Nggak Cuma Buat Pijat, Ini Lho Manfaat Minyak Tawon untuk Kesehatan

04 December 2019, at 12:00
0
0
Nggak Cuma Buat Pijat, Ini Lho Manfaat Minyak Tawon untuk Kesehatan

Siapa sih yang nggak tahu minyak tawon? Minyak yang biasanya digunakan untuk memijat tubuh ini memang cukup populer di Indonesia. Meskipun demikian, belum banyak lho yang tahu manfaatnya untuk kesehatan.

Minyak tawon sendiri bukanlah minyak yang terbuat dari tawon atau lebah. Nama tersebut sebanarnya merupakan merek minyak gosok yang terbuat dari minyak kayu putih, minyak serai, kunyit, dan bawang merah.

Agar lebih jelas, berikut ini beberapa manfaat minyak tawon bagi kesehatan tubuh yang harus kamu ketahui.

1. Minyak untuk Pijat

pijat
spafinder.com

Seperti yang telah diketahui, manfaat minyak tawon yang pertama adalah untuk pijat. Bahan ini berguna sebagai pelumas agar pijatan lebih mudah dilakukan.

Nggak hanya itu, sensasi hangat yang terasa saat minyak tawon dioleskan pada tubuh juga akan membantu mengatasi pegal-pegal dengan lebih cepat.

2. Menghangatkan Tubuh dan Melegakan Pernapasan

bernapas
healthline.com

Buat kamu yang sudah pernah menggunakan minyak tawon pasti familier dengan aromanya yang khas. Perpaduan bau minyak kayu putih yang bersifat aromaterapi, ditambah dengan bawang merah, serai, dan kunyit inilah yang mampu melegakan pernapasan.

Kandungan minyak kayu putih yang menghangatkan tubuh dan bawang merah dengan efek vasodilatasi di dalam minyak tawon dinilai cukup ampuh untuk melancarkan sirkulasi udara dan mengatasi masuk angin.

3. Meredakan Nyeri Sendi dan Otot

manfaat minyak tawon
womenshealthmag.com

Berkaitan dengan manfaatnya sebagai pelumas pijat, minyak tawon memang dapat meredakan nyeri sendi dan otot. Hal tersebut karena di dalamnya terkandung senyawa aktif cineole.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Evidence Based Complement Alternative Medical, senyawa cineole dapat memengaruhi sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi seretonin.

Baca Juga: Mulai dari Atasi Kecemasan Hingga Peradangan, Ini Manfaat Aromaterapi untuk Kesehatan

4. Mencegah Gigitan Nyamuk

mencegah nyamuk
wdgpublichealth.ca

Kamu sering terganggu dengan gigitan nyamuk? Oleskan sedikit minyak tawon di kulit secara merata untuk mencegahnya.

Aroma khas minyak tawon yang cukup kuat mampu mengusir nyamuk sehingga kamu bisa beraktivitas dengan lebih nyaman.

5. Mengatasi Peradangan pada Kulit

gatal
dailymail.co.uk

Manfaat minyak tawon lainnya adalah mengatasi peradangan pada kulit. Itulah mengapa minyak ini seringkali dioleskan pada bekas gigitan nyamuk dan lain sebagainya.

Kondisi tersebut disebabkan oleh kandungan senyawa aktif curcumin yang berpotensi menurunkan risiko peradangan di kulit.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa manfaat minyak tawon yang perlu kamu ketahui. Jangan hanya digunakan untuk pijat ya!

0 Comment