yang dibutuhkan oleh orang dewasa? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini.

1. Influenza

flu
shutterstock.com

Influenza atau flu merupakan penyakit musiman yang seringkali dianggap sepele. Padahal, Centers for Desease Control and Prevention mencatat bahwa ada sekitar 186 kematian akibat masalah kesehatan tersebut pada tahun 2017 sampai 2018.

Maka dari itu, kamu sebaiknya mendapatkan vaksin influenza setiap setahun sekali antara bulan Oktober sampai pertengahan November. Meskipun mungkin masih bisa tertular, namun imunisasi tersebut akan membantu mempercepat proses penyembuhan penyakit.

2. HPV (Human Papilloma Virus)

vaksin hpv
honestdocs.id

Selain influenza, orang dewasa juga seharusnya melakukan vaksin HPV alias Human Papilloma Virus yang dapat membantu mencegah kanker serviks. Food and Drug Administration merekomendasikan perempuan di usia subur untuk melakukan vaksin tersebut.

Vaksin HPV mulai dapat diberikan pada usia 11 atau 12 tahun, sedangkan vaksin kedua diberikan 1 sampai 2 bulan setelahnya, dan yang ketiga diberikan 6 bulan setelah vaksin pertama.

3. Pneumonia

mendapatkan vaksin
medium.com

Pneumonia merupakan penyakit atau infeksi pada paru-paru yang disebabkan oleh bakteri pneumokokus. Masalah kesehatan tersebut dapat membuat paru-paru terisi cairan sehingga penderita akan menunjukkan gejala demam, batuk, sesak napas dan kedinginan.

Penyakit yang satu ini lebih rentan menyerang orang yang usianya lebih dari 60 tahun dan yang memiliki daya tahan tubuh rendah.

Baca Juga: Mengenal Pneumonia, Radang Paru-paru yang Menyerang Pelatih Juventus Maurizio Sarri

4. Tetanus, Difteri, dan Pertusis

vaksin untuk orang dewasa
doctissimo.fr

Vaksin yang satu ini dibutuhkan oleh orang dewasa untuk mencegah tiga penyakit, yaitu tetanus, difteri, dan petusis atau batuk rejan.

Meskipun biasanya sudah mendapatkan vaksin ini saat masih kecil, akan tetapi kamu perlu melalakukannya lagi minimal 10 tahun sekali.

5. Hepatitis B

hepatitis b
indiatimes.com

Disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B, penyakit ini dapat menyebabkan peradangan hati akut. Menurut data, setiap tahunnya terdapat 5.000 kematian yang disebabkan oleh masalah kesehatan ini.

Oleh sebab itu, vaksin ini dianjurkan untuk semua orang dewasa tanpa terkecuali. Vaksin akan diberikan dalam 3 tahap, dua suntikan yang pertama diberi jeda sebulan sedangkan yang ketiga diberikan setelah 6 bulan.

Jadi, Sobat Qupas udah mendapatkan vaksin yang mana saja nih? Meskipun terkesan sepele, namun sebenarnya vaksinasi sangat penting untuk dilakukan lho!

0 Comment