Nggak Cuma Ibu, Ayah Juga Punya Peranan Penting dalam Perkembangan Si Kecil

13 September 2019, at 17:00
0
0
Nggak Cuma Ibu, Ayah Juga Punya Peranan Penting dalam Perkembangan Si Kecil

Beberapa orang seringkali menganggap bahwa Ibu merupakan sosok yang harus memiliki ikatan batin yang kuat dengan si kecil. Padahal bukan hanya ibu lho, Ayah pun demikian.

Dilansir dari parenting.com, ayah dapat memengaruhi prestasi di sekolah, kehidupan sosial, dan pencapaian cita-cita anak. Lalu, apa saja sih peranan Ayah sehingga dapat berpengaruh pada kesuksesan buah hati?

1. Melindungi

melindungi
gettyimages.com

Sosok laki-laki selalu dinilai lebih kuat secara fisik dan mental. Oleh sebab itu, keberadaan Ayah sangat penting untuk membuat buah hati merasa terlindungi dari bahaya.

Hal tersebut secara nggak langsung bisa membuat si kecil menjadi lebih berani dan terdorong untuk melindungi orang lain karena mendapatkan contoh dari sosok Ayah.

2. Kecerdasan Emosi

kecerdasan emosi
gettyimages.com

Selain itu, beberapa studi juga menyatakan bahwa Ayah berperan penting dalam membentuk kecerdasan emosi buah hati. Pasalnya, emosi perempuan alias Ibu biasanya cenderung nggak stabil akibat perubahan hormon.

Kestabilan emosi Ayah dapat membuat anak belajar untuk mengontrol perasaan dan mengatasi masalah dengan mengkomunikasikannya secara baik-baik. Hal ini secara nggak langsung berpengaruh dalam kehidupan sosial buah hati.

3. Kemandirian

kemandirian
istockphoto.com

Sebagai kepala keluarga, seorang Ayah dapat memberikan contoh bagaimana menjadi pemimpin kepada buah hati dalam lingkup kecil.

Anak juga bisa mendapat dorongan untuk menjadi lebih mandiri dengan kegiatan-kegiatan kecil dan nggak terus-menerus meminta ditemani oleh orang tua.

Baca Juga: Hal Nggak Terduga Ini Ternyata Bisa Melatih Kemandirian Anak Lho!

4. Kedisiplinan

kedisiplinan
aptparenting.com

Pada kebanyakan keluarga, Ayah dianggap sebagai sosok yang lebih tegas dan galak dibandingkan Ibu. Hal tersebut membuat peran Ayah sangat penting dalam menanamkan kedisiplinan bagi buah hati.

Anak akan menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab dan nggak mudah menyepelekan sesuatu karena sudah terbiasa dengan pola asuh yang tegas dari Ayah.

5. Rasa Percaya Diri

rasa percaya diri
gameplanrealty.com

Sering nggak disadari, namun keberadaan Ayah dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri buah hati lho. Pasalnya, saat bersama sosok tersebut anak cenderung melakukan kegiatan yang biasanya nggak dilakukan bersama Ibu.

Kegaiatan fisik seperti bermain bola, bersepeda, atau sekedar diayun-ayunkan tinggi di atas kepala membuat anak secara spontan menjadi lebih berani dan percaya diri.

Oleh sebab itu, sebaiknya selalu luangkan waktu untuk buah hati ya Sobat Qupas. Meskipun sibuk bekerja, namun buah hati tetap butuh perhatian Ayah.

0 Comment