Nggak Cuma Enak Dikonsumsi, Ini 7 Manfaat Terong untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

26 November 2019, at 10:00
0
0
Nggak Cuma Enak Dikonsumsi, Ini 7 Manfaat Terong untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Meskipun lebih sering diolah sebagai sayur atau lauk, namun terong sebenarnya merupakan jenis buah-buahan lho. Kamu sudah tahu belum?

Selain jenisnya yang ternyata bukan termasuk sayur-sayuran, manfaat terong bagi kesehatan juga masih jarang diketahui. Penasaran kan? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini.

1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

jantung
medisite.fr

Manfaat terong yang pertama adalah mengurangi risiko penyakit jantung. Kandungan kalium, serat, vitamin C dan B6, flavonoid, serta fitonutrien lah yang menjadi penyebabnya.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The American Journal Clinical Nutrition pada tahun 2012, flavonoid jenis antosianin sangat ampuh untuk melindungi jantung dan membuatnya tetap sehat.

2. Meningkatkan Fungsi Otak

otak sehat
stock.adobe.com

Kulit terong kaya akan nasunin atau zat antioksidan yang baik untuk kesehatan otak. Senyawa tersebut membantu melindungi membran sel otak dari serangan radikal bebas dan melancarkan proses distribusi gizi ke sel-sel tubuh.

Penelitian yang diterbitkan dalam The British of Nutrition pada tahun 2010 menemukan bahwa nasunin berfungsi untuk mencegah peradangan saraf otak sehingga dapat mencegah berbagai penyakit serta gangguan fungsi kognitif otak.

3. Mencegah Kanker

manfaat terong
dailypaleorecipe.com

Terong juga diklaim mampu mencegah kanker. Dugaan tersebut muncul karena terong memiliki banyak kandungan seperti polifenol, asam klorogenat, dan antosianin yang dapat mencegah pertumbuhan tumor dan menghentikan sel kanker dalam tubuh.

Selain itu, ketiga zat tersebut juga akan memicu produksi enzim khusus dalam sel yang bertugas untuk membuang racun dan membunuh sel kanker.

Baca Juga: Manfaat Jantung Pisang untuk Kesehatan, Cegah Kanker Sampai Tingkatkan Produksi ASI

4. Mengendalikan Kadar Kolesterol

kolesterol
saludiario.com

Studi yang dilakukan di Brazil menemukan bahwa rutin mengonsumsi terong dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol.

Hal tersebut didukung oleh penelitian dari Departemen Pertanian Amerika Serikat yang menemukan bahwa terong kaya akan senyawa asam klorogenat. Zat tersebut dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan berfungsi sebagai antivirus, antimikroba, serta antikarsinogen bagi tubuh.

5. Mengendalikan Kadar Gula Darah

kadar gula darah
hellosehat.com

Selain dapat mengendalikan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, mengonsumsi terong juga akan membantu mengontrol kadar gula darah.

Kandungan serat yang ada di dalamnya mampu memperlancar pencernaan dan penyerapan gula sehingga kadar gula dalam tubuh menjadi lebih stabil.

6. Baik untuk Kesehatan Kulit

kulit sehat
ehob.co.id

Siapa sangka, mengonsumsi terong ternyata bisa menyehatkan dan mencerahkan kulit yang kering dan kusam. Hal tersebut karena terong memiliki banyak kandungan antioksidan dan terdiri dari kira-kira 92 persen air.

Mengonsumsinya akan melembabkan dan menutrisi kulit dari dalam. Sedangkan kandungan antioksidan akan menghalau radikal bebas yang bisa membunuh sel-sel kulit sehat.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

berat badan
positivehealthwellness.com

Selain enam manfaat di atas, terong juga sangat cocok bagi kamu yang sedang menjalankan program diet lho.

Kandungan kalori yang rendah serta serat yang tinggi membuat makanan yang satu ini efektif membantu menurunkan berat badan.

Wah, ternyata terong punya banyak manfaat untuk kesehatan ya Sobat Qupas. Meskipun demikian, ada baiknya apabila kamu nggak mengonsumsinya secara berlebihan.

0 Comment