Nggak Cuma Dari Pikiran, Pusing Juga Bisa Disebabkan 8 Hal ini

14 September 2018, pada 03:09
0
0
Nggak Cuma Dari Pikiran, Pusing Juga Bisa Disebabkan 8 Hal ini

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah pada kepala yang bernama pusing, termasuk kamu, bukan? Yap, pusing adalah masalah yang umum terjadi dan dirasakan oleh semua orang. Pusing sendiri merupakan sebuah sensasi pada kepala yang seolah-olah sangat berat dan sedikit limbung, bahkan sampai kehilangan kesadaran atau pingsan.

penyebab pusing
rakyatdigital.com

Walau terkesan sebagai masalah biasa, tapi pusing tidak bisa diabaikan begitu saja. Pasalnya, pusing juga bisa memberikan efek serius bagi kesehatan fisik maupun mental. Salah satu dampak serius dari pusing adalah terjadinya penurunan kinerja otak dalam jangka panjang. Oleh karenanya, mencari solusi agar pusing segera usai adalah pilihan yang tepat.

Penting diketahui juga, ada begitu banyak penyebab pusing. Mungkin kamu menganggap bahwa pusing bisa terjadi akibat pikiran karena berkenaan langsung dengan urusan kepala. Namun hal itu tidak benar. Sebab, selain karena faktor pikiran, pusing juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lain.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut adalah penyebab pusing.

Baca juga : Tips Meredakan Migrain Yang Mengganggu Tanpa Obat-obatan

1. Tekanan Darah

penyebab pusing
spiritriau.com

Selain faktor pikiran, pusing juga bisa disebabkan oleh tekanan darah yang tidak stabil, misalnya darah tinggi atau darah rendah. Kedua masalah ini bisa menyebabkan keluhan pada area kepala, seperti pusing, kepala terasa berat, dan leher sakit. Jadi, pastikan bahwa tekanan darahmu dalam kondisi normal agar tidak mengalami masalah kesehatan, terutama pusing.

2. Kurang Tidur

penyebab pusing
kata.co.id

Selanjutnya, pusing juga bisa disebabkan karena kualitas serta kuantitas tidur yang buruk. Seperti diketahui, setiap orang dianjurkan untuk tidur delapan jam perhari, bahkan kalau bisa ditambah dengan tidur siang. Dengan begitu, seharusnya setiap orang sadar akan pentingnya tidur. Sebab, ketika kualitas dan kuantitas tidur menjadi buruk, akan ada berbagai masalah serius yang datang, salah satunya adalah sering pusing.

3. Dehidrasi

dehidrasi
wajibbaca.com

Dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh kekurangan cairan. Akibat dari dehidrasi sendiri sangat banyak, namun yang umum terjadi adalah kepala pusing dan tubuh lemas seakan tidak bergairah. Kamu akan merasa sedikit lunglai ketika kekurangan cairan. Jadi, cukupi kebutuhan air mineral setiap hari, setidaknya delapan gelas, bahkan lebih.

4. Suhu atau Cuaca

Mungkin hal ini sedikit tidak disadari oleh kebanyakan orang, termasuk kamu. Pusing ternyata bisa disebabkan oleh suhu atau cuaca yang panas. Misalnya kamu berada pada ruangan yang panas, atau bahkan kamu berada langsung di bawah sengatan terik matahari. Sebab, hal ini bisa memicu terganggunya aliran darah pada kepala yang menyebabkan pusing itu datang.

5. Aroma Menyengat

penyebab pusing
cnn.com

Kalau penyebab yang satu ini mungkin seering kamu alami. Yap, menghirup aroma menyengat juga bisa membuat pusing tiba-tiba. Hal itu terjadi akibat otak melepaskan hormon secara berlebih sehingga pusing terjadi secara mendadak dan begitu saja. Ketika hal ini terjadi, jangan panik atau banyak bergerak, tapi diamlah beberapa saat sampai pusing mereda.

6. Ikatan Rambut

penyebab pusing
beritagar.id

Penyebab pusing selanjutnya adalah karena ikatan rambut. Untuk hal ini, dikhususkan bagi wanita. Sebab, ikatan rambut yang terlalu kencang dan kuat sebenarnya tidak baik bagi kesehatan kepala. Karena hal itu akan memicu terjadinya kontraksi pada area kepala yang mengakibatkan terjadinya pusing. Dalam jangka panjang, hal ini cukup mengkhawatirkan dan merugikan.

7. Aktivitas Fisik Berlebihan

pusing
dream.co.id

Dan yang tidak kalah penting pula, pusing juga bisa disebabkan oleh aktivitas fisik yang berlebihan. Dengan melakukan aktivitas yang berlebihan, bisa memicu terjadinya gangguan hormon serta aliran darah ke kepala sehingga pusing pun tidak bisa dihindari. Selain itu, aktivitas yang berlebihan juga bisa menyebabkan migrain akibat kapasitas oksigen yang berkurang.

8. Faktor Makanan dan Minuman

penyebab pusing
emmahansen.ca

Yang terakhir dan tidak boleh disepelakan adalah faktor makanan dan minuman. Ada banyak jenis makanan serta minuman yang bisa membuatmu menjadi pusing mendadak, misalnya yang mengandung kafein tinggi. Sebab, kafein bisa memicu detak jantung sehingga memompa darah lebih cepat ke sluruh tubuh, termasuk kepala.

Nah, itulah beberapa faktor atau penyebab kepala menjadi pusing. Jadi, sudah tahu kan kalau pusing tidak hanya berawal dari pikiran?

Topik:

0 Komentar