Nggak Cuma Kesehatan, Makanan yang Kamu Konsumsi Juga Pengaruhi Kondisi Mental

31 August 2019, at 10:00
0
0
Nggak Cuma Kesehatan, Makanan yang Kamu Konsumsi Juga Pengaruhi Kondisi Mental

Semua orang tentu setuju bahwa jenis makanan yang dikonsumsi memiliki pengaruh yang besar pada kondisi tubuh dan kesehatan.

Akan tetapi, benarkah hal tersebut hanya berpengaruh secara fisik saja? Dilansir dari Medical Daily, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa makanan ternyata juga dapat memengaruhi kondisi mental lho.

Makanan yang kamu konsumsi ternyata dapat berpengaruh pada suasana hati dan bahkan masalah kesehatan mental seperti depresi. Kok bisa ya?

1. Makanan Olahan Meningkatkan Risiko Depresi

makan burger
standard.co.uk

Sudah banyak penelitian yang membuktikan bahwa makanan olahan bisa menyebabkan masalah kesehatan. Nggak hanya kolestrol tinggi, diabetes, dan masalah metabolisme lainnya akan tetapi juga risiko depresi.

Hal tersebut dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh European Journal of Nutrition. Diketahui bahwa orang yang sering mengonsumsi makanan olahan memiliki risiko 33 persen lebih banyak terhadap depresi daripada yang nggak.

makan pizza
mirror.co.uk

Setelah ditelusuri, kondisi tersebut ternyata dipengaruhi oleh kandungan makanan olahan yang kekurangan berbagai nutrisi seperti omega dan vitamin B yang sangat penting bagi kesehatan otak.

Nggak hanya itu, makanan olahan juga nggak memiliki banyak serat sehingga mengonsumsinya dapat membuat suasana hati atau mood menjadi buruk.

Baca Juga: Hati-Hati, Menyimpan Rahasia Bisa Sebabkan Depresi Lho!

2. Usus Terhubung dengan Otak

makan sehat
news.wsu.edu

Penelitian yang diterbitkan dalam Nature Microbiologi menyebutkan bahwa orang-orang yang menunjukkan tanda depresi mengalami kekurangan baktari baik dalam perut.

Sedangkan, bakteri baik di usus dapat memproduksi neurotransmitter yang dapat memperbaiki suasana hati dipengaruhi oleh makanan yang kamu konsumsi.

3. Makanan Kaya Serat Kurangi Risiko Depresi

makanan sehat
stockphotosecrets.com

Di sisi lain, makanan yang kaya serat telah terbukti dapat menurunkan risiko depresi dan membuat suasana hati menjadi lebih baik.

Studi yang dimuat dalam European Journal of Nutrition dan Psychosomatic Medicine tersebut menyarankan kamu untuk mengonsumsi sayur dan buah kaya serat.

Wah, ternyata makanan yang dipilih nggak hanya berdampak pada kesehatan fisik saja ya Sobat Qupas. Kondisi mentalmu juga ditentukan oleh seberapa sehat pola makanmu.

0 Comment