Nggak Cuma Bikin Tenang, Ini Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan

26 September 2019, at 10:00
0
0
Nggak Cuma Bikin Tenang, Ini Manfaat Meditasi Bagi Kesehatan

Sampai saat ini, masih banyak orang yang meragukan manfaat meditasi. Padahal, kegiatan yang bediam diri tersebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan mental dan fisik lho.

Meditasi merupakan latihan untuk mendapatkan ketenangan pikiran dan tubuh yang nyaman. Meski terlihat hanya duduk diam dan nggak melakukan apa-apa, nyatanya kamu bisa mendapatkan manfaat seperti di bawah ini.

1. Mengurangi Stres

stres
beritagar.id

Manfaat meditasi yang pertama adalah mengurangi stres. Seperti yang telah diketahui, stres dapat menyerang siapa saja dan biasanya merupakan awal dari masalah kesehatan mental yang lebih parah seperti depresi, insomnia, gangguan kecemasan, dan lain sebagainya.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Carnegie Mellon University menyebutkan bahwa melakukan meditasi selama 25 menit setiap hari dapat menurunkan produksi hormon kortisol yang merupakan penyebab stres.

2. Mengatasi Depresi dan Gangguan Kecemasan

depresi
nypost.com

Selain stres, meditasi ternyata juga dapat membantu mengatasi depresi dan gangguan kecemasan. Rutin melakukan kegiatan tersebut akan membuatmu lebih mudah mengendalikan rasa cemas atau bahkan mencegahnya untuk muncul.

Di samping itu, studi yang dilakukan oleh Rutgers University telah membuktikan bahwa meditasi yang diikuti dengan latihan aerobik selama 30 menit dalam 8 minggu dapat mengurangi gejala depresi sebanyak 40 persen.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

meditasi
shutterstock.com

Nggak hanya masalah kesehatan mental, melakukan meditasi secara rutin juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kamu lebih kebal terhadap berbagai penyakit.

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk membuktikan hal tersebut dan hasilnya adalah orang yang nggak melakukan meditasi memiliki risiko yang lebih besar terserang flu atau pilek.

Baca Juga: Dianggap Jorok, Beberapa Kebiasaan Ini Justru Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

4. Melawan Kecanduan

kecanduan
metodosparaligar.com

Melakukan meditasi juga bisa membantumu melawan kecanduan. Hal tersebut karena sikap disiplin yang diterapkan saat meditasi dapat membuat seseorang melawan keinginannya.

Pecandu juga bisa belajar mengalihkan perhatian serta mengendalikan emosi dan perilakunya apabila rutin melakukan meditasi sehingga nggak terlalu terpengaruh saat ada dorongan untuk memenuhi candunya.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

tidur
istockphoto.com

Sering melakukan meditasi juga akan membuatmu mendapatkan tidur yang lebih berkualitas. Sebuah penelitian membandingkan dua kelompok peserta insomnia; yang mengikuti meditasi dan yang nggak.

Hasilnya, peserta yang melakukan meditasi lebih bisa tidur nyenyak karena hal tersebut membantu menenangkan pikiran dan tubuh melepaskan ketegangan.

6. Menurunkan Tekanan Darah

tekanan darah
centrastate.com

Manfaat meditasi selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah yang tentunya dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk serangan jantung dan stroke.

Saat melakukan meditasi, sistem saraf yang mengoordinasi fungsi jantung dan ketegangan pada pembuluh darah akan menjadi lebih stabil terkontrol.

7. Meningkatkan Daya Ingat

meningkatkan daya ingat
pexels.com/@olly

Pada dasarnya, fungsi otak akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia. Meditasi merupakan salah satu mudah yang bisa kamu lakukan untuk membuat daya ingat tetap sehat.

Sebanyak 12 penelitian telah membuktikan bahwa aktivitas tersebut dapat meningkatkan perhatian, daya ingat, dan konsentrasi bagi siapa saja termasuk lansia.

Setelah mengetahui manfaat meditasi bagi kesehatan fisik dan mental seperti di atas, Sobat Qupas masih ragu untuk melakukannya?

0 Comment