Nggak Cuma Cantik dan Menawan, Ini Manfaat Bunga Dandelion Bagi Kesehatan

28 September 2019, at 10:00
0
0
Nggak Cuma Cantik dan Menawan, Ini Manfaat Bunga Dandelion Bagi Kesehatan

Apa yang terlintas di pikiranmu saat mendengar kata dandelion? Beberapa orang mungkin akan menjawab tentang bunga rapuh berwarna putih yang akan berterbangan saat tertiup angin.

Sebagian besar orang mungkin belum tahu bahwa bunga dandelion yang sebenarnya berwarna kuning keoranyean, hampir mirip dengan bunga hawsbeard.

bibit dandelion
yasminroohi.com

Sedangkan yang selama ini dianggap sebagai bunga dandelion, yang berwarna putih dan mudah tertiup angin ternyata adalah benih dandelion. Baru tahu kan?

Terlepas dari hal tersebut, bunga dandelion ternyata nggak hanya cantik sebagai hiasan lho. Melainkan dapat diseduh menjadi teh dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti berikut ini.

1. Sumber Antioksidan

manfaat dandelion
hellosehat.com

Tahukah kamu, bunga dandelion ternyata memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2011 menunjukkan bahwa antioksidan di dalamnya dapat memblokir kerusakan sel.

Selain itu, kandungan tersebut juga dapat membantu melawan radikal bebas yang berisiko menyebabkan kanker dan penuaan dini.

2. Mengontrol Gula Darah

gula darah
hellosehat.com

Selain menjadi sumber antioksidan, mengonsumsi teh atau seduhan bunga dandelion juga dapat membantu penderita diabetes untuk mengontrol gula darah.

Hal tersebut karena dandelion mengandung komponen kimia boaktif seperti asam chicoric dan sesquiterpene lactones yang memiliki efek antidiabetes di dalamnya.

3. Menyehatkan Organ Hati

teh dandelion
shutterstock.com

Mengonsumsi bunga dandelion dalam bentuk teh atau direbus dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan menyehatkan organ hati.

Bunga dandelion mengandung vitamin C dan nutrisi lain yang dapat menjaga aliran empedu, membersihkan hati, mengurangi peradangan, serta mendukung penyerapan mineral.

Baca Juga: Mengenali Penyakit Hepatitis A yang Menyerang Organ Hati

4. Kaya Vitamin A

manfaat bunga dandelion
123rf.com

Nggak hanya itu, bunga kuning yang biasanya tumbuh di semak-semak tersebut ternyata juga memiliki kandungan vitamin A yang dapat menyehatkan mata, kulit, dan fungsi neurologis.

Selain itu, kombinasi antara vitamin A dan antioksidan ternyata bisa mengurangi dampak radikal bebas yang merusak DNA.

5. Kaya Vitamin K

manfaat dandelion bagi kesehatan
istockphoto.com

Dilansir dari DrAxe.com, dandelion ternyata dapat memenuhi lebih dari 500 persen kebutuhan vitamin A seseorang. Luar biasa, kan?

Mengonsumsi teh dandelion dapat membantu menyehatkan tulang dan jantung, mencegah pembekuan darah, mengoptimalkan fungsi otak, dan membantu metabolisme.

Wah, ternyata ada banyak juga ya manfaat bunga dandelion bagi kesehatan Sobat Qupas. Kamu bisa menemukan teh dandelion dalam kemasan modern atau merebusnya sendiri di rumah.

0 Comment